Apr25th

BANDAR UDARA KOMODO

6

Informasi gambar lebih lengkap "KLIK GAMBAR INI"

Bandara Komodo. Terletak di dekat Kota Labuan Bajo Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur Indonesia. Nama Bandara Komodo diambil dari nama binatang langka Komodo yang hanya terdapat di beberapa pulau yang dinyatakan sebagai Kawasan Taman Nasional Komodo,  seperti : Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Radar. Luas total daratan Taman Nasional ini  sekitar 603 Km2. Taman nasional ini didirikan pada tahun 1980 untuk melindungi habitat Komodo. Pada tahun 1991 diterima sebagai situs warisan dunia Unesco. Dan pada tanggal 11 November 2011 Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai pemenang 7 News Wonder bersama Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Zeju, Sungai bawah Tanah Puerto Pricesa dan Table Mountain.

Read the rest of this entry »

Apr10th

RENOVASI RUMAH KECIL AGAR TERKESAN BESAR

Rumah ini terletak di jalan buntu yang cukup lebar sekitar 7 meter. Luas lahan 90 meter2. Lebar lahan depan 10 m dan panjang ke belakang 9 m. Sempadan bangunan mundur 3 meter dari batas depan lahan.  Luas bangunan awal  45 m2. Ruang terdiri dari 2 kamar yaitu 1 ruang tidur utama yang sangat kcil sekitar 3.00×2.50 m2 dan 1 kamar tidur dengan luas 2.50×2.00 m2, 1 ruang tamu yang memanjang sekaligus utk ruang keluarga 3.00×5.00 m2, 1 KM : 1.50×1.50 m2 dan dapur seluas 2.00×1.50.  Di sisi kiri ada kelebihan tanah seluas 2.00×6 m yang kemudian difungsikan untuk ruang makan dan kolam ikan. Kondisi awal rumah sebetulnya cukup baik dengan bukaan penghawaan dan penyinaran yang cukup baik.

persp-1

PANDANGAN RENOVASI PERTAMA (lebih lengkap klik gambar)

Read the rest of this entry »

Apr7th

MAKAM NABI DANIEL DI SAMARKAND UZBEKISTAN

1025454_601297249905179_1209242936_oDi hari kedua kunjungan saya ke Uzbekistan kami menuju Samarkand. Kota Samarkand merupakan kota kedua terbesar setelah kota Taskent ibukotanya, berbeda dengan Taskent, penduduk Samarkand lebih didominasi dengan etnik lokal Uzbek yang tipikal bermata sipit, sementara di Taskent,  banyak pendatang, di samping keturunan Rusia juga banyak mendominasi. Samarkand, dulunya merupakan pusat ibukota pemerintahan Amir Timur atau dikenal dengan Timurlane, akademi Ibn Sina, laboratorium Quadrant hasil observasi Mirzo Ulugbek yang menjadi dasar ilmu astronomi adalah di kembangkan di kota ini, bahkan trigonometri dalam konsep matematika juga dikembangkan disini. Buku astronomi-nya Mirzo Ulugbek baru di terjemahkan ke berbagai bahasa di abad ke-20

Mausoleum Doniyor atau Doniyor Hodge (St.Daniel) adalah salah satu tempat ibadah paling terkenal di Samarkand. Doniyor, Daniil, Daniel – adalah nama orang suci yang sama dalam Islam, agama Kristen dan Yahudi. Nabi Daniel dihormati oleh tiga agama dunia. Dia adalah salah satu dari empat nabi besar Israel dalam agama Yahudi, nabi, yang bukunya termasuk dalam Perjanjian Lama Alkitab Kristen, dan dalam tradisi Islam dituliskan dalam hadist qudsy sebagai orang yang suci.

Read the rest of this entry »

Jun2nd

JEMBATAN TERTINGGI DI DUNIA: LE VIADUC DE MILLAU

raziq hasan PERANCANGAN Read on

Jika kita mendengar bangunan pencakar langit, tentu itu hal biasa yang sering kita temukan dimana-mana. Tapi jika kita menyebut jembatan pencakar langit dengan kendaraan yang melintas seolah di atas awan ini baru luar biasa. Inilah jembatan Le Viaduc de Millau Bridge yang terletak di Selatan Perancis tepatnya di Millau, Midi Pyrénées.

Jembatan memiliki tinggi sekitar 343 meter dari permukaan tanah. Jika dibandingkan menara Eiffel  masih lebih tinggi sekitar 45 meter. Jumlah tiang 7 tower dengan sistem tension. Dirancang oleh Michel Virlogeux dan Norman Foster. Dibangun tahun  sejak 1975 dan baru diresmikan pada tanggal 14 December 2004. Jembatan ini pernah digunakan sebagai lokasi film “Mr.Bean ’s Holiday”.

viaduc-millau-aveyron-eiffage Read the rest of this entry »

Dec1st

TAMAN RT : “MANTEB TENAN..!”

Dari segi desain taman ini biasa saja. Hanya terdiri dari ruang duduk dengan dua gazebo berbahan bambu dan atap klaras, kursi-kursi taman yang diletakkan di atas permukaan lahan dilapis batuan seluas 6×6 meter, kebun tanaman buah-buahan tropis dan lintasan jogging 60 meter.

Namun taman ini menjadi penting karena ternyata warga sangat antusias untuk membiayai dan mengerjakannya sendiri secara “gotong royong”: sebuah kegiatan khas “Indonesia?” yang tampak mulai hilang dalam keseharian hidup masyarakat kita.

Kini dengan sentuhan sangat sederhana: Taman telah menjadi tempat berbagi empati.

Karena taman, warga tidak tersekat-sekat dalam etnis, agama, harta dan jabatan. Taman telah memberi ruang yang nyaman bagi tumbuhnya kasih sayang. Anak-anak, remaja, orang tua, majikan dan sahaya lebur dalam ikatan yang saling memanusiakan. Eksistensi taman secara fisikal telah bertransformasi menjadi sebuah atmosfer ruang yang memberi pelayanan pendidikan yang hidup.

Sebelumnya lahan ini berupa alang-alang tak terawat dan menjadi sarang ular. Lahan ini, lahan mati yang dibiarkan terbuka karena dilintasi Saluran Listrik Utama Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

RT-nya punya inisiatif mengembangkan ini sebagai lahan yang memberi manfaat.  Dan Berhasil..Manteb tenan…!!


Nov27th

NONTON TARIAN MADURA

raziq hasan tradisi Read on

TARI TEPAK MADURA[klik gambar]

Malam Minggu, 21 November 2009 saya hadir dalam pentas seni dan budaya Madura di Jakarta. Pentas itu berlangsung berkat kerja keras beberapa warga Madura di Jakarta yang bernaung dalam Yayasan Rampak Naong bekerjasama dengan Dewan Kesenian Jakarta.

Tarian di atas: “Tari Tepak” dipentaskan malam itu.
Sebelumnya dijelaskan bahwa tarian ini baru pulang membawa kemenangan sebagai juara umum di Madrid Spanyol.

Saya terharu. Betapa dari tanah kelahiran kami yang tandus dan gersang lahir karya kesenian yang memesona dunia.

Read the rest of this entry »

Aug21st

ZAHA HADID, PEREMPUAN ARSITEK

slide karya zaha hadid

zaha18head

Zaha Hadid lahir di Bagdad Irak, 31 Oktober 1950. Arsitek yang secara konsisten menyatukan wilayah arsitektur dan desain perkotaan. Karyanya penuh dengan eksperimen ruang yang berkualitas, memperluas dan mengintensifkan lanskap yang ada untuk memenuhi visi estetika yang mencakup semua bidang desain, mulai dari skala kota sampai ke produk, interior dan furniture.

Read the rest of this entry »

Jul17th

RUMAH MAKAN DAN PAKAIAN DALAM

underware
Di kota Dijon/bourgogne/Burgundy kota tua penghasil anggur terbaik di dunia terletak  sekitar 3 jam dengan bus ke arah Selatan Paris Perancis. Ada sebuah restoran yang menjaja makanan khas Spanyol: Nasi paela, sejenis nasi kuning yang dicampur dengan beragam makanan laut: udang, cumi, kerang dan bekicot laut. Bagi kami, lidah Indonesia, makanan itu sangat Asia, kaya rempah, gurih dan lezat.

Namun sebagaimana tulisan saya sebelumnya, bahwa menjaja makanan memang tidak melulu perkara rasa. Tapi juga nuansa. Restoran itu sederhana. Langit-langit agak rendah dan hanya ada satu meja panjang dan empat meja segi empat kecil cukup untuk empat orang. Namun suasana yang ditampilkan sangat tidak lazim, keluar dari paras teoritik dan tak dapat kami jangkau pikiran apa di balik kreativitas itu. Bagi benak kami, Indonesia dan budaya Timur, tampak tidak santun. Dengan cara yang sangat ekstrem underware bekas pakai-beberapa diantaranya sobek-sobek- digantung di seutas tali seperti sedang dijemur melintang tepat di atas meja makan tempat kami duduk.

Read the rest of this entry »

Jul10th

SURAU DALAM RUMAH KELUARGA MADURA

raziq hasan ARSITEKTUR, ISLAM, KRITIK Read on

surau
Kalau orang Madura disebut sebagai muslim yang kolot, taat, fanatik dan selalu menempatkan kesenian atau seluruh perangkat kebudayaan yang bercirikan Islam sebagai yang tertinggi, sebagaimana banyak ditulis oleh para sosiolog, antropolog maupun etnolog Madura sebutlah John Smith, Anke Neihof, Roy Jordaan, Ellen Town Bousma, Helena Bouvier atau Kuntowijoyo.

Tentu bukan hanya karena hasrat masyarakatnya yang menggelegak untuk segera melunaskan ibadah haji dan kemudian merasa alim dan jeri dari tingkah dosa dengan tambahan gelar Haji di depan namanya. Sekalipun untuk itu mereka rela menjual rumah, tanah, kendaraan atau apapun harta yang dimilikinya sampai tak ada lagi yang tersisa. Sehingga banyak para materialist meremehkan mereka sebagai orang yang tidak rasional dan memutus harapan masa depan.

Read the rest of this entry »

Jul3rd

ARSITEK DAN RUMAH MAKAN

sclupture

Dua puluh menit keluar dari tol Cileunyi Bandung arah Tasikmalaya. Seusai menuruni jalan terjal menikung Nagreg. Kami putuskan berhenti untuk makan siang dan sholat dhuhur di tempat yang tak kami rencanakan sebelumnya. Di sebelah kiri jalan sebuah tengara berupa sclupture stroberi yang menjulang setinggi bangunan rumah makan khas Sunda menuntun minat kami untuk istirahat sejenak. Sclupture itu memesona kami untuk sekadar memenuhi rasa ingin tahu apa kaitan stroberi dengan rumah makan itu. Dugaan kami semula pasti semua makanan yang dijajakan diolah dengan bahan dasar buah stoberi. Atau didalamnya terdapat hamparan kebun stroberi dan di tengahnya pengunjung bisa makan sambil menikmati keindahannya atau boleh juga memetik dan langsung mencicipinya.

Pelajaran pertama bagi arsitek dan pengelola rumah makan: Betapa rasa keingintahuan telah mengalahkan rasa lapar yang sesungguhnya. Maka buatlah petanda yang unik dan tematik. Biarkan orang penasaran dan tergoda. Bukan melalui rasa tapi melalui penglihatannya. Read the rest of this entry »

Jul3rd

ARSITEKTUR DAN KENISCAYAAN KRITIK

raziq hasan ARSITEKTUR, KRITIK Read on
Jun28th

AL-QURAN:TENTANG SENI ARSITEKTUR

raziq hasan ARSITEKTUR, ISLAM, TEORI Read on

Cordova
Allah dalam Islam adalah wujud transenden yang tak ada pandangan dapat melihatnya. Ia berada di atas segala perbandingan. Tidak ada sesuatu seperti Dia. Ia ada di luar jangkauan penjelasan apapun, dan tidak dapat direpresentasikan melalui penggambaran. Allah secara unik tidak dapat dikenai pertanyaan tentang siapa, bagaimana, dimana dan kapan? Kecuali pernyataan tentang ke-Esa-an dan transendensi-Nya yang dikenal dengan istilah Tauhid.

Pun, dalam al-Qur’an tidak pernah menyertakan representasi Allah melalui perangkat inderawi, baik dalam bentuk manusia, binatang maupun simbol figural lainnya.

Read the rest of this entry »

Jun10th

KAMPUNG BADUY: SUKU TERTINGGAL [?]

raziq hasan ARSITEKTUR, KRITIK Read on


Sejenak memasuki kampung suku Baduy, Kanekes Banten. Setelah empat jam membiarkan kaki berkelahi dengan keletihan. Sejuk dan aura ketenteraman segera terasa. Hijau daun mengatapi langit terik. Nyanyian alam meluruhkan pekak telinga yang mengerak didesak deru kendaraan dari Jakarta. Jalan setapak meliuk mengitari bukit yang makin menanjak. Di tepinya rumput dan semak liar membentuk garis-garis alami menandai arah jalan bagai lukisan dari langit. Di pinggir sana, bening sungai deras bersama ikan-ikan yang bebas di balik batu-batu berlumut. Harum cemara silih berganti bersama sirih hutan mengurai oksigen mengisi penuh rongga dada.
Read the rest of this entry »

May29th

ARSITEKTUR MINIMALIS

Glass House oleh Mies Van de Roche

Glass House oleh Mies Van de Roche

Istilah minimalis sebagai satu konsep atau gaya dalam rancangan rumah tinggal tengah marak digunakan di masyarakat kita, khususnya sejak sekitar tahun 1990-an. Sekalipun konsep dasar minimalis ini telah muncul akibat revolsi industri dan kebangkitan paham modernisme dalam sejarah arsitektur dan berkembang sejak tahun 1920-an setelah kelahiran gaya arsitektur International Style yang mengusung tema functionalism (fungsinal), clarity (kejelasan) dan simplicity (kesederhanaan). Satu gerakan penolakan terhadap peniruan dan pengulangan bentuk-bentuk lama serta penggunaan ornamentasi masa klasik yang dipandang berlebihan, non struktural dan sekadar tambahan yang sebenarnya tidak memberi makna apa-apa dalam arsitektur. Di lain pihak menyuarakan kenyataan kemajuan teknologi Read the rest of this entry »

Jul9th

DESAIN KOMUNIKATIF

Desain rumah tinggal dengan freehand (tangan bebas)

Desain rumah tinggal dengan freehand (tangan bebas)

Gambar desain rumah tinggal dengan bantuan komputer

Gambar desain rumah tinggal dengan bantuan komputer

Komunikasi dalam arsitektur merupakan kebutuhan yang sangat mendasar bagi arsitek. Khususnya komunikasi gambar. Hanya dengan gambar, imaginasi antara perancang dan pengguna jasa dapat dipertemukan.

Bagi sebagian orang dengan adanya komputer, seorang mahasiswa arsitek tidak perlu lagi diajar dengan gambar sketsa tangan (freehand). Dengan komputer kita bisa menjelaskan dengan baik apa yang kita angankan kepada pengguna. Massa, dimensi, warna, tekstur dan cahaya terpadu secara serentak dalam satu sajian yang menarik. Sangat realistik. Dan tidak butuh waktu lama untuk menyajikan ini semua. Namun sebagaian yang lain tetap beranggapan bahwa kemampuan menggambar tangan bebas masih dibutuhkan. Karena kepekaan rasa keindahan, spontanitas dan karakteristik estetik seseorang tergambarkan dalam setiap detail garisnya.

Read the rest of this entry »

Recently

Recent Comments

Your Title

  • Your content


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.