Bagi anda yang melakukan kegiatan penulisan Naskah Video terdapat istilah-istilah dalam penulisan Naskah tersebut yang akan membantu anda dalam proses produksi Video.

Gambar atau aspek visual dari suatu programVideo yang tampak di layar kaca monitor adalah hasil dari serangkaian pengambilan gambar atau shooting dalam kegiatan dalam produksi.

 

Berbagai jenis shot yang perlu dikuasai adalah sebagai berikut:

Jenis Shot

Penulisan dan Keterangan singkat

Visualisasi

Medium Shot

(MS)

MS.Hanya dari kepala sampai lutut. Bagian latar belakang terlhat rinci.

 

 

 

 

 

Big Close Up/Shot

 

 

 

 

 

 

 

 

Group Shot

 

 

 

 

 

 

Two Shot

BCU/BCS.

Sering disebut Very CloseUp (VCU).Bila objeknya orang hanya bagian tertentu yang terlihat, seperti mata dengan bagian-bagian yang terlihat jelas.

 

Group S.pengambilan gambar untuk sekelompok orang (bila objeknya gambar orang)

 

 

2-Shot /2S. Bila Objeknya orang, Pengambilan difokuskan kepada dua orang.

 

 

 

 

Over Shoulder Shot

OSS.Biasanya digunakan untuk meliputi. Dua orang yang sedang bercakap-cakap. Pengambilannya melalui belakang bahu (membelakangi kamera ) secara bergantian.

 

 

 

Dari tabel jenis-jenis pengambilan gambar tersebut dapat ditambahkan beberapa catatan sebagai berikut.

1.     Pada dasarnya media televise adalah media close up maka efektivitas penyampaian pesan adalah dengan menggunakan lebih banyak jenis-jenis shot close.

2.     Long shot apalagi Extreme Long shot sebaiknya tidak digunakan karena kamera televisi berbeda dengan kamera film. Untuk menciptakan suatu awal pengambilan sebagai informasi tentang lokasi dan setting kejadian dapat digunakan MLS.

3.     MCU, MS, dan MLS adalah jenis pengambilan gambar yang mempunyai karakteristik untuk menimbulkan kesan tenang dan santai.

4.     BCU dan GU adalah jenis pengambilan gambar yang cepat memberi kesan tegang, bersungguh-sungguh, serius, dan takut.

 

 

Jenis pengambilan gambar tersebut dihasilkan atas arahan sutradara kepada juru kamera pada waktu shooting. Visualisasi yang dihasilkan merupakan hasil pengoperasian kamera dengan memanipulasi lensa.