susys Blog

Pengamat Ekonomi Politik Turkey, a nice experience

July 5th, 2011 by susys


Kejadian menjadi narasumber untuk membahas ekonomi dan politik Turkey di salah satu televisi nasional Turkey berawal dari makan malam di salah satu International Conference yang diselenggarakan oleh Anadolu University, di Eskisehir, 15 - 17 Juni 2011 yang lalu.  Kami  diminta kesediaannya untuk diwawancara sebagai narasumber dari negara asing….. benar-benar kaget, deg-deg an dan surprise…. walaupun ada rasa kebanggaan …. ternyata kami yang cuma dosen biasa, dari negara yang cukup jauh dari Turkey, diminta untuk memberikan opini kami terhadap kondisi Ekonomi dan Politik yang sedang “in” di Turkey…

Topik wawancara antara lain membahas peranan Turkey dalam keanggotaan EU baik secara ekonomi dan politik, dimana negara Turkey yang mayoritas penduduknya adalah muslim (99 persen) sedangkan negara-negara Eropa Barat umumnya beragama Kristen.  Serta juga dibahas letak geografis Turkey yang terletak di dua benua, Asia dan Eropa, serta hubungan antara Indonesia dan Turkey.

Karena tugas yang menurut saya…. super… berat namun menantang, akhirnya saya menyatakan bersedia, dan konsekuensinya adalah sebelumnya saya harus mempersiapkan diri dengan mencari data dan pengetahuan supaya hasil wawancara yang saya berikan tidak mengecewakan ……….hhehehe

suasana shooting

Pada tanggal 17 Juni 2011, dilakukan wawancara tersebut…. di atas adalah suasana studio yang letaknya juga di kampus… Jadi di kampus UG tercinta pun tidak kalah deh… kita juga punya studio yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan rekaman.  Lama wawancara kira-kira 30 menit, dan semua pertanyaan ditanyakan oleh host nya… dan syukurlah.. semua pertanyaan dapat saya jawab dengan lancar…. (hehehehe, walaupun harus belajar sampai  pagi alias begadang) ditambah lagi dengan pengalaman saya menjadi narasumber di TV MegaSuara Bogor (pernah jadi artis juga di kawasan lokal, hehehe) … membuat saya menjadi tidak terlalu grogi…

Walaupun saya tidak dapat melihat hasil yang akan mereka tayangkan di TV Nasional Turkey, tapi pengalaman ini membawa nama Gunadarma dan Indonesia, mudah-mudahan menjadikan kita lebih baik lagi….


Posted in Uncategorized | No Comments »

Analisis Jalur dengan SPSS dan Lisrel

July 5th, 2011 by susys


SPSS adalah suatu program bantu atau sering kita sebut sebagai software yang digunakan untuk mengolah data statistik.  SPSS merupakan salah satu program yang cukup banyak dipakai oleh para penggunanya, baik di kalangan akademisi maupun di praktisi.  SPSS yang dikenal sebagai Statistical Package for the Social Sciences yang karena digunakan diperbagai bidang ilmu, seperti ilmu sosial, ekonomi, psikologi, pertanian , teknologi, industri dan lainnya, sehingga SPSS berubah menjadi Statistical Product and Service Solution…

Lisrel yang merupakan kependekan dari Linear Structural Relationship merupakan salah satu program bantu yang dapat mempermudah analisis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh perangkat analisis konvensional.  Lisrel banyak digunakan dalam berbagai ilmu pengetahuan sosial, sehingga dalam versi terbarunya dibuat lebih interaktif dan mudah, serta memiliki banyak fitur yang cukup lengkap.  Penerapannya juga makin luas di bidang ilmu sosial dan ilmu perilaku untuk pengambilan keputusan

Secara umum Lisrel dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, 1. terkait dengan model pengukuran, dan 2. terkait dengan model struktural. Model pengukuran adalah gambaran hubungan pokok yang ditujukan untuk mengukur dimensi-dimensi yang membentuk sebuah faktor atau variabel.  Model struktural dapat diartikan sebagai model yang menggambarkan hubungan-hubungan yang ada pada variabel-variabel laten.

SPSS dan Lisrel keduanya dapat digunakan untuk membantu peneliti mengetahui hubungan dari variabel-variabel yang diuji pada suatu penelitian, namun ada sedikit perbedaan yang terdapat pada kedua alat bantu ini meskipun menghasilkan hasil pengolahan data yang sama.

Untuk hasil yang ditampilkan dengan SPSS ialah tidak menampilkan pengaruh tidak langsung di antara dua variabel yang melalui intervening, sehingga harus dilakukan perhitungan sendiri hubungan tidak langsung tersebut dengan melakukan perkalian koefisien jalur.

Pada analisa jalur dengan SPSS, dibutuhkan dua sampai tiga langkah dalam penghitungan hasil analisis jalur, sebagai contoh untuk mengetahui nilai koefisien jalur pada hubungan X –> Y –> Z, maka harus dicari substruktural satu terlebih dahulu, dengan cara menghitung persamaan regresi linear X dan Y, kemudian dapat ditentukan substruktural dua dengan cara menghitung regresi linear X, Y dan Z

Pada Analisis jalur dengan Lisrel, yang harus dikerjakan adalah dengan menuliskan analisis jalur yang dikehendaki, seperti contoh di atas, maka syntax persamaan adalah sebagai berikut

Y = X

Z = X Y

dimana persamaan Y = X merupakan substruktural satu dan persamaan Z = X Y merupakan struktural dua

Lisrel menampilkan hasil pengaruh tidak langsung sehingga tidak diperlukan perhitungan tersendiri

Dengan perbandingan yang telah ditulis, mudah-mudahan dapat membantu para pengguna perangkat lunak tersebut untuk dapat memanfaatkan semua alat bantu tersebut seoptimal mungkin

Mudah-mudahan berguna…………:))


Posted in Uncategorized | No Comments »

Asyiknya berkuda di Lautan Pasir

November 2nd, 2009 by susys


sekelompok pemuda beserta kuda tungganggan mereka menghampiri kami, di ujung mulut Lautan Pasir Gunung Bromo…. menawari ojek kuda.   setelah mencapai kesepakatan harga, naiklah saya ke seekor kuda, yang bernama Pengki, berumur 5 tahun, masih muda dan gagah kudanya…

Menunggang kuda ternyata.. merupakan pengalaman yang menarik, enak juga… hehehehe, asyikkk, walaupun deg-degan, karena seperti mau jatuh aja, dan yang namanya pinggang dan paha ini sampai pegel, dan keram… hehehehe, apalagi kudanya senengnya jalan di pinggir jurang.. jadi tambah merem melek deh dibuatnya…..  siapa yang mau mencoba ????

Jumlah kuda yang beroperasi di lautan pasir tersebut, ada sekitar 300 an kuda, jumlah yang cukup besar, dan akhirnya memang mereka berebut rejeki ketika para tamu terlihat di ujung mulut lautan pasir… karena kabarnya untuk membeli makanan kuda mereka harus mengeluarkan uang 50 ribu rupiah per hari…  Kuda-kuda yang beroperasi semuanya jantan… mulai dari yang umurnya 1 tahun sampai lebih dari 10 tahun…. tidak terlalu besar badan kuda yang ada, tapi cukup gagah lah…. dan tugas mereka cukup berat, karena medan mereka cukup berat.

Pemandangan di gunung Bromo memang indahhh sekali, sampai termenung… dan merenung.. alangkah agungnya Yang MahaKuasa menciptakan dan memberikan alam indah ini di tanah Indonesia… yang harus kita pelihara sebaik mungkin…

Ini sekelumit lagi pengalaman dari ekspedisi Nusantara…. memang capek tapi betul betul pengalaman yang indah


Posted in Uncategorized | 5 Comments »

Expedisi NUSANTARA

October 23rd, 2009 by susys


cimg0519

Inilah gaya team expedisi NUSANTARA….. wow.. keren yah….

Akhirnya berakhir sudah perjalanan expedisi Nusantara , tapi baru babak pertama …… walaupun sempat membuat banyak kehebohan, seperti ketinggalan pesawat, stress, deg degan, capek dengan traffic yang sangat padat, belum lagi anggota expedisi ini ada yang bisa dikategorikan “cowoq panggilan”….. hehehehehe, abissss acaranya padat banget, sampai kepergian, keberangkatan harus menunggu panggilan yang sangat cepat dan bersifat darurat….. hehehhehe, pokoknya seruuuu banget… pengalaman yang tidak terlupakan

Sebentar lagi, babak kedua akan dimulai… wuihhhh.. capekkk juga, mudah-mudahan semua hasil perjalanan ini tidak lama lagi dapat dinikmati banyak orang….


Posted in Uncategorized | 2 Comments »

Gunadarma - Borobudur

October 14th, 2009 by susys


Hari ini diawali dengan bangun pagi-pagi….. banget… jam 4 udah dibangunin weker.. dan harus siap siap untuk berangkat ke airport. Jam 6 pagi sudah berangkat ke yogyakarta….. perjalanan lancar dan nyaman sekali, jam 7 pagi, aku dan pak Budi sudah tiba di Yogya.  Setelah menjemput pak Prihantoro, pak Setia dan pak Rachmat… berangkatlah kami menuju  Magelang, tepatnya ke candi Borobudur.   Candi yang megah itu berdiri di atas tanah yang luasnya kira-kira 80 ha…. Luas banget dan buat capek kalau harus dikelilingi dengan berjalan kaki.  Arsitek dari Candi Borobudur adalah GUNADARMA, dan candi ini dibangun pada abad 8 oleh Dinasti Syailendra…. hehehehe, belajar sejarah lagi dehhhh….

Tapi yang menarik dari sejarah Borobudur ini adalah mengenai filosofi dari Budha yang banyak dapat kita temui di semua sudut candi ini.  Kami berjalan dari pintu timur yang menggambarkan awal dari kehidupan.  Pada bagian timur ini, semua patung yang menghiasi candi mempunyai tangan kanan yang menelungkup, yang menggambarkan kelahiran dari umat manusia.  Perjalanan dilanjutkan ke arah jarum jam dan berhenti pada arah mata angin selatan, pada bagian ini, semua patung mempunyai posisi tangan kanan yang menengadah, yang melambangkan masa remaja dari siklus hidup manusia, dimana manusia harus dapat memberikan kebaikan pada masa ini sebanyak banyaknya.  Selanjutnya memasuki sisi sebelah barat, dilambangkan dengan tangan patung seperti orang bersemedi, menggambarkan masa tua dari manusia yang harus diisi oleh kegiatan yang lebih banyak merenung ataupun bersemedi.  Terakhir adalah bagian utara, yang melambangkan kematian, yang digambarkan dengan bentuk tangan kanan patung yang menganjurkan supaya manusia tidak takut menghadapi kematian, jika manusia sudah cukup berbuat baik selama masa hidup manusia. 

Itu hanyalah sebagian kecil dari cerita sejarah yang panjang…. yang telah kami rekam, dan mudah-mudahan tidak lama lagi kami dapat me launching cerita bagussss itu di web yang dapat dinikmati oleh banyak pengguna.


Posted in Uncategorized | 5 Comments »

Diklat Auditor Bawasda 2009

August 7th, 2009 by susys


Sejak tanggal 03 Agustus 09 sampai dengan besok 08 Agustus 09, berlangsung diklat bawasda, yang diikuti oleh 28 pegawai negeri sipil yang  juga merupakan internal auditor dari berbagai daerah…. yang paling dekat dari Bandung, dan yang paling jauh dari NTT dan Toraja… wah…. kalo dengar nama Toraja… jadi inget sama kopinya.. yang harum dan mantappp itu…. hehehehehehe

Diklat tersebut merupakan diklat yang dibiayai oleh proyek STAR SDP dan STAN, dimana Universitas Gunadarma mendapatkan kepercayaan untuk melangsungkan program ini.  Pengajar yang terlibat dapat kita atur sendiri, sehingga mereka yang mendapatkan tugas mengajar umumnya adalah dosen tetap atau teman2 tercinta.. kita semua….

Kemaren, saya mendapatkan tugas mengajar, walaupun saya sudah menghadiri acara ini sejak hari senin ketika acara tersebut dibuka secara resmi oleh ibu Rektor, Prof. Dr. E.S. Margianti SE. MM.

Semua peserta terlihat masih muda-muda dan keliatan senang dapat mengikut pelatihan ini… mungkin karena mereka juga refreshing dari tugas rutin mereka setiap hari, nginep di hotel yang bagus… dapat uang saku dan.. yang paling penting… hotelnya deket sama mangga dua, pusat perbelanjaan di Jakarta yang  terkenal… itu….  sampai sampai mereka suka memanfaatkan waktu luang.. yang walaupun hanya terbatas, untuk sekedar melihat lihat sampai membeli barang, katanya … untuk oleh-oleh.

Materi yang diberikan merupakan tahapan dasar, mulai dari dasar-dasar audit internal sektor publik,  Sistem pengendalian internal dan Proses dan teknik Audit internal.  Mereka juga harus melalui pretest dan posttest yang digunakan sebagai salah satu alat untuk mendeteksi efektifitas pelatihan ini.. mudah2an hasil post test nya lebih baik daripada hasil pretestnya …. yah….. kalo sampai kebalik… wahhhh bisa repot deh….

Kemaren saya bertemu dengan seorang peserta, seorang ibu muda, dan yang menarik……… rambut ibu itu panjangnya sampai sebetis beliau… wow… saya terpana juga melihatnya. Langsung saya datangi dan saya wawancara dehhh, udah kayak wartawan.. aja, untuk menanyakan resep bisa punya rambut yang panjang dan bagus itu….

Kalau dari peserta bapak-bapaknya.. yang menarik rupanya bapak2nya lebih “garang” belanja daripada ibu-ibunya… hehehehe…. ternyata survei yang mengatakan hobi ibu-ibu adalah belanja… harus direvisi yah…

Itu kira-kira sekilas… cerita dari diklat auditor bawasda, mudah2an kita mendapatkan banyak kesempatan untuk mengadakan bentuk2 pelatihan lainnya di waktu mendatang… amin…


Posted in Uncategorized | 4 Comments »

Analisis Multivariat

July 22nd, 2009 by susys


Saya membaca beberapa buku yang membahas mengenai analisis multivariat, analisis ini menarik bagi saya karena begitu banyak metode yang dapat dipakai dan analisis yang digunakan juga begitu luas, karena memang melibatkan banyak variabel.

Secara umum teknik analisis multivariat yang sering dipakai adalah :

  1. Principal components and common factors analysis, pendekatan statistik yang dapat digunakan untuk menganalisis interrelationship sejumlah variabe dan untuk menjelaskan dimensi dimensi yang kita sebut dengan faktor.  sehingga kita dapat memadatkan sejumlah informasi dari sejumlah variabel asli menjadi sejumlah kecil faktor dengan kehilangan informasi minimal.
  2. Multiple regression dan multiple correlation.  Metode yang digunakan jika terdapat sebuah  variabel dependen, datanya metrik dan diasumsikan berhubungan dengan dua atau lebih variabel independen.  Metode ini sering sekali kita pakai untuk berbagai analisis.
  3. Analisis Diskriminan Berganda.  Dengan metode ini, sampel dikelompokkan berdasarkan variabel variabel dependen nonmetrik, lalu setiap entitas diprediksi masuk ke kelompok mana.
  4. Manova dan Mancova. Teknik analisis yang digunakan untuk mengeksplor hubungan di antara beberapa variabel independen yang bersifat kategorial dan dua atau lebih variabel independen metrik.  Sedangkan Mancova dapat digunakan bersama dengan Manova setelah mengeliminasi efek setiap variabel independen metrik tak terkontrol.
  5. Analisis Konjoin.  Teknik ini digunakan untuk melihat  tingkat kepentingan dari atribut atribut dari berbagai level yang ada.
  6. Korelasi Kanonikal.  Teknik yang dapat menghubungkan beberapa variabel dependen meterik dengan beberap variabel independen metrik sekaligus.
  7. Analisis Klaster.  Teknik ini sangat bermanfaat dalam membentuk kelompok kelompok individu ataupun objek.
  8. MDS (Multidimension Scaling).  Pada teknik ini dilakukan penilaian berdasarkan kesamaan dalam jarak pada ruang multidimensi / perceptual map.
  9. Analisis Korespondensi.  Teknik ini mereduksi dimensional suatu objek pada sejumlah atribut dan pemetaan persepsi objek objek tersebut relatif terhadap atribut atribut tersebut.
  10. Model Probabilitas Linier, yang disebut juga sebagai logit analysis, merupakan kombinasi dari regresi berganda dan diskriminan berganda.

Itulah beberapa teknik analisis multivariat  yang umum digunakan.  Berbagai teknik ini mempunyai kegunaannya masing masing, sehingga memang perlu untuk dipelajari lebih mendalam, sehingga kita sebagai pengguna dapat memanfaatkan teknik teknik tersebut secara maksimal.


Posted in Uncategorized | 7 Comments »

Because of you

July 20th, 2009 by susys


I awake each day with a smile
And greet it with a laugh;
The world is a treasure to me
Because of you.
 
Every time I think of something sad,
I replace the thought- with you!
My mind is instantly changed
And my heart is filled with gladness.
 
Every breath I take is meant for you,
I live this life surrounded in joy
And I bathe in the promise of your love,
My soul belongs to you.
 
Each time I see something beautiful
I want to take it and bring it to you;
My life has so much meaning now
All because of you.

Posted in Uncategorized | 4 Comments »

Hello world!

April 16th, 2007 by susys


Welcome to nustaffsite.gunadarma.ac.id. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!


Posted in Uncategorized | 1 Comment »


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.