” yah…. tadi aku mimpi basah ” begitu kata Abiyyu sulungku dengan setengah berbisik di telingaku. “ya… kamu mandi hadas besar. Mula-mula niatkan mandi untuk menghilangkan hadas besar pada sekalian tubuh, sebelumnya bersihkan seluruh tubuh kamu dari kotoran, berwudhu.Jawabku santai saja, aku tidak ingin sulungku malu atau merasa di permalukan krn mimpinya itu. “niatnya gimana yah ” katanya lagi, dengan santai sambil nontoh TV film kartun kesukaannya. ” ya… pake bahasa Indonesia aja,” aku niat mandi untuk mengankat hadast besar pada sekalian tubuh lilahi taala” jawabku. bisa kan. ya udah mandi sana.

“lha kamu mimpinya kapan ? tadi pagi kan sholat di mesjid bareng ayah ” jawabku menyelidik, krn seingatku tadi pagi aku ngebangunin dia tuk berjemaan subuh di mushola depan rumah. ” mimpinya tadi baj\ru aja, abis subuh kan aku tidur lagi tuh ya..”

” oh….jawabku ” ya udah mandi sana.

Hari ini minggu tgl 18 November sulungku dah mimpi basah, berarti dia sudah mulai akil balik, aku harus lebih terbuka dalam mengajarkan banyak hal, dan tidak menganggapnya anak kecil lagi.Mudah-mudahan doaku terkabul sesuai dengan nama yang aku berikan padanya ” terhindar dari kehinaan dan diberi anugrah kecerdasan/kepandaian” amin ya rabbil alamin