Welcome to My UG StaffBlog !

Permutasi dan Kombinasi

Salah satu materi pembinaan dalam rangka persiapan menghadapi OSP 2011 bidang komputer untuk wilayah Jakarta, adalah permutasi dan kombinasi. Bagi yang ingin memperoleh materi tersebut, silahkan download di http://www.informatika.org/~rinaldi/Matdis/2008-2009/Kombinatorial.ppt

Ku Temukan ‘kejanggalan’

Ya, hari ini ku temukan ‘kejanggalan’. Awalnya dari ‘usaha’ku mencari informasi tentang daftar peserta akademisi berprestasi 2010 untuk tingkat nasional. Hari ini ku temukan daftar tersebut di http://akademisiprestasi.dikti.go.id/index.php/prestasi/peserta/

direktorat-jendral-pendidikan-tinggi_1278324248061

Untuk kategori laboran berprestasi, ku temukan namaku. Sungguh menyenangkan. Tapi sayangnya ku menjadi sedih setelah ku temukan juga informasi undangan berprestasi di http://akademik.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=202:undangan-berprestasi&catid=49:standar-kualitas-akademik

Ternyata namaku tidak terdaftar (dalam lampiran laboran berprestasi). Mungkin ku dinyatakan gugur pada desk evaluation. Sedihnya karena ku ‘kalah’ sebelum bertanding. Mudah-mudahan nanti ku dapatkan jawabannya.

Disisi lain, bersamaan dengan ku temukan informasi undangan tersebut, ku temukan ‘kejanggalan’. Apakah anda dapat menemukan juga ‘kejanggalan’ tersebut? Sebagai petunjuk: antara lain coba lihat daftar peserta laboran, daftar undangan laboran (lampiran laboran berprestasi), jadwal akademisi berprestasi, serta daftar peserta/undangan kaprodi (lampiran kaprodi berprestasi).

PPDB 2010 SDN di Jakarta

Pagi ini, ketika mengantar anak ke sekolah, saya melihat pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SDN RSBI Rawamangun 12 Pagi (dahulu bernama SDNP Kompleks IKIP Jakarta). Ternyata mulai minggu depan, Senin 24 Mei 2010, telah dimulai penerimaan siswa baru untuk tingkat SDN di Jakarta.
PPDB ini merupakan istilah yang sudah dipakai sejak tahun lalu. Sebelumnya istilah yang dipakai adalah PSB (Penerimaan Siswa Baru).
Tahun lalu, jadwal PPDB SDN dibagi menjadi 3 periode, yakni:
- PPDB SDN RSBI
- PPDB SDN SSN (minggu berikutnya setelah PPDB SDN RSBI)
- PPDB SDN Reguler (minggu berikutnya setelah PPDB SDN SSN)

Berikut adalah Pengumuman PPDB SDN RSBI Rawamangun 12 Pagi:

pengumuman-1

pengumuman-2

Dan siang ini saya menemukan informasi berupa Surat Edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta tentang PPDB 2010 seperti berikut :

surat-edaran-ppdb-2010

Biasanya jadwal PPDB SDN sangat singkat. Jadi peminatnya harus bergegas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang ingin mendaftarkan anaknya.

Soal OSN bidang Informatika - lanjutan 1

Melanjutkan soal OSN yang sudah saya post yang lalu, berikut ini adalah soal no 2 - 6:

Untuk soal 2 sampai 6:

Sebuah perusahaan ingin membagi karyawan-karyawannya menjadi beberapa tim, dan ingin agar tim-tim tersebut dapat bekerja seefektif mungkin. Agar dapat bekerja seefektif mungkin, setiap anggota dalam sebuah tim harus menyukai anggota lainnya di dalam tim tersebut. Dari antara 8 karyawan yang sudah ada, A, B, C, D, E, F, G, H, sang manager telah memperhatikan bahwa secara umum setiap karyawan saling menyukai satu sama lain, kecuali pasangan-pasangan berikut ini: A dan H, F dan G, C dan E, B dan E, F dan D, B dan H, F dan B, C dan G, A dan F. Sebuah tim didefinisikan sebagai kumpulan dua atau lebih karyawan.

2. Sang manager harus membagi kedelapan karyawan tersebut minimal ke dalam berapa tim agar tidak ada dua orang anggota dalam sebuah tim yang tidak menyukai satu sama lain, dan setiap karyawan menjadi anggota tepat sebuah tim? Tuliskan jawabannya dalam bentuk angka.
3. Dari antara karyawan?karyawan tersebut, misalkan sang manager ingin memecat satu orang karyawan, agar banyaknya tim yang dibuatnya berkurang. Sebutkan siapa sajakah yang jika menjadi seorang karyawan yang dipecat tersebut, tidak dapat mengurangi jumlah tim yang harus dibuat? Tuliskan jawabannya terurut secara alfabetis, dengan huruf kapital, dipisahkan oleh sebuah spasi.
4. Sang manager tidak jadi memecat satu orang, tetapi dia ingin memecat dua orang sekaligus agar tidak ada yang merasa dikucilkan. Namun, kedua orang itu haruslah tidak menyukai satu sama lain, untuk mengurangi resiko pemberontakan. Pasangan mana sajakah yang, meskipun sudah dipecat, tetap tidak bisa mengurangi banyaknya tim yang harus dibuat sang manager? Tuliskan jawabannya terurut secara alfabetis, dengan huruf kapital, dipisahkan oleh sebuah spasi.
5. Jika tiba-tiba setiap pasang karyawan yang saling menyukai satu sama lain tiba-tiba membenci satu sama lain, dan setiap pasang karyawan yang saling tidak menyukai satu sama lain tiba-tiba menyukai satu sama lain, sang manager harus mengubah konfigurasi tim. Ada berapa tim paling sedikit yang harus dibentuk? Tuliskan jawabannya dalam bentuk angka.
6. Dalam tim-tim baru yang dibentuk ini, siapa sajakah karyawan-karyawan yang berada di tim yang sama dengan B? Tuliskan jawabannya terurut secara alfabetis, dengan huruf kapital, dipisahkan oleh sebuah spasi.

Berikut ini adalah jawaban saya untuk soal yang lalu dan soal kali ini (no. 1 - 6) . Benar tidak ya? :-)

  1. 3
  2. 3
  3. A D H
  4. A dan H
  5. 4
  6. E

Soal OSN bidang Informatika

Minggu lalu, tepatnya hari Selasa 30 Maret 2010, saya mendapat kabar bahwa Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan akan mengadakan pembinaan dalam rangka menghadapi Olimpiade Sains Nasional bidang informatika (Komputer) untuk wilayah Jakarta Selatan. Untuk itu, panitia, dalam hal ini ketua MGMP TIK Jakarta Selatan meminta kesediaan dari Universitas Gunadarma untuk berpartisipasi dalam pembinaan tersebut khususnya untuk materi Algoritmika.

Kebetulan sekali pihak Universitas Gunadarma menunjuk saya untuk mewakili dalam pembinaan materi algoritmika. Kenapa kebetulan? Ya karena kebetulan saya sempat memiliki ‘koleksi’ seputar OSN bidang informatika (TOKI). Kenapa saya memilikinya? Itu juga karena kebetulan saya sempat mencari materi yang berhubungan dengan algoritma, di internet, sebagai sumber alternatif bahan bacaan. Saat itu saya menemukan materi TOKI tersebut.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi seputar soal OSN yang sempat saya miliki, serta mengharapkan adanya masukan dari pembaca :-) Kali ini dari soal sesi 1 OSN VIII bidang informatika 2009, yakni soal no 1. Sedangkan untuk soal lain, akan saya tuliskan pada kesempatan berikutnya.

Soalnya sebagai berikut :

1. Ada 27 buah bola tenis. 1 di antaranya lebih berat dibanding yang lainnya (ke-26 bola lainnya memiliki berat yang sama). Andaikan Anda memiliki sebuah timbangan yang terdiri atas dua buah nampan dan dapat menentukan nampan manakah yang lebih berat/ringan dibanding yang lainnya (tetapi tidak dapat menentukan besarnya perbedaan berat) seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:

Timbangan

Timbangan

Harus berapa kalikah paling sedikit Anda perlu melakukan penimbangan untuk menentukan bola manakah yang berbeda beratnya? Tuliskan jawabannya dalam bentuk angka.

Ayo cobalah menjawabnya…. :-)

Melihat Ogoh-ogoh di Monas

Hari Senin kemarin, saya menemani anak-anak. Mereka diajak oleh teman sekolahnya untuk mengunjungi Monas. Ya, hari itu, di Monas akan diselenggarakan arak-arakan ogoh-ogoh (serta kirab budaya) dalam rangka malam pengrupukan. Kegiatan ini diselenggarakan sehari sebelum hari raya Nyepi.

Kami tiba di parkir Monas sekitar jam 5 sore. Saat itu suasana sudah cukup ramai. Ogoh-ogoh yang akan diarak sudah ada di sana.Acaranya sendiri baru akan dibuka oleh Bapak Gubernur Fauzi Bowo jam 7 Malam. Selain ogoh-ogoh, juga tampak oleh kami adanya Ondel-ondel, Barongsai, para penari, serta para pembawa obor.

Sebelum acara dibuka oleh Bapak Gubernur, saya sempat merekam suasana di Monas tersebut. Sayang sekali, pada saat acara dibuka, mulai gerimis. Saat itu saya tidak dapat merekam suasananya. Berikut ini adalah beberapa foto yang berhasil saya rekam.

Ondel-ondel

suasana 1

ogoh-ogoh 2

ogoh-ogoh 3

ogoh-ogoh 4

ogoh-ogoh 5

ogoh-ogoh 6

ogoh-ogoh 7

ogoh-ogoh 8

pembawa obor

penari

penyambut gubernur

barongsai

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.