susys Blog

Gunadarma - Borobudur

October 14th, 2009 by susys


Hari ini diawali dengan bangun pagi-pagi….. banget… jam 4 udah dibangunin weker.. dan harus siap siap untuk berangkat ke airport. Jam 6 pagi sudah berangkat ke yogyakarta….. perjalanan lancar dan nyaman sekali, jam 7 pagi, aku dan pak Budi sudah tiba di Yogya.  Setelah menjemput pak Prihantoro, pak Setia dan pak Rachmat… berangkatlah kami menuju  Magelang, tepatnya ke candi Borobudur.   Candi yang megah itu berdiri di atas tanah yang luasnya kira-kira 80 ha…. Luas banget dan buat capek kalau harus dikelilingi dengan berjalan kaki.  Arsitek dari Candi Borobudur adalah GUNADARMA, dan candi ini dibangun pada abad 8 oleh Dinasti Syailendra…. hehehehe, belajar sejarah lagi dehhhh….

Tapi yang menarik dari sejarah Borobudur ini adalah mengenai filosofi dari Budha yang banyak dapat kita temui di semua sudut candi ini.  Kami berjalan dari pintu timur yang menggambarkan awal dari kehidupan.  Pada bagian timur ini, semua patung yang menghiasi candi mempunyai tangan kanan yang menelungkup, yang menggambarkan kelahiran dari umat manusia.  Perjalanan dilanjutkan ke arah jarum jam dan berhenti pada arah mata angin selatan, pada bagian ini, semua patung mempunyai posisi tangan kanan yang menengadah, yang melambangkan masa remaja dari siklus hidup manusia, dimana manusia harus dapat memberikan kebaikan pada masa ini sebanyak banyaknya.  Selanjutnya memasuki sisi sebelah barat, dilambangkan dengan tangan patung seperti orang bersemedi, menggambarkan masa tua dari manusia yang harus diisi oleh kegiatan yang lebih banyak merenung ataupun bersemedi.  Terakhir adalah bagian utara, yang melambangkan kematian, yang digambarkan dengan bentuk tangan kanan patung yang menganjurkan supaya manusia tidak takut menghadapi kematian, jika manusia sudah cukup berbuat baik selama masa hidup manusia. 

Itu hanyalah sebagian kecil dari cerita sejarah yang panjang…. yang telah kami rekam, dan mudah-mudahan tidak lama lagi kami dapat me launching cerita bagussss itu di web yang dapat dinikmati oleh banyak pengguna.


Posted in Uncategorized |

5 Responses

  1. bhermana Says:

    Seru juga bagi-bagi tugasnya. Om Gedut jadi juru camera merangkap sutradara, Kaprodi pegang audio, dan ketua tim jadi presenter dadakan :) Ada juga yg cuma jadi pemandu sorak atau “tim hore” aja ;) Saking serunya sampai juru rekamnya yang pulang duluan akhirnya ditinggal pesawat hehehe. Juru mudiknya pun ikut2an stress, masa Magelang sampai Semarang harus ditempuh 1,5 jam :) Jadi yang serunya sih behind the scene nya ya :)

    Btw, mudah2an kegiatan dalam rangka hibah prioritas nasional dari DP2M ini dapat berlanjut sampai tahun ketiga. Lumayan kan jalan2 terus hehehe


  2. susys Says:

    hehehe, pengalaman stress ditinggal pesawat…
    yang stress semuanya euyyyy….. mulai dari supir sampe sutradaranya… ga bisa ngomong….

    kapannn lagiiii bisa jalan jalan… hehehehe


  3. bhermana Says:

    Kita tunggu reportasi dari Om Gendut untuk hasil roadshow hari pertama. Kalo gak salah mereka sudah merekam Candi Gebang, Prambanan, Sewu, Kraton Mangkunegaran Solo, Kraton Kasunanan Solo, Kiyai Slamet, Kereta jenazah Mangunegara IV, dan petilasan candi di perbatasan jateng-jatim. Termasuk mendut sebelum Borobudur. Besok pagi siap-siap menuju dataran tinggi Dieng :) Mohon maaf ya jika besok saya balik duluan hehehe. Silahkan dilanjut sama teman-teman sampai hari Minggu, termasuk untuk mengobok2 Yogyakarta :)


  4. hanum Says:

    Ditunggu Bu online-nya ^_^


  5. sutrisno_585 Says:

    berarti masih panjang lagi ya ceriteranya bagaimana kalau dilanjutkan lagi ceritanya itu biar kita kita ini tahu


Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.