jump to navigation

Mestakung June 2, 2008

Posted by ruddyjs in : Harian , trackback

mestakung.jpgBeberapa hari yang lalu saya sempat mampir ke toko buku gunung di Margo City untuk membeli beberapa buku referensi baru guna meng-”upgrade” knowledge ;) . Ketika akan membayar buku2 belanjaan di kasir, saya melihat buku karangan Prof. Yohanes Surya dengan judul Mestakung. Sebenarnya buku ini sudah lama saya dengar, namun baru kali ini saya tergerak untuk membeli nya.

Wow…setelah membaca, ternyata buku ini memang pantas untuk dibeli, penasaran ?? … dalam buku ini beliau bercerita tentang fenomena alam yang beliau sebut dengan Mestakung alias Semesta Mendukung.

“Mestakung = seMESTA menduKUNG merupakan hukum alam dimana ketika suatu individu atau kelompok berada pada kondisi kritis maka semesta (dalam hal ini sel-sel tubuh, lingkungan dan segala sesuatu disekitar dia) akan mendukung untuk dia keluar dari kondisi kritis.”

Sepertinya saya pun pernah mengalami keadaan ini, pernah suatu saat dalam perjalanan dari bogor ke jakarta menggunakan kendaraan minibus, saya duduk di barisan paling belakang, beberapa saat setelah masuk tol, keluar asap dari bagian depan yang dengan sekejap memenuhi seluruh ruangan. Semua orang panik, termasuk saya, pada waktu itu hal yang ada dipikiran saya adalah bagaimana caranya untuk keluar dari mobil dan lari sejauh2 nya untuk menghindari ledakan (untung nya ledakan ini tidak terjadi). Saya duduk di pinggir jendela, untuk keluar dari pintu mobil seperti nya sudah tidak mungkin karena jarak yang agak jauh dan ada barang2 yang menghalangi, akhir nya saya mengambil keputusan untuk keluar dari jendela tersebut, dalam waktu kurang dari 3 detik saya bisa keluar dari jendela tersebut..dan langsung berlari menjauhi mobil … ajaib …. seakan2 tubuh saya mengecil dan punya ilmu peringan tubuh :) mengingat jendela tersebut tidak terlalu besar dan akhir nya kami semua selamat begitu juga mobil nya, ternyata yang terbakar hanya kabel2…fuihhh , ke-esokan hari nya ketika di rekonstruksi …berkali-kali mencoba saya tidak berhasil melewati jendela tersebut :D ..tapi kenapa kemarin berhasil…. mungkin ini yang disebut dengan “mestakung”.

Menurut prof surya Ada 3 hukum Mestakung yaitu:

1. Dalam setiap kondisi KRItis ada jalan keluar

2. Ketika seorang meLANGkah, ia akan melihat jalan keluar

3. Ketika seorang teKUN melangkah, ia akan mengalami mestakung

Ketiga hukum ini saya singkat dengan KRILANGKUN (KRItis, LANGkah, teKUN).

Dalam buku ini selain menjelaskan tentang fenomena mestakung itu sendiri, beliau juga menceritakan bagaima mestakung terjadi saat beliau mempersiapkan tim olimpiade fisika indonesia yang akhir nya sukses menjadi juara dunia.

Apakah anda pernah mengalami mestakung ? share disini … :)

Comments»

1. mohiqbal - June 2, 2008

wow ajaib… rud. jendelanya ada yg retak ngga waktu ruddy keluar? :-)

2. ruddyjs - June 2, 2008

hahahaha …..alhamdulillah …engga ada mas :D

3. Purnawarman Musa - June 6, 2008

Rud, Sim salabim ……
Ngak usah jauh2 … sejarah Indonesia kelabu sudah buktikan. Waktu penjarahan dan pembakaran, terlihat ada yg bisa angkat lemari es 2 pintu.
pengalaman Mestakung ? Pernah, tapi waktu ujian nyontek …… bisa jawab … serius itu LEBIH Semesta mendukung

4. ruddyjs - June 6, 2008

betul sekali mas musa ….. :))

5. yolanda - June 8, 2008

kalo saya sih pas saat merasa susah bernapas…udah panik - apakah benar ini ‘ujung perjalanan’…
kekuatan doa plus kesadaran bahwa banyak yg masih membutuhkan kasih sayang kita adalah ‘energi’ alamiah terbesar…
ini salah satu mestakung menurut saya…
secara teoritis maupun spiritual…

6. ruddyjs - June 8, 2008

@yolanda : ya saya setuju…. doa menjadi faktor plus dalam mestakung ;)

7. HeRLy - October 18, 2008

Bah buku apaan tuh ????
Wkakakka MERINDING wa bacanya ;) … apa lagi pas bener” perjalanan TOFI pas di puncak mas di IPhO ke-37 jd ikut t’haru.
And wa ngebayangin anak SMP Indonesia dpt medali perak … I’m ashame with my self, ko bukan wa pas SMP dulu yah hikz hikz hikz
:(

Btw …
SALUT wat om Yohanes : ;)
1. Rasa Nasionalismenya.
2. Tekun akan keyakinannya ( semua di dunia ga t’jadi begitu aja ).
3. Rendah Hati ( org sehebat, sesukses dia malah mikirin org,
keadaan disekitar dia yg bikin dia sukses. MesTaKung…
seMESTA menduKUNG ).
4. Pemikiran yg maju ( wa setuju kl org Ina hrs byak” kul di luar,
& kt yg di sini jg b’juang wat menyiapkan “infrastructure” ntuk
ilmuan2 hebat kt nanti ).

Tapi salah satu yg luar biasa dari MestaKung yg saya alamin sdri sih…
waktu proses mo jadi Juara I Nyodok Abis ( RCTI - billiard competion ) waktu itu …
Awalnya penyisihan saya kalah, tapi saya malah memacu diri sdri kenapa bisa kalah… memotifasi diri ( menciptakan KRItis ). Jadi pas kalah itu jujur wa ngangis :( tapi saya ga pantang nyerah, malah tiap hari saya bgn jam 9 pagi - jam 3 sore wat latihan sdri ( meLANGkah ), selama 6 bulan ( teKUN ) and hal hasil THX God impian saya t’wujud.
Padahal saya sebelumnya blum baca buku ini…. dan saya yakin KRILANGKUN saya itu lah MESTAKUNG.

nb : yuk capai CITA-CITA kita dgn OPTIMISTIS n’ always positif
think’n. ( smua indah pada waktunya )

8. gilang - October 29, 2008

Kalau developer yang dikejar deadline termasuk mestakung ga ya ???, kan biasanya jadi super cerdas tuh… hihihi….

9. ruddyjs - October 29, 2008

@Herly : Semua orang pasti pernah mengalami fenomena Mestakung. Tinggal kita aja, apakah bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk bisa maju :)

@Gilang : hahahaha….bener juga tuh …based on true story, kadang-kadang muncul algoritma2 aneh apalagi kalau deadline nya udah mepet banget :)


*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image


Warning: mysql_fetch_row(): supplied argument is not a valid MySQL result resource in /home/blog/wp-content/mu-plugins/quickstats.php on line 346