susys Blog

Diklat Auditor Bawasda 2009

August 7th, 2009 by susys


Sejak tanggal 03 Agustus 09 sampai dengan besok 08 Agustus 09, berlangsung diklat bawasda, yang diikuti oleh 28 pegawai negeri sipil yang  juga merupakan internal auditor dari berbagai daerah…. yang paling dekat dari Bandung, dan yang paling jauh dari NTT dan Toraja… wah…. kalo dengar nama Toraja… jadi inget sama kopinya.. yang harum dan mantappp itu…. hehehehehehe

Diklat tersebut merupakan diklat yang dibiayai oleh proyek STAR SDP dan STAN, dimana Universitas Gunadarma mendapatkan kepercayaan untuk melangsungkan program ini.  Pengajar yang terlibat dapat kita atur sendiri, sehingga mereka yang mendapatkan tugas mengajar umumnya adalah dosen tetap atau teman2 tercinta.. kita semua….

Kemaren, saya mendapatkan tugas mengajar, walaupun saya sudah menghadiri acara ini sejak hari senin ketika acara tersebut dibuka secara resmi oleh ibu Rektor, Prof. Dr. E.S. Margianti SE. MM.

Semua peserta terlihat masih muda-muda dan keliatan senang dapat mengikut pelatihan ini… mungkin karena mereka juga refreshing dari tugas rutin mereka setiap hari, nginep di hotel yang bagus… dapat uang saku dan.. yang paling penting… hotelnya deket sama mangga dua, pusat perbelanjaan di Jakarta yang  terkenal… itu….  sampai sampai mereka suka memanfaatkan waktu luang.. yang walaupun hanya terbatas, untuk sekedar melihat lihat sampai membeli barang, katanya … untuk oleh-oleh.

Materi yang diberikan merupakan tahapan dasar, mulai dari dasar-dasar audit internal sektor publik,  Sistem pengendalian internal dan Proses dan teknik Audit internal.  Mereka juga harus melalui pretest dan posttest yang digunakan sebagai salah satu alat untuk mendeteksi efektifitas pelatihan ini.. mudah2an hasil post test nya lebih baik daripada hasil pretestnya …. yah….. kalo sampai kebalik… wahhhh bisa repot deh….

Kemaren saya bertemu dengan seorang peserta, seorang ibu muda, dan yang menarik……… rambut ibu itu panjangnya sampai sebetis beliau… wow… saya terpana juga melihatnya. Langsung saya datangi dan saya wawancara dehhh, udah kayak wartawan.. aja, untuk menanyakan resep bisa punya rambut yang panjang dan bagus itu….

Kalau dari peserta bapak-bapaknya.. yang menarik rupanya bapak2nya lebih “garang” belanja daripada ibu-ibunya… hehehehe…. ternyata survei yang mengatakan hobi ibu-ibu adalah belanja… harus direvisi yah…

Itu kira-kira sekilas… cerita dari diklat auditor bawasda, mudah2an kita mendapatkan banyak kesempatan untuk mengadakan bentuk2 pelatihan lainnya di waktu mendatang… amin…


Posted in Uncategorized |

4 Responses

  1. bhermana Says:

    Pesertanya mumet mbak, pas diajarin IT Audit :) Btw, lebih seru ngajarnya, atau ngrumpi sama teman2 dar tim lain yang bekerja juga di tempat yang sama hehehe


  2. Susy Suhendra Says:

    kalo di diklat bawasda… ceritanya agak ilmiah.. gitu..
    tapi kalo sama tim lainnya, juga ilmiah sihhh tapi ada hubungannya sama ilmu biologi … kali yahhhh.. hihihihihihihihi


  3. Budi Hermana » Blog Archive » 04050607-08-09 Says:

    [...] harinya, saya nengokin tim ke-3 di meeting room sebelah di lantai yang sama. Kegiatannya adalah Diklat Audit untuk Bawasda se Indonesia. Kata panitianya sih, diklat untuk gelombang kedua. Saya sendiri tidak banyak [...]


  4. yuli Says:

    Mba..tau gak..Peserta yang rambutnya terpanjang ternyata..rejekinya juga terpanjang..terbukti pada hari terakhir diklat dari 6 kategori hadiah beliau berhasil mendapat 4 hadiah kategori yaa…
    Mba Susy liat juga kan..hee..he…


Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.