susys Blog

Blue Mosque

June 28th, 2009 by susys


Sebelum meninggalkan kota Istanbul, terasa belum lengkap kalau belum menginjakkan kaki dan melihat keindahan Blue Mosque… yang sangat terkenal tersebut.  Setelah mendarat di Istanbul dalam perjalanan pulang ke Jakarta, tanpa berpikir panjang, aku titipkan koperku yang cukup berat itu, dan langsung mencari taxi untuk melihat dari kedekatan semua keindahan kota Istanbul.  Sampai di area Sultanahmet, dari kejauhan terlihat kemegahan Blue Mosque yang didirikan di tahun 1609 -1616.  Dinamakan sebagai Masjid Biru, karena interior warna biru yang indah.  Memasuki area dalam Masjid, terasa kekhusukan yang cukup mengusik …. hati ini.. walaupun bangunan itu sekarang bukan dipakai lagi untuk beribadat, namun dipakai sebagai bangunan bersejarah saja…  Interior dalam Masjid yang begitu indah… kepala ini sampai tertengadah ke atas untuk dapat menikmati keindahannya… pegel juga… liat atas melulu… hehehehehe….  tapi… hati ini jadi puas sekali dengan menikmati keindahan Masjid ini…. walaupun dalam kesendirian aku menikmatinya.

Didepan Blue Mosque, berdiri bangunan lain yang juga megah, yang dikenal dengan nama Ayasofya Museum. Dibangun oleh Constantine the Great dan di rekonstruksi oleh Justinian pada abad ke 8.  Bangunan ini menggunakan Byzantine Mosaics.  Bangunan ini terlihat terus mengalami renovasi, mungkin karena umurnya yang sudah cukup tua itu… dan memang banyak mosaics yang rusak karena umur sehingga harus terus mengalami pemeliharaan.

Indahnya Istanbul….. membawa ….. banyak kenangan.. yang tak terlupakan


Posted in jalan-jalan |

6 Responses

  1. bhermana Says:

    wah mbak, fotonya diupload dong. Kan dah bisa caranya hehehe


  2. Bambang Wahyudi Says:

    Dengan menengadah, tahulah kerendahan kita … he..he..he..


  3. eri Says:

    mbak susi, menikmati mestinya berdua, kalau sendiri berarti solo karir, h ehe


  4. susys Says:

    Menikmati dalam kesendirian mempunyai tingkat kenikmatan yang berbeda lho… tidak kalah dengan kalau menikmatinya berdua…. begitu.. pak Eri…..


  5. Fikri Says:

    Emang kalo sendirian bisa nikmat Sus, bisa juga sih tp rasa nya lebih enak kalo berdua deh jadi dua2 nya nikmat


  6. menthokz Says:

    weleh-weleh…. dah sendirian ditengah-tengah padang rumput….. nikmat lagi……..!!! pake meriang trus merem melek nggak mbak???


Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.