Tinug_BloG

Universitas Gunadarma Staff Blog

cimg14371Sampah plastik setiap hari semakin menggunung di sekitar kita, dapat dimanfaatkan menjadi sebuah wadah yang cantik. Misalnya wadah tempat pensil, paper clip, dan sebagainya.  Bagi para Wirausahawan , kegiatan ini dapat dijadikan usaha yang menguntungkan.

Berikut beberapa langkah pembuatan Wadah Cantik dari Sampah Plastik:

- 1 botol plastik bekas air mineral ukuran 600 ml, potong tengahnya.

- kain perca  ukuran 30 x 10 cm

- pita hias 30 cm

-1  bunga hias  dari kain

- lem secukupnya

Caranya:

1. Potong botol bekas setinggi 10 cm

2. tempel kain perca dengan menggunakan lem perekat, melingkari botol.

3. buatlah hiasan tepi dengan pita hias

4. terakhir , pasanglah bunga hiasnya.

Selamat mencoba…!

Customer Satisfaction …Obama

Satu saat nanti saya ingin kembali mengunjungi  negeri ini ” begitu cuplikan kata-kata dalam bahasa Indonesia yang fasih disampaikan oleh Presiden Obama di sela-sela kuliah umumnya  di Universitas Indonesia tadi pagi.

Kuliah Umum yang disampaikan dalam waktu yang cukup singkat ini, mampu menyita perhatian publik, khususnya masyarakat Indonesia betapa seorang  Obama benar-benar merasakan satu hal yang sangat istimewa ketika Obama pertama kali  menginjakkan kakinya di  Indonesia tahun 1967.

Obama mengatakan bahwa masa kecilnya mengharuskan dia beberapa kali singgah ke beberapa negara. Ketika di Indonesia inilah dia merasakan bagai di rumah sendiri. Keramahah tamahan masyarakat Indonesia dengan senyumnya yang menyungging, aneka makanan seperti sate, bakso , nasi goreng, emping, kerupuk  serta lingkungan masyarakat Jakarta khususnya yang cukup “care”  telah menjadi kekuatan baginya untuk selalu ingin kembali mengunjungi Indonesia.

Pernyataan kesan yang cukup mendalam selama  Obama tinggal di Indonesia disampaikannya dalam bahasa yang cukup dipahami oleh semua peserta kuliah umum dan masyarakat Indonesia. Obama mampu menghanyutkan kita dengan memori - memorinya selama tinggal di Indonesia.

Tanpa disadari  atau tidak, bahwa perilaku-perilaku masyarakat yang mengelilingi kehidupan  Obama semasa tinggal di Jakarta 40 tahun silam, telah membuatnya ingin selalu kembali ke negeri ini. Apa yang terjadi bila dahulu masyarakat  yang mengelilingi kehidupan Obama kecil  memiliki perilaku yang tidak “welcome” dan tidak “care” kepadanya?.

  • Comments Off
  • Filed under: Marketing
  • Pastel Goreng

    Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang mampu berkembang dengan cepat. Apalagi bisnis ini disokong dari hobbi memasak.Bisnis menjadi lebih menyenangkan dan cepat berkembang, karena kita melakukannya dengan senang hati.

    Salah satu bisnis yang memiliki peluang sangat baik adalah membuat bisnis kue. Kue Pastel Goreng ini dibuat dengan cita rasa lebih bersaing, dikarenakan saat ini telah banyak kue-kue pastel yang sejenis. http://www.cooking-style.blogspot.com

    Perhitungan Usaha dan Asumsi Pendapatan Bisnis Pastel Goreng Isi Rogout Sapi: (dalam satu bulan)

    Modal Awal:
    Pembelian alat giling kulit pastel, cetakan pastel. Rp 104.000

    Biaya Operasional:
    Biaya Transport
    Biaya Karyawan
    Pembelian bahan-bahan kue Rp 2.100.000
    Omzet per bulan Rp 3.000.000
    Keuntungan (18%) Rp 900.000

    Strategi Low prices.
    Biasanya untuk bisnis makanan dan minuman, penjual mengambil keuntungan lebih besar dari 18%.
    Tetapi sebagai pebisnis pemula, sebaiknya kita menggunakan prosentase keuntungan yang yang lebih kecil terlebih dahulu ( Low Prices).
    Hal ini bertujuan untuk mengenalkan dan promosi produk kepada konsumen.
    Apabila produk yang kita jual telah benar-benar mampu memuaskan konsumen,maka harga jual produk mulai dinaikkan. Sehingga keuntungan yang diperolehpun bertambah lebih besar.( Marketing Concept).

    Aglaonema merupakan sejenis tanaman  hias memiliki keindahan dalam corak daunnya. Tetapi kita kadang merasa kesulitan sekali dalam memperbanyak tanamannya. Mencangkok merupakan salah satu cara yang saya pergunakan dalam meperbanyak tanaman ini. Selain caranya mudah, bahan-bahan yang diperlukan juga sangat sederhana.
    Berikut beberapa cara mencangkok Aglaonema secara sederhana :

    Bahan:
    1 pohon Aglonema yg memiliki ruas panjang.
    1 gelas plastik air mineral
    gunting
    pisau
    media tanam secukupnya
    tali ravia atau selotip untuk mengikat

    Caranya:
    1. Gunting salah satu sisi gelas plastik. Gunting pula dasar gelas melingkar.
    2.Pasangkan gelas di batang Aglonema.
    3. Ikat gelas dengan tali ravia atau selotip.
    4. Isi gelas dengan tanam, tekan-tekan.
    5. Setelah kurang lebih satu bulan, akar Aglonema sudah mulai tumbuh banyak dan kelihatan dari sisi gelas.
    6. Pisahkan Aglonema cangkokan dengan batang induknya. Tanam dalam pot terpisah.
    7. Selang beberapa bulan kemudian tunas-tunas baru bermunculan dari batang induk. Tunggu hingga Aglonema memeiliki 3 atau 4 daun dan memiliki akar yang kuat untuk dipisahkan dari batang induknya.
    8. Apabila tunas Aglonema sudah memiliki daun 3 atau 4 lembar dan memiliki akar yang kuat, tunas Aglonema dapat segera dipisahkan dan dipindahkan ke dalam pot yang baru.

    Artikel selengkapnya dapat di lihat melalui Blog saya:
    www.goes-green.blogspot.com

  • 0 Comments
  • Filed under: Hobby
  • Word Of Mouth Marketing

    Komunikasi lisan ( Word Of Mouth marketing - WOM) merupakan salah satu alat yang digunakan oleh marketer dalam menjalankan kegiatan promosinya, selain bentuk promosi yang lainnya seperti iklan, publikasi dan sebagainya. Berbeda dengan bentuk komunikasi marketing pada umumnya, strategi dengan WOM lebih besar dalam mencapai target. hal ini dikarenakan WOM diterjemahkan dan dikemas dalam bentuk simbol sebelum disampaikan melalui saluran komunikasi ke penerima pesan, sehingga informasi yang disampaikan langsung diterima target yang pada umumnya adalah orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut. Bentuk saluran yang digunakan dalam WOM adalah viral atau tradisional. Biasanya terjadi pada saat terjadi pertemuan marketer dengan target di suatu tempat atau via saluran baru seperti internet , telephone selular dan lain-lain.Perbincangan yang terjadi kemudian membentuk saluran yang kemudian ditransmisikan. Saluran tersebut saluran pribadi ( personal channel), sehinga sang penerima pesan mengetahui siapa yang menyampaikan informasi. Apabila informasi yang disampaikan tersebut ternyata diterima dan kemudian diadopsi si penerima pesan berdasakan elompok rujukan tersebut maka akan muncul konsumen - konsumen potensial yang cenderung mengadopsi produk atau jasa baru. Beberapa hal yang membuat WOM menjadi sangat penting saat ini adalah: ( menurut Emanuel Rosen: The Anatomy of Buzz: How To create Word - Of-Mouth Marketing)

    Pertama, noise. Hal ini merujuk pada kenyataan bahwa konsumen saat ini sulit menentukan pilihan karena banyaknya iklan yang dilihat melalui media setiap hari. konsumen menjadi bingung dalam menentukan satu pilihan produk yang diinginkan. Sehingga mereka lebih tertarik untuk mendengarkan rekomendasi produk dari orang -orang lain atau sekelompok teman.

    Kedua, skepticism. Dalam konteks ini , konsumen pada umumnya meragukan ( skeptis) terhadap kebenaran dari informasi yang diterimanya.Hal ini terjadi karena konsumen pernah mengalami suatu kekecewaan terhadap suatu produk tertentu.Kemudian konsumen tersebut mencoba berpaling ke produk yang lain dengan mencari informasi melalui sekelompok teman tentang beberapa produk yang direkomendasikan sesuai yang mereka butuhkan.

    Ketiga, connectivity. Konsumen selalu melakukan interaksi dan berkomunikasi satu sama lain hampir setiap hari dan akhirnya saling berkomentar tentang suatu pengalaman-pengalaman mereka terhadap penggunaan suatu produk atau jasa.

    Berdasarkan beberapa hal tersebut, perlunya influencer yang mampu mempengaruhi konsumen dalam pemilihan suatu produk.Melalui influencer inilah , WOM diarapkan dapat dilakukan secara efektif.

  • 0 Comments
  • Filed under: Marketing
  • siomay udang untuk menu Dim Sum

    Sioay ini sangat gurih dan lezat , karena rasa perpaduan antara udang dan daging ayam cincang segar.
    menu Dim Sum kali ini cocok untuk berbuka puasa, ditemani dengan teh manis hangat.
    hm…. nyam ..nyam. Resep Siomay selengkapnya dapat dilihat di Blog saya :

    OK …selamat mencoba yaaa….

    siomay udang ala Tinug

  • 0 Comments
  • Filed under: cooking
  • Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.