susys Blog

Analisis Multivariat

July 22nd, 2009 by susys


Saya membaca beberapa buku yang membahas mengenai analisis multivariat, analisis ini menarik bagi saya karena begitu banyak metode yang dapat dipakai dan analisis yang digunakan juga begitu luas, karena memang melibatkan banyak variabel.

Secara umum teknik analisis multivariat yang sering dipakai adalah :

  1. Principal components and common factors analysis, pendekatan statistik yang dapat digunakan untuk menganalisis interrelationship sejumlah variabe dan untuk menjelaskan dimensi dimensi yang kita sebut dengan faktor.  sehingga kita dapat memadatkan sejumlah informasi dari sejumlah variabel asli menjadi sejumlah kecil faktor dengan kehilangan informasi minimal.
  2. Multiple regression dan multiple correlation.  Metode yang digunakan jika terdapat sebuah  variabel dependen, datanya metrik dan diasumsikan berhubungan dengan dua atau lebih variabel independen.  Metode ini sering sekali kita pakai untuk berbagai analisis.
  3. Analisis Diskriminan Berganda.  Dengan metode ini, sampel dikelompokkan berdasarkan variabel variabel dependen nonmetrik, lalu setiap entitas diprediksi masuk ke kelompok mana.
  4. Manova dan Mancova. Teknik analisis yang digunakan untuk mengeksplor hubungan di antara beberapa variabel independen yang bersifat kategorial dan dua atau lebih variabel independen metrik.  Sedangkan Mancova dapat digunakan bersama dengan Manova setelah mengeliminasi efek setiap variabel independen metrik tak terkontrol.
  5. Analisis Konjoin.  Teknik ini digunakan untuk melihat  tingkat kepentingan dari atribut atribut dari berbagai level yang ada.
  6. Korelasi Kanonikal.  Teknik yang dapat menghubungkan beberapa variabel dependen meterik dengan beberap variabel independen metrik sekaligus.
  7. Analisis Klaster.  Teknik ini sangat bermanfaat dalam membentuk kelompok kelompok individu ataupun objek.
  8. MDS (Multidimension Scaling).  Pada teknik ini dilakukan penilaian berdasarkan kesamaan dalam jarak pada ruang multidimensi / perceptual map.
  9. Analisis Korespondensi.  Teknik ini mereduksi dimensional suatu objek pada sejumlah atribut dan pemetaan persepsi objek objek tersebut relatif terhadap atribut atribut tersebut.
  10. Model Probabilitas Linier, yang disebut juga sebagai logit analysis, merupakan kombinasi dari regresi berganda dan diskriminan berganda.

Itulah beberapa teknik analisis multivariat  yang umum digunakan.  Berbagai teknik ini mempunyai kegunaannya masing masing, sehingga memang perlu untuk dipelajari lebih mendalam, sehingga kita sebagai pengguna dapat memanfaatkan teknik teknik tersebut secara maksimal.


Posted in Uncategorized |

7 Responses

  1. jwarmansyah Says:

    kalau ada permodelnya dan contoh lebih asyik ya …
    kelihatanya tingkat detailnya tinggi
    dan bisa menguji setiap aplikasi dan portofolio bisnis dengan segmentasi jelas dan mereduksi tingkat kegagalan tinggi


  2. susys Says:

    untuk masing masing pemodelan dan contohnya, nanti coba saya buakan, mudah2an bisa bermanfaat….. jadi ceritanya bersambung yah…..


  3. ssiregar Says:

    blog yang sangat serius…! :-)


  4. astri Says:

    waw, seneng banget ney, nemuin blog yang bahas soal analisis multivariat.
    btw, saya mau nyususn skripsi dan mau akai metode analisis multivariat ini khususnya anlisis konjoint, tapi ternyata bahannya susah dicari, literatus tentang analisis konjoint ini sedikit. mohon bantuannya yaa..
    referensi buku yang bahas ttg analisis konjoint ini apa ajah, ,
    ditunggu replynya yaa..
    by e-mail ,,,,tolong banget.
    thx yaa.. :)


  5. yutama Says:

    kasih contoh-contoh soalnya jg dong…. supaya belajarnya lebih oke… ada kluster, diskriminan, faktor dan komponen utama kayanya itu perlu deh…


  6. MHELO Says:

    bisa saya minta batuan anda


  7. septi Says:

    maaf saya butuh bahan buat analisis konjoin,,,
    saya mencari pengertian konjoin secara umum belum k aplikasi buat skripsi saya..tlong repy via email,,trimakasih bnyak


Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.