jump to navigation

Perjalanan ke Alsace December 12, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : My Story , 4comments
Aku bersama mahasiswa asing lainnya yang mendapatkan beasiswa dari CROUS-CNOUS, dimana kami sedang melanjutkan pendidikan di kota Dijon melakukan perjalanan ke Alsace.
Belum juga posting tentang kunjunganku ke Alsace, tadi siang (11 Desember 2008) aku menerima email yang berbunyi sebagai berikut :

Sujet : URGENT Séjour culturel à PARIS Bonjour Purnawarnan, Le CNOUS de PARIS organise un séjour culturel à PARIS du 27 décembre au 2janvier 2009 (voir courriers joints) Je vous serais reconnaissante de bien vouloir m'indiquer dans la journée et avant 15 H cet après-midi, si ce sejour peut vous intéresser. Tout est pris en charge (transports, hébergement,repas) Bien cordialement

Hmm … jalan-jalan lagi lagi, gratis dan selama 7 hari semua di tanggung. Udah gitu tahun baru di Paris, moment yang langkah. Karena harus jawab segera jadi aku ikut mendaftar langsung … makasih madame.

Balik kembali kecerita tentang perjalan bersama ke Alsace tanggal 4 Desember 2008, sebenarnya tujuannya adalah memperkenalkan kepada kami budaya menjelang natal di Perancis pada umumnya. Biar lebih ada sejarahkan, pertama kali tujuan adalah Le château du Haut-Koenigsbourg dalam Indonesia artinya Istana Haut-Koenigsbourg.

Perjalanan di tempuh selama 4 jam dengan Bus, dim ana berangkat dari Dijon jam 6.30. Selama perjalanan aku lebih banyak tidur, untuk gantiin semalam ngak tidur dan juga mempersiapkan tenaga untuk kunjungan yang nantinya sampai Dijon j am 23.00.


Dari seorang guide yang mengantarkan kami ke seti ap ruangan dan menjelaskan dari ruangan, meja, senjata dan lainnya. Istana ini sebe narnya merupakan bagian dan milik Jerman. Bersama teman-teman dari Algeri dan Rusia kami saling gantian foto.
Yang menarik saat mengunjungi gudang senjata, te rnyata senjatanya masih asli. Entah sudah habis, atau di simpan disuatu tempat. Saat melihat senjata berbentuk senapan, kira2 panjangnya ada sekita 2 - 3 meter. Langsung aja ingat pembicaraan dengan Ruddy JS saat dia menggunjungi salah satu Istana di Skotland, katanya Pedangnya b erat banget …. gimana bawanya ya ?

Setelah waktu yang diberikan adalah 1.30 untuk mengikuti dan mengelilingi di Istana tersebut, perjalan selanjutnya adalah makan siang menuju kota yang sangat asli bangunannya. Le village de Riquewihr merupakan nama kota tersebut. Waktu yang diberikan cukup banyak, 2 jam . Bersama mahasiswa Algeri dan Rusia aku mencoba mengelilingi Centre Ville yang hanya sebesar area Margo City.
Setelah mengelilingi kota tersebut dan karena waktu yang diberikan cukup banyak, setelah makan kami hanya duduk melihat para turis atau penduduk lokal yang sedang belanja untuk keperluan natal.


Perjalanan selanjutnya kota Kayserberg yang lebih dikenal Marché de noël de Kayserberg. Alsace merupakan kota yang sangat terkenal dengan pasar natalnya. Kalo di Indonesia saat menjelang lebaran muncul pasar kaget, di Perancis setiap kota mempunyai pasar kaget saat menyelang natal. Setelah melihat apa saja di pasar tersebut, kami ber-6 mengunjungi Istana yang terlihat tidak berbentuk. Yang ada hanya menara sebagai pengintai di salah satu sudutnya. Sisa bangunannya sudah rata dengan tanah. Mungkin Istana tersebut runtuh saat perang, karena tidak ada lagi bekas bangunannya kecuali menara.

Jam 18.30 waktu janjian untuk kumpul kembali di Bus untuk kembali ke Dijon. Dalam perjalanan ke Dijon … kami mampir di restoran untuk makan malam. Perjalanan yang mengyasikkan, selain ada bisa mengenal Perancis, bisa nambah teman dari negara lain.

Tunggu berita perjalananku dengan CROUS dan mahasiswa asing lainnya ke Paris dan melewatkan tahun baru disana.

Foire internationale et gastronomique de Dijon 2008 November 10, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : Foire , add a comment

Di Jakarta, Foire (bahasa Indonesia : pekan raya) sering dirayakan setiap tahun yang disebut Pekan Raya Jakarta.

Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Walaupun dinamai “pekan“, biasanya berlangsung selama satu bulan penuh dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli untuk memperingati hari jadi kota Jakarta.

PRJ pertama diadakan pada tahun 1968. Sampai saat ini (2006), setiap tahun penyelenggaraannya tidak pernah terputus. Dari 1968 sampai 1991 PRJ berlangsung di Taman Monumen Nasional.

Idenya muncul atau digagas pertama kali oleh Pemerintah DKI yang kala itu dipimpin oleh Gubernur Ali Sadikin atau yang lebih dikenal oleh Bang Ali pada tahun 1967. Gagasan atau ide ini, karena Pemerintah DKI waktu itu ingin membuat suatu pameran besar yang terpusat dan berlangsung dalam waktu yang lama.

Pemerintah DKI waktu itu juga ingin menyatukan berbagai “pasar malam” yang ketika itu masih menyebar di sejumlah wilayah Jakarta . Pasar Malam Gambir yang tiap tahun berlangsung di bekas Lapangan Ikada (kini kawasan Monas), juga merupakan inspirasi dari Pameran yang diklaim sebagai “Pameran Terbesar” ini.

sumber : wikipedia

Bagaimana Foire International et Gastronomique di Kota-kota negara Perancis ? Berbeda dengan Indonesia Foire hanya dilaksanakan di Jakarta , selain diikuti oleh perusahaan automotif, komputer dan berbagai usaha yang bergerak dibidang Teknologi Informasi, juga diikuti seluruh provinsi yang memperkenalkan budaya, daerah wisata dan berbagai kuliner.

Kenapa saya katakan berbeda dengan Foire di Perancis?

Setiap kota menyelengarakan Foire tersebut. Sebutlah salah satunya kota Paris (info lengkap disini) atau klik disini untuk mencari Foire di kota lain. Penyelengaraan cukup sepekan alias seminggu. Disetiap Foire yang dilaksanakan di Dijon untuk tahun ini negara Thailand menjadi icon atau negara yang memperkenalkan budaya, wisata, kuliner dan lain sebagainya yang berbau Thailand. info tentang foire di dijon klik ini

Rendez-vous l’Inscription October 30, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : My Story, Université de Bourgogne , 3comments
Hari ini kota Dijon lebih terasa dingin. Bahkan suhu di pagi hari sudah mencapai 0°C, …. hal ini pertama kali aku alami. Karena pagi jam 9.30 sudah harus janjian ketemu M. Aries di Maison de l’université bagian Bureau de Doctorat untuk mendaftarkan sebagai mahasisa di Université de Bourgogne setalah kemarin (28 Oktober 2008) menunggu dan mendapatkan kabar Dispense de Master selanjutnya menghubungi ke Mme. COMMARET untuk Inscription. Dengan perjuangan jalan kaki bo’ nyampe kesana, terpaksa harus nungguin, karena M. Aries belum datang. Sebenarnya jaraknya ngak jauh, kalo dari Pavillon sekitar 400 meter. Niatnya sih naik bis, tapi datangnya 5 menit sekali …. mendingan jalan. Itung-itung bisa manasin badan yang sudah terasa dingin.

Setelah nungguin 10 menit, M. Aries nongol juga dan ngasih tau Rendez-vous baru bisa besok. Wah pas hari terakhir pendaftaran lagi. Karena penasaran, aku terpaksa mencoba cek e-mail dulu mungkin aku hari ini bisa ketemu beliau. Karena laptop ngak dibawa, dan males balik jadi ke Bureau nya Mme. Dian et Mme. Ira di Jurusan Psikologi yang hanya bersebelahan dengan Buraue de Doctorat.
E-mail nya ternyata belum di bales juga, terpaksa harus kirim email lagi buat Rendez-vous lagi. Kenapa mesti render-vous alias janjian ? Mme. Ira yang sudah rendez-vous, tapi kecepatan 5 menit ngak diterima. Apalagi yang belum rendez-vous.
Setelah email, aku balik ke Pavillon bareng M. Aries … ngambil Vaio-ku dan langsung ke Bureau ku.
Cek email pertama kali pastinya ……. ada balasan dari Ecole E2S yang bunyi seperti ini,

Bonjour
RDV vendredi 31 octobre 2008 à 15 h 00 ?
bonne journée

Hmmm, besok ? Hari terakhir pendaftaran pula. Gpp deh, yang penting sudah dapat kepastian walahpun masih was-was juga apakah diterima atau tidak. Jadi nungguin aja ampe besok jam 15.00 kepastiannya. Doain ya semoga urusan besok selesai sesuai harapan, …. amien.

Alamat :
Maison de l’Université
Esplanade Erasme - BP 27877
21078 DIJON cedex
Tél. 03 80 39 51 99
Télécopie: 03 80 39 51 85

JAVA: xcb_xlib.c:52: xcb_xlib_unlock: Assertion `c->xlib.lock’ failed Installing Java in SUSE 10.3 October 4, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : JAVA, Linux , 3comments

If you’re encountering this problem ( Linux ),

xcb_xlib_unlock: Assertion ‘c->xlib.lock’ failed

add this line in your /etc/profile :
export LIBXCB_ALLOW_SLOPPY_LOCK=1

It’s a java6 bug.

______________________________________________________________________________

Si en lançant une appli java vous obtenez cette erreur ( sous Linux ),

xcb_xlib_unlock: Assertion ‘c->xlib.lock’ failed

ajouter ceci dans /etc/profile :
export LIBXCB_ALLOW_SLOPPY_LOCK=1

c’est un bug de java6

______________________________________________________________________________

Jika Anda mengalami masalah untuk aplikasi Java ( Linux ),

xcb_xlib_unlock: Assertion ‘c->xlib.lock’ failed

tambahkan baris dibawah ini pada /etc/profile :
export LIBXCB_ALLOW_SLOPPY_LOCK=1

ini adalah bug dari java6

Maaf lahir Bathin September 26, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : Lebaran, Religion , 2comments

Tak terasa lebaran tahun ini akan berakhir dalam hitungan hari.
Tak terasa hampir sebulan aku meninggalkan Tanah Air untuk melanjutkan pendidikan di Negeri Orang.
Ada yang terasa hilang pada Lebaran Tahun ini, …. pastinya aku tidak dapat berkumpul bersama keluarga menyambut hari kemenangan
Ada yang terasa hilang pada Lebaran Tahun ini, …. pastinya aku tidak bisa sembah sujud pada Ayahku secara langsung untuk memohon maaf.

Hari ini, aku merenung … ternyata ramadhan tahun ini banyak catatan yang sangat berkesan.
Hari ini, aku merenung … ternyata aku masih diberi kesempatan untuk menikmati hidup di negeri orang.
Dan….
Dari lubuh hati yang paling dalam saya secara pribadi dan mewakili teman-teman dari Dijon dan le Creusot, yaitu
1. Sunny Arief S.
2. Debyo Saptono
3. Elfitrin Syahrul
4. Aries Muslim
5. Brahmantyo Heruseto
6. Rudy TY
7. Ira Puspitawati
8. Dian Kemala Putri
9. Tri Wahyu Retno Ningsih
10. Nur Yuliani
11. Lulu Chaerani M.
12. Ridha Iskandar
13. M. Iqbal (dari Le Creusot)
14. Wisnu (dari Le Creusot)
15. Vina (dari le creusot)
16. Dr. Nur Sultan S. (akan balik 28 September ke Jakarta)
17. Dr. Sri Poernomo Sari (akan balik 28 September ke Jakarta)

Et ….. la spécial dari Mami Le Creusot

mengucapkan;

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429 H
Taqobbalallahu Minna Wa Minkum
Minal Aidin Wal Faidzin
Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Berita untukku August 2, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : My Story , add a comment

Kangen juga ama blogku di Staff, dah Lama juga ngak nulis disini.
Harap maklum, sejak balik dari Galelobot (Akhir April 2008) di ITB-Bandung, Dilanjutkan KRI Regional dan Nasional (Mei - Juni 2008) di UI - Depok dan TecnoCorner 2008 (Akhir Juni 2008) di UGM - Yogya. Selain itu kegiatan sejak 9 Juni - 1 Agustus (senin-jumat) kudu bangun subuh untuk melangkah kaki ke Salemba sebelum jam 8 harus sampai. Sengaja berangkat pagi dengan KRL ekonomi Depok - Manggarai, karena keretanya masih bisa untuk “lari” sepanjang gerbong.

Buah kesabaran akhirnya datang juga, dari email yang kuterima pertama kali kemarin sore

Ok, S. received your documents and it is ok.
I will send all the papers to administration by the end of august because ……..(sorry tidak perlu dilanjutkan)

Satu langkah sudah beres, tinggal menunggu urusan administrasi untuk penyetaraanku.

Tadi pagi, YM-ku Online automatis. Eh ada E. yang lagi dikampung halaman dengan Status “Available”

Musa: ……….. Turut Berduka
E.: Terima Kasih
…………..
E. : oh ya.. aku udah ngomong sama Mme. SAUVADET dan udah di liatin berkas2 nya musa udah oke, …. aku bilang tinggal di montmuzard ajah biar deket labo

Tempat sudah dapat, so tinggal sebulan lagi bo…. cek,cek dan cek apa yang belum dan sudah beres………….

merci beaucoup pour S. et E.

bersambung…..

Nb : Sorry nama disamarkan tanpa maksud tertentu.

Chuunin-6 New Style June 8, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : My Story , 3comments

Setelah 3 Kali trial ke Maze di Balairung UI pada lomba Kontes Robot Cerdas Indonesia 2008, Ketua Tim Chuunin-6 terlihat kecewa karena pada Trial ke - 3 Chuunin-6 gagal berbelok karena tersangkut Cluster (Benda seperti polisi tidur dengan 2 gundukan berukuran 5 x 10 cm).

“Pak, kaki kiri Chuunin nyangkut, dan akhirnya beloknya tidak sempurna”, kata Anto dengan sedikit kecewa.
“Gpp….. kita perbaiki lagi, Insyallah kalo melihat hasil kita bisa lolos ke tingkat Nasional”, kata saya untuk meredam kekecewaan tim Chuunin-6.

Setelah beberapa percakapan dan melihat kembali hasil dari video di Handycam, kembali lagi Anto bertanya?

“Pak, kalo lolos ke Nasional bisa Ganti Motor biar lebih cepat ?”
Bisa, tapi sanggup diselesaikan dalam 2 minggu ?” balik saya tanyakan ke tim chuunin-6

“Kita rencana mau pake Motor DC yang sama dipakai oleh Rapid (robot yang ikut pada Galelobot 2008). Paling akan nambah dimensi robot aja”
Kalo mau, chuunin-6 jangan dibongkar. Mendingan kita bikin baru, andai gagal kita masih bisa pake yang lama. Komponen akan segera saya pesan“. Jawab saya, dan kembali kecerian muncul dari anggota tim Robot UG.

“Kapan komponen datang pak ?”
Segera, saya pesan sekarang (langsung sms pak Eddy di IE)”. Padahal belum konfirmasi pak Bambang, tapi saya yakin akan disetujui.

…..

Setelah menunggu sampai jam 11.00 malam (24 Mei 2008), akhirnya pengumuman pemenang, tak lama tim Chuunin-6 diinformasikan oleh Ketua Dewan Juri meraih juara 2. Sebagai informasi hanya 2 tim yang dapat memadamkan api pada Kategori Senior Berkaki dari Regional 2 wilayah Jawa Bagian Barat. Tim Robot dari Unikom Bandung yang meraih juara 1 dan tim robot dari Gunadarma meraih juara 2.

…..

Chuunin-6
Setelah menginformasikan niat merubah dan mempercepat jalannya chuunin-6 ke Pak Bambang Wahyudi (baca disini) …… Nah ini dia chuunin - 6 dengan model baru. Lumayan berantakan kabelnya ada dimana-mana. Hanya dalam waktu 7 Hari Chuunin - 6 Junior telah di “lahirkan”. Sekarang Anggota tim sementara “menjinakan” navigasi dan mencoba beberapa manuver baru. ….. Sorry video belum bisa di perlihatkan.

NB: Mohon doa dan dukungan buat tim Chuunin-6 yang akan kembali turun di Maze UI pada tingkat Nasional pada tanggal 14 - 15 Juni 2008.

Jakarta Punya Cerita akibat Hujan February 2, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : Genesis , add a comment

sumber : SUARA PEMBARUAN DAILY


Banjir Datang Lagi

Akibat hujan deras sejak Kamis (31/1) malam hingga Jumat (1/2) pagi, sebagian ruas jalan protokol di DKI Jakarta mengalami banjir akibat sistem drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Banjir yang melanda Jakarta membuat aktifitas warga lumpuh terutama transportasi dan fasilitas umum. Wartawan foto SP menyajikan banjir yang melumpuhkan Jakarta dalam bidikan foto berikut ini.

SP/Charles Ulag

Terowongan (under pass) Senen, Jakarta Pusat, tergenang banjir, mirip sungai.

(more…)

Rangking Universitas versi Webometrics Januari 2008 January 30, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : Webometrics , 2comments

Januari, 28 2008. Hari yang tunggu oleh beberapa Perguruan Tinggi dengan dikeluarkan suatu peringkat Perguruan Tinggi oleh Webometrics.
Di ruang kerja BAPSI - UG saat pagi dari jam 9 lewat 15 menit, ada Akbar yang sedang menantikan pengumuman tersebut.

Webometrics merupakan menentukan peringkat perguruan tinggi berdasar atas keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain dari masing-masing perguruan tinggi.
UGM dan ITB wakil universitas di Indonesia untuk menduduki Asia Top 100 versi Januari 2008, yang di release pada tanggal 29 Januari 2008.

Bagaimana dengan Gunadarma ?
Ternyata masuk dalam rangking 11 dari 17 perguruan tinggi se-Indonesia dan untuk kategori rangking dunia (World Ranking) Gunadarma mendapatkan rangking ke-3738 mengalahkan PENS-ITS, Binus,Unpar, Unpad dan Unila di Top 5000. (more…)

Tutorial VHDL (bagian 1) January 17, 2008

Posted by Purnawarman Musa in : FPGA, VHDL , 9comments

VHDL (VHSIC Hardware Description Language) merupakan perintah dengan code-code pada bahasa pemograman yang digunakan pada Field-Programmable Gate Arrays (FPGA) dan Integrated Circuits (IC) dengan salah satu contohnya adalah CPU untuk keperluan khusus: CPUs untuk special purposes.

Saya mendapatkan kesempatan belajar VHDL dan FPGA pada saat magang di PENS-ITS dari 1 - 28 Januari 2006. Kebetulan materi tersebut merupakan request saya sendiri selama di sana diluar tugas belajar yang harus saya magang. Jadi belajar sendiri selanjutnya dengan mencari beberapa literatur yang berhubungan.

Mungkin sudah mulai bosan dengan bahasa pemprograman Delphi, C, Assembler :)
(more…)

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.