OS MeeGo vs OS Android Siapa Unggul

Wach.. mungkin banyak dari pembaca yang sudah mengenal system operasi ini, tapi tidak ada salahnya kalau penulis mencoba membahas dan menyegarkan ingatan anda.

Oke, sebelumnya penulis ingin memberikan informasi tentang OS MeeGo, dimana OS ini merupakan penyempurnaan dari OS Maemo berkolaborasi dengan Intel, OS MegGo dan OS Android keduanya merupakan platfon baru untuk system operasi ponsel, kedua system tersebut running dengan linux jadi sama-sama open source.

OS Android

Merupakan OS Mobile dibawah besutan Google. Sistem Operasi ini buah karya dari Kernel Linux. Pada awalanya Android di kembangkan oleh Android Inc. dan selanjutnya dibeli oleh google.

Os ini sedang minati vendor-vendor terkemuka, sebut saja Sony Ericsson, Samsung, Motorola, HTC, LG, mereka berlomba menyematkan OS Android pada ponsel-ponsel canggihnya.  Tapi di Indonesia ponsel Android kayaknya belum banyak di kenal oleh masyarakat.

Android di distribuasikan secara terbuka, sehingga para programmer bebas membuat aplikasi,  Android menggunakan touch screen capative (hanya bisa dipakai dengan jari tangan ASLI tidak bisa pakai Stylus) dan memiliki Accelerometer chip untuk membolak balik layar dari potrait ke landscape untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda, Keunggulan Android lainnya adalah web browser yang cepat, interface nya jernih dan jelas, web browser Andoid memungkinkan user untuk membuka beberapa halaman web sekaligus. Untuk mendownload aplikasi/game gratisan sangat sederhana dan cepat karena ukuran aplikasi Java rata rata adalah kecil dan dibawah ukuran rata rata aplikasi/game iPhone/Windows Mobile/Symbian.

OS MeeGo

Produsen-produsen ponsel ternama sudah banyak yang menggunakan Sistem Operasi Android, Bagaimana dengan Nokia?

Ternyata di Indonesia nokia lebih identik dengan OS Symbian,  dan dari beberapa sumber yang penulis dapatkan ternyata secara global, OS Android sudah melebihi OS Symbian dalam hal pemakaian Sistem Operasi Smartphone, Wow, kok di Indonesia tidak ada gaungnya? Mmm.. karena itulah nokia mencoba menghadang keberadaan ponsel android dengan OS barunya yaitu OS Maemo (OS symbian yang Open source). Langkah ini di ambil, agar para programmer juga bisa lebih mudah membuat aplikasi untuk OS Symbian. Usut punya usut OS Maemo dimodifikasi juga dari kernel Linux, saudara kembar apa saudara tiri ya.. OS ini sudah di terapkan di Nokia keluaran terbaru yaitu Nokia N900. Tapi lagi-lagi, ternyata OS Maemo tidak mampu membendung ketenaran OS Andriod dan OS Maemo tenggelam.

Untuk menghadapi persaingan  ini, Nokia menggandeng Intel untuk membendung serangan OS Android yaitu dengan melahirkan OS MeeGo (Gabungan Maemo dan Intel),  hasil ujicoba beberapa pengamat berkesimpulan MeeGo memikat dengan dukungan browser Google Chrome, yang terintegrasi dengan jejaring sosial, kamera, email dan aplikasi. MeeGo mendapat dukungan Flash yang sudah tersematkan di Fennec, sebuah browser Firefox versi mobile. Seperti diketahui juga, Fennec juga sudah berjalan di platform Maemo.Dukungan fitur lainnya yang terdapat di OS MeeGo adalah, VOIP, instant messaging, jaringan sosial, lokasi layanan berbasis komputasi awan. Yang paling menarik dari itu semua adalah, terintegrasinya MeeGo dengan toko aplikasi pihak ketiga yang kini tengah dipersiapkan oleh Intel.

Kabarnya, MeeGo yang merupakan sistem operasi terbuka untuk ponsel cerdas ini mendapat dukungan penuh dari Linux Foundation. Tidak hanya itu, perusahaan lainnya seperti EA Mobile, BMW Group, Acer, Gameloft, Novell, ASUS, dan banyak lagi juga turut ambil bagian.

Waduch makin seru saja pertarungan dua OS ini, siapa yang bakal jadi yang terdepan? Apakah Nokia bisa merebut posisi di puncak paling tinggi? Atau OS Android yang akan terus merangkak naik menggeser OS Iphone secara global paling berjaya? OS Android dan OS MeeGo sama-sama bersaing untuk merebut posisi nomor dua atau nomor satu, bagaimana hasilnya? Kita tunggu perkembangan selanjutnya.


53 Responses to “OS MeeGo vs OS Android Siapa Unggul”
  1. does android apps work on all andoid phones? | Anroid on Linuxbase Says:

    [...] Sugeng Shiji Blog » OS MeeGo vs OS Android Siapa Unggul [...]

  2. jepe Says:

    OS MeeGo = Maemo (Nokia) + Moblin (intel) , dan OS Maemo bukanlah Os Symbian yang OpenSource tetapi Os buatan Nokia sendiri yang berdasarkan kernel Linux. terimakasih.

  3. sugenk Says:

    Oce mas..
    Makasih Atas Info tambahanya…

  4. neni Says:

    dari dua OS tersebut, memiliki keunggulan masing2. sekarang Android unggul karena memiliki keunggulan yang terbaru . tapi, apapun keluaran nokia, mereka meraih sukses . pasti Nokia bisa terdepan setelah menggandeng Intel .

  5. riky aldrias Says:

    Menurut saya os meego,,
    karena os Meego sebutan untuk OS Open Source ini adalah gabungan dari Maemo dengan aplikasi dari Intel yaitu Moblin. ,,MeeGo juga merupakan OS dengan basis Linux yang nantinya akan bisa digunakan untuk berbagai macam gadget, mulai dari ponsel, netbook, tablet dan in-vehicle infotainment systems.

  6. emil Says:

    kalo menurut saya os mego yang terbaik utk saat ini, karena telah memberikan kemudahan yang sangat impresif dikalangan muda/pun tua…
    :)

  7. hiskia fandinata Says:

    Yah kalo menurut saya sic…..
    Yang akan menjadi yang terdepan yaitu OS Android,Karena OS tersebut mampu menenggelamkan OS-OS lain seperti OS Maemo dan OS lainya.Dan juga OS Android merupaka OS terbaru dalam dunia teknologi

  8. kurniawati Says:

    Kalo menurut saya….
    OS meego,karena OS tersebut merupakan sistem operasi terbuka untuk ponsel dan akan mendapat dukungan penuh dari linux Foundation dan juga merupakan gabungan dari Maemo Dan Intel.

  9. Siti Hardiyani Says:

    Pertanyaannya manakah yang lebih unggul, Os Anroid atau Os Meego??

    Simple saja, jawabanya kedua-duanya sama-sama unggul dalam system operasi ponsel. Misalnya saja pada Anroid, OS besutan google ini memberikan banyak keuntungan dibandingkan OS lainnya. Karena , Android paling mengerti kebutuhan penggunannya. Seperti yang pernah saya baca padah sebuah artikel Di Amerika dan Eropa telah menikmati kesuksesan dari Anroid ini. Bagaimana dengan indonesia? Indonesia akan bisa seperti Amerika dan Eropa yang telah suskses dengan OS Android, faktor utama adalah Internet Unlimited, karena Android akan bekerja secara maksimal jika jaringan internetnya kuat.
    Demikian pula dengan Os Meego yang merupakan sebuah system operasi berbasis platform Linux yang akan didesain oleh dua perusahaan besar, Intel dan Nokia. MeeGo merupakan versi hybrid dari system operasi Nokia Maemo dan Intel Moblin. Seperti yang pernah saya baca juga pada sebuah berita atau artikel bahwa Platform MeeGo akan digunakan sebagai ‘nyawa’ smartphone di masa mendatang dan bisa diguanakan pula di netbook. . wahhh wahh hebatt juga yaa. . hhe

    Jadi kesimpulannya keduanya sama-sama unggul, apalagi dalam urusan performa. Os Anroid dan Os Meego sama-sama memiliki performa yang tidak perlu di ragukan lagi. Wahhh Sukses deh… hhe

    sekian komentar dari saya…
    terima kasih…

  10. Ova Sariyani Says:

    sepertinya kedu OS tersebut sama-sama unggul y, hanya saja beda dari kemampuan dan fiturnya yang berbeda.

  11. tri wibowo Says:

    kalau menurut saya yang paling unggul sih ANDROID,karena:
    -Android bersifat open source (krna based on linux),jdi klo agan2 pada seneng mod gampang banget krna source code bebas diutak atik. Hal ini menjadikan banyak developer yang tertarik mengembangkan OS Android.

    -Realisasi cloud computing yang sesungguhnya. Contact di hp ane ud otomatis ksimpen di account google. Smua fitur google sudah terintegrasi di hp android (Google Search, Google Docs, Google Maps, Gmail.)

    -Cari software gampang banget karena ada Android Market.

    -Fleksibel. OS Android bisa dipake di banyak platform hardware.

    -Cpet banget update OSnya. Klo ada bug2 di OS cepet teratasi.

    sudah enak sekali OS android yang ngedekingin aja om google…hihihih

    sekian

  12. Chaerunasa Barryan Setya Rizky Says:

    Saya Memilih Android…

    Karena Android itu “OpenSource”

    Apakah yang di maksud OpenSource?
    OpenSource adalah gratisan tapi juga belum tentu…tapi yang pasti sesuatu yang OpenSource itu Bisa Kita Costumize,di modifikasi,Bahkan menyempurnakan dari yang udah ada dan membuat aplikasinya tanpa terbentur ama yang namanya seleksi atau batasan batasan dari pihak - pihak tersebut…

    Tentunya OS yang baru lahir masih ada kekuranganya,tapi pasti penyempurnaan pasti akan terus dilakukan oleh vendor - vendor terpercaya yang memakai OS ini di alatnya.

    Untuk pengguna smartphone berbasis Android, aplikasi yang free-nya bejibun gampang didownload di market aplikasi atau tempat lain :
    misal ke :

    1. google market ht*tp://go*ogle.com/market
    2. slidme/Mobentoo h*ttp://s*lideme.org/
    3. AndroidFreeware htt*p://www.androidfreewar*e.org… Lihat Selengkapnya
    4. AndroidForum htt*p://androi*dforums.com/
    5. Ipmart htt*p://www.ipmar*t-forum.com/
    6. androidlib h*tttp://www.a*ndrolib.com
    7. Androidapps http://w*ww.and*roidapps.org
    8. Istore ht*tp://i*store.indosatm2.com

    berbayar juga banyak, … relatif gak mahal, bahkan operator2 selular di indonesia akan menyiapkan market aplkikasi sendiri

    Buat koneksi ke internet juga menyenangkan, ….

    Masa depan yang cerah, karena Android tidak hanya dipasang di Smartphone , tetapi juga di Nettop. Tablet, bahkan lemari es, .. wew terbayang nanti kita akan terkoneksi kemana aja dengan mudah, …

    sistem operasi Modern, dipersiapkan untuk kenyamanan pengguna

    Buat yang senang membuat program/developer membuat aplikasi Android menyenangkan sekaligus menguntungkan..

    YANG Pasti KEDUA NYA ITU TIDAK SAMA SAMA UNGGUL.. UNTUK KOMENTAR YANG DI ATAS YANG MENYATAKAN SAMA SAMA UNGGUL ITU SALAH!!.. Maka dari itu SEBELUM BERKOMENTAR PAHAMI DAN PELAJARI DULU KASUS YANG ADA.. kommentar itu bisa saja menyusahkan orang.. Saya Lebih Setuju Dengan ANDROID.. 90% data yang saya ambil dari orang” yang mengetahui tentang OS ini lebih memilih ANDROID..

    By. ww*w.chaerunasa.co.cc
    chaerunasa 1db22 31109659

  13. Siti Hardiyani Says:

    Untuk Saudara Chaerunasa yang selalu merasa PALING BENAR…

    Di sini semua orang memiliki hak untuk menyatakan komentar dan pendapatnya masing-masing. Semua berhak untuk berkomentar apapun, benar atau salah suatu komentar tersebut. Yang jelas kita semua disini belajar untuk berani menyatakan pendapat menurut pemikiran kita masing-masing.

    Yang jelas saya sangat tidak setuju kalau ada komentar yang merendahkan satu sama lain disini.

    saya harap tidak terjadi lagi hal yang demikian. Kita harus menghargai orang lain yang ingin menyatakan pendapatnya.

    Terima Kasih

  14. yudha rian Says:

    Unggul atau tidaknya ponsel dengan OS futuristik saat ini masih terbilang 100thn terlalu cepat untuk negara kita, karena masih jarang manusia indonesia yang mampu mengoperasikan ponsel dengan OS seperti yang disebutkan dalam posting atau bahkan OS symbian yang bagi negara-negara maju sudah ketinggalan jaman.

  15. Pradito Pangestu Ariyunda Says:

    sama-sama memiliki keunggulan dalam hal tertentu. Tetapi,menurut saya mungkin akan Lebih unggul OS Meego. Karena selain OS Meego banyak mendapat dukungan dari perusahaan terkemuka, seperti diantaranya EA Mobile, Acer, Gameloft, dsb. OS Meego juga merupakan terobosan baru untuk menyaingi OS Android. Otomatis OS Meego dirancang dengan kelebihan tertentu untuk bisa menyaingi OS Android. Yaitu OS Meego dapat berjalan di dua gadget, yaitu smartphone dan netbook.

  16. satrio pandu putro Says:

    Untuk pertarungan antara OS Android dengan OS meego, saya cenderung memilih OS meego.,
    karena saya berfikir bahwa OS meego sudah memiliki dukungan penuh dari linux dan intel dan perusahan2 lainnya..
    sedangkan perusahaan yg mendukung penuh OS meego adalah perusahaan2 terbesar d sluruh dunia..
    tentunya ini bisa menghasilkan nilai ekonomi yg sangat besar..

  17. Fitri Rohaningsih Says:

    Menurut saya untuk tahun ini dan tahun mendatang yang lebih unggul tetaplah Os Meego karena di disesain oleh linux dan nokia. Mungkin sebelumnya anroid lebih unggul karena memang lebih dulu tenar. Tapi untuk yang akan datang Os Meego bisa saja lebih unggul, alasanya simple saja karena Perangkat lunak generasi baru berbasis Linux-MeeGo akan memiliki kemampuan mengoperasikan berbagai perangkat elektronik termasuk laptop, TV set dan smartphone. Dengan MeeGo, kedua perusahaan bermaksud menyajikan sebuah kemampuan sempurna untuk menghadapi gempuran Os Android. ??

    JADI SUDAH JELAS YANG LEBIH UNGGUL ADALAH OS MEEGO.

  18. Desak Gede Budi Lestari Says:

    Menurut saya Meego diciptakan untuk mengalahkan ketenaran Anroid. Kemampuannya jelas tidak bisa diragukan lagi, karena banyak perangkat yang dapat di pergunakan.

  19. Yulli Fidiah Wati Says:

    Menurut saya yang paling unggul adalah Os Meego karena selain Os yang open source, berbasis Linux. MeeGo juga akan support arsitektur ARM dan processor Intel Atom. MeeGo merupakan system operasi advanced yang nyaman digunakan untuk beragam avatar, bahkan untuk system operasi di PC desktop, OS di smartphone dan di tablet PC.

  20. Rosi Aprian Says:

    mungkin bila harus memilih saya juga akan kebingungan,,

    mungkin bila ke dua-duanya di pergunakan akan membuat ponsel bernilai lebih,,

    yang di pergunakan sebaiknya yang lebih baru karena pastinya memilki nilai tambah dari pada yang terdahulunya

  21. reka yulio Says:

    persaingan yang sengit antara ke duanya, sama-sama unggul di berbagai bidang.
    menurut saya OS Android lebih menguasia pasar yang di lihat dari sudut dari salah satu produk T-mobile di karenakan Penjualan Google G1 selama ini memang terbilang bagus, kendati baru pertama kali diluncurkan. Akan tetapi, mulai dari awal rilisnya sampai dengan saat ini, ponsel cerdas tersebut baru sekali melakukan update untuk sistem operasinya. Tapi ada kabar yang beredar G1 akan melakukan upgrade OS Android-nya ke platform Android 2.0.1
    T-Mobile Google G1 merupakan ponsel cerdas pertama yang memperkenalkan sistem operasi Android kepada dunia, kendati awalnya ponsel ini tidak mendapatkan sambutan meriah, namun seiring waktu G1 mendapatkan hati di masyarakat pencinta ponsel cerdas. Sedangkan OS Android 2.0 merupakan generasi terbaru dari sistem operasi besutan google tersebut, yang pertama kali dibenamkan di handset Droid milik Motorola.

    by ; http://www.infoteknologi.com/g1-upgrade-os-android-nya

  22. Andi Triyadi Says:

    Hmm… bagaimana ya?

    Jujur. Saya belum pernah menggunakan kedua OS tersebut. Jadi saya tidak bisa menilai secara langsung dan objektif. Kalau berdasarkan informasi yang beredar, baik di internet maupun dipasar, ngg… saya tidak terlalu percaya. Info tersebut bisa saja diberikan sejara subjektif.

    Tapi saya cenderung memilih Google dengan Androidnya. Mengapa? Kecepatan. Kecepatan adalah mantera utama Google. Dan lagi MeeGo? baru denger saya… :)

    Dan lagi saya (dan kita semua) sudah tahu seperti apa kualitas OS buatan Nokia (atau perusahaan yg berafiliasi dengannya) dan kita tidak tahu bagaimana sih peforma, kualitas, dan kemampuan Android. Apakah sehebat yang digembar-gemborkan?

    Jadi untuk sekarang, jika saya disuruh memilih, saya akan memilih “Android”

  23. fierzia mazid Says:

    saya rasa, masing masing OS tersebut memiliki keunggulan masing masing .
    karena selain keduanya bersifat open source alias gratis Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan kepada developer membayar untuk membuat aplikasinya. pemakaian dari OS ANDROID sendiri pun tidak ribet, cukup mudah . selain itu aman tidak seperti windows yang sering terkena virus . sedangkan kekurangan dari OS ANDROID tersebut yaitu karena OS ini baru, maka masih minimnya aplikasi untuk mendukung OS ini, user atau penggunanya juga masih sedikit, karena cara penggunaannya agak sedikit membingungkan bagi orang yang baru menggunakannya . sedangkan untuk kelebihan OS MEEGO merupakan system operasi yang enak digunakan untuk membuat avatar atau animasi lainnya, bahkan untuk system operasi di PC desktop, OS di smartphone dan di tablet PC.

  24. Maryanah Says:

    menurut saya, mungkin Lebih unggul OS Meego ya. Karena OS Meego itu kan penyempurnaan dari OS yang sebelumnya (OS Maemo), jadi ya saya pikir OS Meego dibuat mempunyai keLebihan atau fungsi tertentu Lah untuk menyaingi OS Android. Apalagi selain dari opini di atas, saya juga baca dari sumber lain, bahwa OS Meego itu mendapat banyak dukungan dari perusahaan-perusahaan besar dan terkenal di dunia.

    Jadi, kalau ditanya unggulan mana antara OS Androd dan OS Meego, menurut saya sih ya OS Meego.

    Terimakasih

  25. IQBAL N FALAH Says:

    Keduanya memiliki keunggulan pada bidang tertentu tetapi menurut saya OS MeeGo lebih unggul dari pada OS Android, karena Os MeeGo Gabungan dari Maemo dan Intel sedangkan OS Android merupakan merupakan OS Mobile dibawah besutan Google dan hanya minati vendor-vendor terkemuka, seperti Sony Ericsson, Samsung, Motorola, HTC, LG. Sedangkan OS MeeGo merupakan sistem operasi terbuka yang mendapat dukungan penuh dari Linux Foundation. Dan juga, perusahaan lainnya seperti EA Mobile, BMW Group, Acer, Gameloft, Novell, ASUS, dan banyak lagi juga turut ambil bagian.

  26. Ayu Saputry Says:

    kalau menurut saya OS ANDROID lebih menarik pengguna dengan tampilan touch screennya tetapi jika dilihat dari applikasinya jelas OS MEEGO lebih membuat orang ingin menggunakan dan memilikinya karena OS MEEGO bisa diibaratkan seperti komputer mini.

  27. Akhmad Riefai Says:

    menurut saya kedua OS tersebut bagus dan menarik banyak orang untuk menggunakannya tetapi OS MEEGO lebih dapat membantu bagi para pengusaha untuk dapat menyimpan data dan mencari informasi melalui internet seperti pada komputer yang selayaknya. namun dalam segi tampilan OS ANDROID lebih dapat menarik pengguna.

  28. irfani setianingrum Says:

    menurut pendapat saya : hal ini berkaitan jika di bandingkan dengan kekurangan dan kelebihan nya khusus nya unuk Os Android dulu yaitu:
    1. Open Source, alias gratis, sehingga para developer aplikasi Android OS tidak perlu bayar untuk membuat aplikasi untuk Android. Tidak seperti iPhone atau Windows Mobile yg mengharuskan pada developer membayar untuk membuat aplikasinya.
    2. Karena pengembangannya gratis, maka aplikasinya pun rata2 gratis, sehingga tidak perlu bayar untuk men-donwnload dan menginstall aplikasi di Android.
    3. Pemakaiannya mudah alias ga ribet (menurut orang yg sudah memakai Ponsel G1 dengan OS Android)
    4. Stabil dan aman, tidak seperti windows yg terkadang lag atau bahkan terkena virus.
    sedangkan kelebihan dari OS MEEGO sendiri yaitu :
    MeeGo memikat dengan dukungan browser Google Chrome, yang terintegrasi dengan jejaring sosial, kamera, email dan aplikasi. jujur keduanya sangat bagus namun disamping kelebihan juga ada kekurangannya itu Os Android cenderung lebih sedikit penggunanya di karenakan masih belum mengetahui penggunaannya secara mendetail, walaupun sysem operasi ini sangat menaik dan lebih canggih namun dibandingkan dengan Os MeeGo yang sering banyak digunakan oleh pengguna system operasi ini lebih digemari dan sudah banyak pengguna yang tertarik baik dari kalangan bawah hingga kalangan atas, apalagi sebelumnya Os MeeGo adalah penyenpurnaan dari Os mamo sehingga yang sudah memilih fire fox sebagai browser nya.
    Kabarnya, MeeGo yang merupakan sistem operasi terbuka untuk ponsel cerdas ini mendapat dukungan penuh dari Linux Foundation. Tidak hanya itu, perusahaan lainnya seperti EA Mobile, BMW Group, Acer, Gameloft, Novell, ASUS, dan banyak lagi juga turut ambil bagian.
    jadi dengan adanya hal seperti itu saya lebih tertarik dengan Os MeeGo yang bermanfaat bagi pengguna.

  29. intan juniar devita Says:

    Pertanyaannya manakah yang lebih unggul, Os Anroid atau Os Meego??

    kalu menurut pendapat saya sendiri ,DUA duanya sama sama unggul.tapi dari haty saya sendiri dari hsil yang saya peroleh lebih unggul Os anroid karena ia open source.contonya OS anroid telah mengeluarkan hp yang bermerk Motorolla sebanyak 6 smartphones Motorolla anroid.dan di tahun 2010 ini ia akan dapat mengeluarkan 20 sekaligus smartphone motorolla anroid yang lebih canggih lagii.dan semua itu diluar dari smart phone motorolla dengan OS windows mobile 7.

    Semoga comennt saya dapat bermanfaat.terima kasih.

  30. lingga archie Says:

    Saia bilang si lebih unggul os anroid , saya jelaskan informasi tentang OS MeeGo, dimana OS ini merupakan penyempurnaan dari OS Maemo berkolaborasi dengan Intel, OS MegGo dan OS Android keduanya merupakan platfon baru untuk system operasi ponsel.dan saya memilih os android lebih unggul karena ia salah satu karya dari linux.

  31. lingga archie Says:

    kalau menurut saya os anroid lebih unggul,dari hasil yang saya ketahui karena os anroid ithu merupakan salah satu operating system yang canggih di masa kini.

    terima kasih.

  32. Ida Bagus Putu Santika Says:

    menurut saya yang paling bagus os Meego karena meego terus berusaha untuk mengalahkan android yang lebih dulu tenar dengan menggandeng intel dan maemo dan dia juga sudah menggandeng perusahaan seperti EA Mobile, BMW Group, Acer, Gameloft, Novell, ASUS,dll yang merupakan perusahaan games dan laptop terkemuka di dunia.

  33. julmian syah Says:

    menurut saya lebih unggul OS MEEGO, karena MeeGo memikat dengan dukungan browser Google Chrome, yang terintegrasi dengan jejaring sosial, kamera, email dan aplikasi. selain itu MeeGo juga merupakan sistem operasi terbuka untuk ponsel cerdas ini mendapat dukungan penuh dari Linux Foundation.

  34. muhammad febryanto Says:

    os meego pasti sangat mengagumkan karena di buat untuk menyaingi os android. pasti tidak kalah seru dan menarik untuk di coba.

    apalagi nokia menggandeng intel untuk bekerja sama.

  35. andriafinata Says:

    kalau menurut saya sangat bagus tentang OS MEEGO,karna OE MEEGo dapat mendukung semua browser

  36. nungky Says:

    Untuk 2 os tersebut menurut saya harus nya sudah dapat lebih banyak di pakai oleh pengguna ponsel karna dapat memudahkan kita dalam pengoprasian pada ponsel-ponsel.

  37. edo cakra wibisono Says:

    menurut saya kedua OS tersebut bagus dan menarik banyak orang untuk menggunakannya walaupun saya pribadi blum pernah melakukan nya.

  38. Ryan prasetyo Says:

    sya blom mngerti cara penggunaan ke2 OS tersebut, bila d pertnyakan spa yang paling ungguul sya blum bsa bisa menjawab, tapi sya dapt berpendapat, menurut yang sya baca d Goggle OS meggo in yang lebih unggul karna OS tersebut mudah di gunkaan mungkin bagi yg sudah menggunkana, dan juga OS in jga masih baru mungkin banyak kualitas” terbaik yg d keluarkan sehingga OS in ingin bersaing dengan OS sebulm’a yaitu OS Android

  39. jon iranda Says:

    Keduanya memiliki keunggulan pada bidang tertentu tetapi menurut saya OS MeeGo lebih unggul dari pada OS Android, karena Os MeeGo Gabungan dari Maemo dan Intel sedangkan OS Android merupakan merupakan OS Mobile dibawah besutan Google dan hanya minati vendor-vendor terkemuka, tapi didalaam memiliki kelebihan pasti juaga ada kelemahan begitu juga kalau ada kekurangan pasti ada kelebihan contohnya aja cepat rusak atau lemot…

  40. jon iranda Says:

    Keduanya memiliki keunggulan pada bidang tertentu tetapi menurut saya OS MeeGo lebih unggul dari pada OS Android, karena Os MeeGo Gabungan dari Maemo dan Intel sedangkan OS Android merupakan merupakan OS Mobile dibawah besutan Google dan hanya minati vendor-vendor terkemuka,api didalaam memiliki kelebihan pasti juaga ada kelemahan begitu juga kalau ada kekurangan pasti ada kelebihan contohnya aja cepat rusak atau lemot…

  41. Yosi Kelana Putra Says:

    Kalo Menurut Saya Sih OS MEEGO lebih unggul…

    Karna selain Open Source OS MEEGO juga Berbasiskan Linux Sehingga mudah digunakan pengembangannya pun gratis dan aman digunakan…

    Tp pastinya dari kelebihan tersebut ada kekurangan jg yg tidak saya ketahui…

    Hanya itu yg saya tau…

  42. sugenk Says:

    End…….

  43. dodi bachtiar Says:

    setiap os pasti ada kelebihan dan kekurangannya….kalau dilihat sekarang ini OS Andriod dan OS MeeGo sama2 unggul….sama2 open source dan setiap pengguna dapat melakukan inofasi pada kedua OS tersebut….,jadi sekarang ini tergantung user yang menggunakan….mereka yang menggunakan lebih nyaman memakai OS yang mana…?,,MeeGo kah atau Android kah….untuk masalah keunggulan saya beri poin yang sama untuk OS Android dan OS MeeGo…karena kedua OS ini merupakan inofasi dari sebuah perkembangan teknologi….

    Sekian dari saya….

  44. abdus syakuur Says:

    saya install meego di netbook saya (hp mini black 210-1014tu), semua normal dan sangat cepat kecuali modem evdo (smart ac2726) yang belom bisa dipakai meskipun sudah mencoba beberapa petunjuk di beberapa forum yang memang belum ada yang membahas modem ini secara spesifik, jadi sementara harus menggunakan wifi atau 3g (via bluetooth), adakah yang bisa sharing untuk ngaktifin evdo ini ?

  45. arief Says:

    seperti hal nya os android yang harus terus menerus terkoneksi dengan internet .sehingga diperlukan kartu gsm yang unlimited untuk internet,bagaimana hal ini dengan os meego

  46. pen Says:

    judulnya maemo/meego vs android mana yag lebih unggul ?…
    jawaban saya simpel saja
    bisakah os android berjalan diatas maemo/meego?.. jawabannya bisa!..
    tidak percaya??.. lihat di sini h**p://www.youtube.com/watch?v=yri4qOfP8T0
    bisakah os maemo/meego berjalan diatas anroid?.. ??? jawabannya tidak!..

    mengapa?…
    di android anda hanya sebagai user atau admin dan tidak diberi akses ke root
    tapi di maemo/meego anda adalah root, kasta tertinggi dalam tingkatan user

    lalu apa kelebihan android?….
    pengguna android di untungkan dengan ribuan aplikasi gratis yang tersedia di android market
    pengguna maemo/meego mungkin belum bisa mendapatkan dukungan aplikasi sebanyak android

    tapi saya sangat yakin berkat jasa hacker-hacker, sebentar lagi semua aplikasi android yang ada di android market dapat dijalankan di os maemo/meego dengan menggunakan semacam emulator

  47. Nokia FanBoy Says:

    Komparasi Meego dan Android :

    Android :
    - mudah digunakan dan memiliki tampilan yang baik (lebih baik dari symbian dan Blackberry, cukup seimbang dengan Iphone dan Windows Phone 7.
    - mendukung banyak hardware dari berbagai Vendor
    - Update yang capat sehingga terus berkembang menjadi lebih baik (sama cepatnya dengan Symbian generasi awal sebelum masa layar sentuh)
    - Banyak aplikasi yang mendukung di Android Market
    - Open Source (Tidak seperti Iphone dan Windows Phone 7, sama seperti Symbian^3 keatas, Maemo, Moblin, dan Meego.
    - Berbasis kernel Linux

    MeeGo :
    Karena belum Final Release, maka kita menilai dari yang sudah diberitakan,
    - Dapat berjalan pada multi platform (PC, laptop, tablet, HP, Gadget, dan perangkat hiburan seperti tape mobil). Ini tidak/belum dimiliki oleh OS lain.
    - Jelas saja mendukung berbagai jenis hardware karena multi platform.
    - Memiliki platform QT (seperti juga symbian^3 keatas dan Maemo) sehingga aplikasi yang berjalan pada Meego juga dapat berjalan pada Symbian^3 dan Maemo. Ini tidak dimiliki oleh OS lain.
    - Linux murni, karena Maemo adalah turunan dari Linux Debian, sehingga dapat menjalankan software Linux didalamnya.
    - Didukung penuh oleh Linux Foundation, karena Meego memiliki peranan penting dalam dunia open source yaitu dapat berjalan di banyak platform tadi (mungkin udah masanya Open Source jaya ketimbang Apple atau Microsoft).
    - Nantinya memiliki UI yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan (sedikit lebih terbuka daripada Android, Apple dan Microsoft tidak memiliki ini.

    Saya rasa itu saja komparasi utama yang dapat saya sampaikan. Siapa yang lebih baik akan terlihat pada saat Meego sudah Final dan berjalan disalah satu platform. Kawan-kawan dapat menilai sendiri. Kalau ada komparasi lain yang ingin ditambahkan saya akan senang mengetahuinya

  48. radial Says:

    android tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan meego karena android tidak penuh dapat dukungan dari linux fondation, lain dengan meego yang full open source sesungguhnya sama seperti symbian^3 yang full open source karena didukung oleh symbian foundation. Jika meego dapat berubah wujud jadi android namun tidak sebaliknya. Jika hanya sebatas di smartphone dan pad tapi meego dapat di integrasikan ke perangkat elektronik lainnya. Jadi os masa depan sesungguhnya adalah meego. Terima kasih.

  49. cumananya Says:

    kalo dibandingin antara symbian^3 sm OS MeeGo .. kelebihan n kekurangan masing2 apa y??

    mungkin ga c Nokia N8 bisa diupgrade k OS MeeGo?

  50. toto Says:

    saya sih lebih suka android. mungkin pengembangnya sudah banyak. jadi untuk mencari feature2 yang baru lebih cepat dan update.

  51. wj kokomiro Says:

    klo menurutq os meego lbih jempol krna bisa baca file apk
    (file android) jdi q lbih condong ke os meego

  52. roman Says:

    mas..
    saya ingin tanya..
    kelebihan dan kekurangan OS Meego di laptop itu apa ya mas ?
    trus, apakah semua software dapat diinstall di Linux Meego ini sama seperti windiws apakah tidak ?
    tolong penjelasan nya y amas..
    terimakasih sangat.

  53. merta yoga Says:

    saya punya asus dg os meego, saat ini tak bisa dipakai untuk buka file,dan my zone nya bermasalah, bisa dijelaskan cara nya untuk mengatasi masalah nya

Leave a Reply

*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.