Setting mailbox di HaPe Nokia E51

Beberapa tahun belakangan ini mengirim serta menerima email di peralatan genggam sudah merupakan kebutuhan daripada sekadar mode. Beberapa Vendor berlomba-lomba menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan kemudahan ber e-mail melalui peralatan genggam, antara lain Be
Be ( Blackberry ) dengan layanan full email services nya. namun bukan berarti vendor lain tidak dapat melakukan hal yang sama, Nokia dengan seri E71 dst nya pun dapat menjawab kebutuhan konsumen ber e-mail dengan mudah, konsumen cukup memasukkan alamat emailnya, user name serta password, lalu setting akan dilakukan oleh E71 secara otomatis. lalu bagaimana dengan handset nokia seri lain yang tidak mendukung pengaturan e-mail secara otomatis seperti yang saya miliki, seri E51 ???. Untuk handset yang tidak mendukung pengaturan otomatis, user harus memasukkan parameter setting e-mail secara manual.

berikut parameter yang harus di masukkan :

Yahoo

Go to mailbox setting & create new mailbox

INCOMING EMAIL

# user name

your user name

# password

your password

# incoming mail server

imap.n.mail.yahoo.com

# access point in use

your access point option

# mailbox name

yahoo

# mailbox type

IMAP4

# Security (Ports)

off

# Port

default

OUTGOING EMAIL

# my e-mail address

your email address

# user name

your user name

# password

your password

# outgoing mail server

smtp.mobile.mail.yahoo.com

# access point in use

your access point option

#  Security (Ports)

off

# Port

587

GMAIL

Go to mailbox setting & create new mailbox

INCOMING EMAIL

# user name

your user name

# password

your password

# incoming mail server

imap.gmail.com

# access point in use

your access point option

# mailbox name

gmail

# mailbox type

IMAP4

# Security (Ports)

SSL/TLS

# Port

default

OUTGOING EMAIL

# my e-mail address

your email address

# user name

your user name

# password

your password

# outgoing mail server

smtp.gmail.com

# access point in use

your access point option

#  Security (Ports)

SSL/TLS

# Port

default

DIY Digitalisasi Klise Film Berwarna

Suatu malam saat melihat foto-foto jadul semasa saya kecil, saya teringat dengan kamera film ayah yang sudah diwariskan kepada saya agar di rawat dengan baik (orang jawa biasanya mewariskan keris, tapi ayah saya mewariskan kamera filmnya), berhubung sekarang saya sudah mampu memiliki kamera Digital yang murah namun cukup baik kualitasnya jadilah sang kamera warisan hanya menempati Dry Box agar kondisinya terawat dan bebas dari debu serta jamur.

Pernah terfikir untuk menggunakan kamera tersebut namun pertimbangannya “mentok” pada biaya yang mungkin cukup besar untuk mencuci cetak hasil jepretan dibandingkan dengan hasil jepretan kamera digital yang langsung bisa di transfer ke laptop.

Saat ini sudah ada scaner yang dapat men-scan langsung klise negatif menjadi sebuah file gambar digital ke dalam komputer, seperti Canoscan 4200F seharga Rp. 1,1 Juta-an. akhirnya saya mencoba melakukan sebuah eksperimen untuk menjadikan klise negatif film berwarna menjadi sebuah file gambar digital.

Langkah awal menyiapkan peralatan yang akan digunakan antara lain :

1. Kamera digital ( Kebetulan saya menggunakan Fuji S9500 )

2. Tripod

3. Sebuah Lampu belajar

4. Klise negatif

Berikutnya melakukan setting TKP :

Letakkan klise film diatas lampu belajar yang berfungsi sebagai penerang Klise.
Lalu Atur kamera , mode Macro, Aperture  F/8 dan Shutter diatur ke 1/30 s .
Gunakan tripod seperti terlihat pada gambar agar tidak bergoyang pada saat mengambil gambar klise nya.
Sebagai catatan, jika menggunakan lampu atau cahaya yang mempunyai kekuatan lebih dari sekedar kekuatan lampu belajar akan didapat hasil yang lebih baik

Hasil Klise yang sudah diambil menggunakan kamera digital, lalu diolah menggunakan aplikasi pengolah citra, seperti photoshop atau Gimp.

Petunjuk Soal Ujian

Ujian Tengah Semester (UTS) sudah berlalu, tinggal menunggu saatnya melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS).  Pengalaman selama menjadi Mahasiswa yang melaksanakan Ujian kemudian menjadi Pengawas Ujian lalu menjadi Dosen yang membuat soal ujian , ada beberapa hal yang selalu menggelitik di dalam benak  antara lain petunjuk atau cara untuk mengerjakan soal.

1. untuk soal Pilihan Berganda, biasanya ada petunjuk yang tertulis  ” Pilihlah Jawaban yang menurut Saudara paling benar “. konsekuensinya apapun jawaban peserta ujian  harus diterima dan tidak boleh disalahkan, karena sesuai dengan petunjuknya bahwa yang di pilih adalah jawaban yang paling benar menurut peserta ujian .

2. Untuk soal Essay, biasanya soalnya tertulis ” Sebutkan …Bla…Bla…Bla “. menurut saya soal seperti ini membuat pengawas menjadi bekerja keras untuk mendengarkan semua jawaban yang di “sebutkan” oleh peserta ujian, lalu kemudian melaporkan jawaban peserta ujian kepada dosen pengampu mata kuliah   (kerja pengawas akhirnya menjadi pengawas, mendengar jawaban, dan melaporkan jawaban).

3. Petunjuk Pengerjaan Soal

a. Jawaban langsung di kerjakan di lembar Soal.

b.  …bla…bla

c.   …bla…bla

d. Jangan mencoret-coret Lembar soal

petunjuk pengerjaan yang inkonsisten, sehingga konsekuensinya jika lembar jawaban/soal bersih dari jawaban pun harus diterima sebagai jawaban tanpa di persalahkan.

Penghargaan patut diberikan kepada seluruh Panitia Ujian yang tetap bersemangat tinggi agar ujian dapat berlangsung baik dan tertib.

Perpanjang Pajak Motor di Samsat Depok

Tanggal 1 Desember 2009  saat akan mem-fotocopy sebuah dokumen, saya sempat melihat STNK motor yang ternyata pajaknya akan berakhir tanggal 19 Desember 2009.  lalu saya berfikir, mumpung belum dekat dengan batas waktunya (pengalaman terlambat membayar di Samsat Palembang, dendanya perhari Rp.20.000) dan juga ” uang untuk membayarnya ” masih ada ( maklum baru gajian kan ) lebih baik besok saya bayar saja langsung ke Samsat Depok.

Besoknya saya langsung meluncur dan tiba di Samsat Depok pukul 10.00 BBWI, wah sudah kesiangan nih antrian pembayar pajak sudah panjang bisa selesai jam berapa ? itulah yang terfikir dalam benak saya saat tiba. Di parkiran pun sudah ada yang menawarkan jasa untuk menguruskan, tapi tanpa fikir panjang saya langsung menuju ke tempat foto copy untuk meng-copy dokumen antara lain BPKB, KTP, dan STNK. lalu semua copy dokumen serta KTP dan STNK Asli dimasukkan kedalam sebuah map sedangkan BPKB Asli kita pegang.

Langkah berikutnya saya melangkahkan kaki ke loket pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua dan meletakkan map di antrian berkas yang disediakan, karena saya hanya memperpanjang pajak tahunan dan bukan mengganti plat nomer maka saya tidak perlu mengisi formulir atau menyertakan “gesekan pensil” nomer rangka dan nomer  mesin. pengisian formulir hanya dilakukan bila ada perubahan informasi dari pembayar pajak atau fisik kendaraan ( berbeda sekali dengan Samsat Palembang yang mengharuskan pengisian formulir walaupun data pembayar atau kendaraan tidak berubah , mungkin setiap wilayah mempunyai prosedur yang berbeda). setelah  meletakkan map dalam antrian berkas tinggal menunggu panggilan maksimum 120 menit untuk berkas kita yang sudah di proses, di depan loket tertulis jika lebih dari 120 menit berkas belum di proses kita boleh komplain.

Setelah menunggu kurang lebih satu jam ternyata berkas saya sudah di proses ( kejutan sekali, yang saya kira selesainya bisa di atas jam satu mengingat banyaknya pembayar pajak yang antri sebelum saya ). lalu saya datang ke loket untuk membayar pajak motornya, kemudian menunggu sekitar 5 menit untuk mengambil STNK asli yang sudah di cap dan tanda tangan pejabat  serta KTP asli.

untuk mengurus sendiri perpanjangan pajak motor di Samsat Depok, saya hanya mengeluarkan biaya :

Rp 3000 ( Foto copy dokumen + map , diluaran mungkin lebih murah )

Rp. 192.500 ( pajak Motor, motor Sport 125 CC, tahun 2007 )

plus Rp. 1000 (Uang parkir )

Total biaya yang saya keluarkan hanya Rp.196.500 serta selesai dalam waktu satu jam. ( berbeda dengan pengalaman saya membayar pajak di Samsat palembang  September 2009 lalu, karena kesalahan saya maka terkena denda karena terlambat 3 hari dari batas waktu,  tetapi untuk menyelesaikannya butuh waktu 2 hari ,sekali lagi ini hanya pengalaman saya lho mungkin tidak terjadi pada orang lain )

Salut untuk Samsat Depok, tetap pertahankan prestasi pelayanan publik yang seperti ini.

Fenomena Hipnotis

Akhir - akhir  ini barangkali sering kita saksikan di televisi show yang menggunakan kemampuan menghipnotis orang lain, terlebih lagi semakin heboh setelah peristiwa pengeboman Hotel JW.Marriott dan Ritz Carlton menggunakan Bom Bunuh Diri, dikaitkan bahwa pelaku nya di Hipnotis atau di Cuci otaknya terlebih dahulu agar tidak merasa takut dan merasa yakin dalam melakukan aksinya.

Jika memperhatikan tayangan di suatu televisi swasta, sang master akan menghipnotis ” korban ” lalu memberikan beberapa instruksi . Sebagai contoh sang master akan memberikan instruksi bahwa sebuah ikat pinggang biasa  dapat menjadi seekor ular berbisa yang berbahaya dalam pikiran sang korban hipnotis, gambaran yang dapat membuat sang korban bereaksi dalam berbagai macam cara, ada yang sangat ketakutan hingga menangis atau berusaha membunuh ular yang sebenarnya hanya sebuah ikat pinggang biasa.

Apa pelajaran menarik yang dapat kita tarik dari pertunjukan sang master hipnotis tersebut ? bahwa Apa yang kita lihat dan yakini belum tentu merupakan hakikat yang sebenarnya, saya lalu berfikir bahwa sang korban begitu percaya bahwa ikat pinggang biasa itu adalah seekor ular karena pikiran bawah sadar sang korban diperintahkan oleh sang master untuk mempercayai dan meyakini yang dilihatnya adalah seekor ular berbahaya. lalu kemana pikiran sadar sang korban ? ternyata sang master mempunyai teknik khusus untuk mem by pass pikiran sadar sang korban dan langsung memberikan instruksi kepada pikiran bawah sadar sang korban.

Dalam kehidupan sehari-hari tanpa disadari pun kita telah menghipnotis diri sendiri, hipnotis dapat berasal dari dalam diri maupun lingkungan eksternal ( seperti yang dilakukan sang master ). Perbuatan yang kita lakukan berulang kali disadari atau tidak dapat terprogram ke dalam alam bawah sadar kita dengan sendiri nya. Jika dilakukan dengan sadar ( Self Hypnosis ) tentunya akan membuat hidup kita menjadi mulia, seperti membiasakan diri berbuat amal kebaikan , melatih diri dengan perbuatan dan pikiran positif juga akan membuat pribadi yang mulia. nah yang jadi masalah apabila perbuatan buruk secara tidak sadar akibat faktor lingkungan eksternal kita ulangi setiap hari sehingga akan menjerumuskan diri kita. faktor lingkungan eksternal contohnya pola hidup yang konsumtif atau sekedar mengejar GAYA sehingga tanpa sadar mati-matian hutang tetangga atau kartu kredit yang overlimit akibat lingkungan sekitarnya

Beruntunglah Manusia di ciptakan sudah di lengkapi dengan akal pikiran ( sadar ), “manusia” dilahirkan belum tentu menjadi manusia lho ….untuk itu manusia perlu belajar dan berusaha menjadi manusia paripurna ( banyak yang wujudnya manusia tetapi kelakuan nya lebih rendah dari hewan ). Diawali dengan memberdayakan akal atau pikiran sadar yang kita punya sebagai penyaring ( filter ) terhadap berbagai pengaruh buruk yang berusaha masuk kedalam pikiran bawah sadar kita. Tugas akal sadar  sangatlah berat untuk menyaring pengaruh buruk dari pola pikir orang lain ( contohnya pola pikir yang rasisme yang membenci suku tertentu ) maupun kebiasaan dari lingkungan eksternal. karena itu sering-seringlah berlatih memberdayakan akal sadar kita antar lain dengan berfikir positif, melakukan sholat dengan khusyuk, dzikir ataupun meditasi yang mendalam, serta banyak cara lain yang pada dasarnya akan memberdayakan akal sadar kita sehingga mampu menangkal ,mencegah, serta memilah pengaruh dan pikiran buruk dari lingkungan eksternal (seperti perbuatan sang master hipnotis diatas).

Sabda Rasulullah SAW: “Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggungjawaban”. minimal kita menjadi pemimpin untuk diri kita pribadi , dan kepemimpinan itu akan di pertanggungjawabkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pengalaman Saya Unlocking HaPe Hepi ( Haier C2000 )

Saya menggunakan produk Hepi dari mobile 8 sejak Desember 2007 hingga saat ini, dan untuk urusan pulsanya yang sangat murah wow, hemat sekali. Apalagi sekarang sudah migrasi menjadi Fren Duo…hmm Jadi mudah bepergian keluar kota dengan biaya telpon  murah ( lho kok malah Iklan….saya cuma menceritakan pengalaman saja ) .Untuk satu kali isi ulang, yang habis hanya masa aktifnya sementara pulsanya ya berkurang sedikit ( karena telpon ke sesama hepi atau fren juga gratis ).

Setelah sekian lama menggunakan hape Hepi, saya iseng - iseng googling di internet tentang hape ini….hasilnya hape ini ternyata sangat mudah di unlock ( baca: di jebol) agar nantinya dapat digunakan dengan kartu cdma lain seperti esia, fleksi selain fren dan hepi yang sudah di bundling sebagai paket penjualan.

Perburuan dimulai dengan mencari referensi tata cara unlock yang sangat banyak di internet , maklumlah saya masih newbie dalam hal jebol menjebol hape.

akhirnya didapat kesimpulan bahwa :

  1. Hape Hepi ini dapat di unlock dengan mudah
  2. Dapat juga di isi nada dering sesuai keinginan kita dalam format MIDI ( maklum 15 Ringtone bawaannya jadul abis ).

Sebelumnya perlu saya ingatkan bahwa melakukan unlock dapat mengakibatkan

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan hal tersebut :

  1. Kabel Data Mini USB , biasa digunakan untuk kabel kamera digital atau card reader
  2. Software Unlock ( DloaderLite)
  3. Software original ( ROM ) hape Hepi ( C2000 Original Indonesia)
  4. Software Pengisi Ringtone ( QPST )
  5. Software Driver USB Hepi ( Haier C2000 )

Note : Semua Software diatas banyak tersedia di Internet (Link atau Software nya bisa PM ke saya )

Nah setelah Peralatan Tempur lengkap, mulailah saya melakukan Unlock Step by step

Pertama koneksikan Hape, akan ditanyakan driver USB nya lalu install Driver USB.

Untuk step pertama ini kalo sukses minimal Hepi kita sudah bisa menjadi Modem CDMA untuk internet (kalo fren tarifnya Rp.1 /Kb , yang lain refer ke operatornya).

link :

http://gadjah.net/2009/05/04/c2000-install-driver-usb-dan-modem-haier-c2000/

Kedua jika Hepi sudah dikenali sistem ( terhubung di Port XXX , berbeda di tiap komputer ), jalankan software unlocknya, ikuti proses dan…jika sukses ( kurang lebih memakan waktu sekitar 15 Menit ) maka Hepi anda bisa di isi kartu lain selain fren atau hepi ( Untuk pihak tertentu sebelumnya saya minta maaf, karena tidak ada maksud tertentu dalam melakukan hal ini selain sebagai pengalaman dan pengetahuan saja, serta tentunya saya masih setia menggunakan fren karena murahnya itu lho….makanya jangan dimahalin ya, bisa membuat saya berpaling ke CDMA lain) .

Thx’s To Forum djawir

Link :

http://go2alam.wordpress.com/2009/05/16/unlock-haier-c2000-si-hepi-fren/

Link Untuk restore jika terjadi kegagalan unlocking :

http://forum.djawir.com/other-cdma-phone-19/haier-c2000-unlock-original-file-indonesia-free-26340/

Ketiga Untuk merubah Ringtone Standar yang JADUL abis, Jalankan Program Pengisi Ringtone ( ikuti langkah-langkahnya, gampang kok ) lalu masukkan Ringtone yang kita inginkan ( format filenya MIDI, lagu terbaru dapat di unduh gratis dari internet ).Sebelumnya file Midi harus di “Rename”  ke nama file yang dapat dibaca oleh Haier C2000 seperti berikut :

Daftar Nama File Ringtone:

  1. Music1 -> music1.mid
  2. Music2 -> music3.mid
  3. Music3 -> music5.mid
  4. Music4 -> music6.mid
  5. Music5 -> music7.mid
  6. Music6 -> music8.mid
  7. Music7 -> music9.mid
  8. Music8 -> music11.mid
  9. Music9 -> music12.mid
  10. Music10 -> music13.mid
  11. Music11 -> music14.mid
  12. Music12 -> music15.mid
  13. Music13 -> music16.mid
  14. Music14 -> music17.mid
  15. Music15 -> music18.mid

Daftar Nama File Messagetone:

  1. Ring1 -> Message01.mid
  2. Ring2 -> Message02.mid
  3. Ring3 -> Message03.mid
  4. Ring4 -> Message04.mid
  5. Ring5 -> Message05.mid

dan dijamin jika ada telpon atau sms masuk hepi anda akan bernyanyi dengan nada yang berbeda dari hepi rekan anda di sebelah.

Thank’s To Gadjah.net ,

Link :

http://gadjah.net/2009/05/05/c2000-ganti-ringtone-haier-c2000/

Note : khusus jika menggunakan kartu fren ada pengecualian, hepi akan selalu berdering dengan tone standar walaupun pilihan tone telah kita ubah. Caranya ya dengan menimpa tone standar yang selalu dijadikan referensi kartu fren ( music11.mid ).

Sekarang Hape Hepi Saya agak berbeda sedikit dari temen-temen yang lain, minimal ga gampang ketuker lah. untuk informasi lebih lanjut dapat PM ke saya.

Layanan Push Mail Gratis…

Layanan Push Mail di Indonesia tergolong Mahal ( untuk ukuran pegawai yang berpenghasilan “PAS” )., belum lagi jika harus membeli handheld proprietary yang harganya selangit, misalnya layanan BB dengan handheldnya yang harganya juga selangit.

Untuk pegawai yang mempunyai budget “PAS” bukan berarti tidak dapat menikmati layanan push Mail.
ada banyak alternatif untuk menikmati layanan  antara lain dengan layanan FREE PUSHMAIL, tanpa harus juga membeli handheldnya yang mahal.

berikut tips agar dapat menikmati layanan tersebut :

Langkah Pertama : kenali handheld anda Baik Sistem operasi ( Tipe dan versi ), Dukungan Operator yang digunakan, maupun apakah handheld memiliki dukungan terhadap email.

Langkah Kedua : Download aplikasi email client yang sesuai dengan Handheld anda, lalu lakukan instalasi. Dapat di download pada situs berikut ini antara lain :

http://email.nokia.com

http://www.emoze.com

http://community.seven.com/main.php

http://www.mail2web.com/

etc.

Langkah Ketiga : Buat akun , lalu dafatarkan email yang anda miliki di situs tersebut, fungsinya untuk meneruskan email yang masuk , ke handheld milik kita. ( mirip banget kan dengan BB ).

Langkah ke Empat : Pastikan Packet data ( GPRS ) pada handheld sudah berfungsi dengan baik.

Langkah Kelima : menikmati layanan push mail gratis, tetapi packet data tetap di charge, walaupun tidak semahal layanan BB.

sebagai contoh :

langkah 1 : handheld yang saya gunakan Nokia 5800, OS Symbian S60.v5, operator telkomsel-simpati prabayar
dengan GPRS yang sudah diaktifkan ( untuk mengaktifkan ,Ketik : GPRS[spasi]nomor ICCID (Integrated Circuit Card Identification) di belakang sim card simpati anda
Contoh : GPRS 6210001234567890 ketik “GPRS” kirim sms ke 6616, lalu ikuti petunjuk. Untuk operator lain dapat merujuk ke situs operator nya ).

langkah 2 : masuk ke situs http://email.nokia.com, download aplikasi nokia messaging untuk symbian s60.v5 ( sesuaikan dengan versi OS handheld anda ), atau dapat juga dengan memilih tipe handheld yang ada di dalam situs lalu lakukan instalasi kedalam handheld sesuai petunjuk.

langkah 3 : membuat akun dan mendaftarkan email yang saya miliki.

langkah 4 dan 5 : GPRS OK, kemudian mengaktifkan aplikasi email client nokia messaging, dan menunggu saat-saat dimana Nokia 5800 saya berkata ” You have new mail waiting …..”

ps. untuk simpati tarif gprs nya biar murah lakukan sebagai berikut :
Kirim SMS: Flash<spasi>On<spasi>harga paket ke 3636
Contoh: Flash On 100000 atau Flash On 100k kirim ke 3636

Paket Volume Aktif
Rp.5000 8 MB 7 Hari
Rp.20000 30 MB 30 Hari
Rp.50000 100MB 30 Hari
Rp.100000 300MB 30 Hari
Excess usage: Rp.1/kb, Harga sudah termasuk PPn

Moving

Manusia dengan kelengkapan bentuk tubuh dan panca indera, di persiapkan sebagai MOVING CREATURE, makhluk yang selalu bergerak.

Bergerak disini didasarkan atas input yang kita peroleh, kita proses sehingga timbul reaksi apa yang harus kita lakukan sebagai respon terhadap input.

Untuk memenuhi kebutuhan fisik dan kebutuhan rohani selalu dilakukan dengan bergerak. Bergerak pun memberikan tanda bahwa kita masih hidup di dunia ini.

Dalam Dunia Persilatan, pendekar harus selalu bergerak untuk menyerang atau menghindar, bayangkan jika sang pendekar hanya berdiam diri dan menerima pukulan

Dalam dunia kerja, terlalu banyak diam pasti-nya menjadikan diri kita sebagai sasaran kemarahan atasan.

Sebagai Pendidik terlalu banyak diam dan tidak bergerak untuk meng-update pengetahuan kita, tentu akan sangat jauh tertinggal dengan mahasiswa dalam hal pengetahuan.

Jika kita tidak mau bergerak setiap saat….mungkin saatnya untuk kembali telah tiba

Marilah kita membiasakan diri untuk selalu bergerak ke arah yang lebih baik , dalam mencapai tujuan dan cita - cita yang kita harapkan di dalam kehidupan Dunia atau pun Akhirat

Tips dan Trik Fotografi

contoh foto dapat dilihat di http://www.flickr.com/photos/narendro

1. Paham dasar-dasar fotografi ( analog atau digital sebenarnya mempunyai dasar yang sama)

2. kenali kemampuan kamera yang di gunakan ( maksimumkan kemampuan kamera )
3. Memahami Trilogi
a. Speed , Kecepatan kamera membuka/menutup curtain ,
lambat berarti makin banyak cahaya yang masuk, cepat makin sedikit cahaya yang masuk
nilainya : B (Bulb) , 1 detik, 1/4 detik , …., sampai 1/4000 detik atau lebih

b. Aperture (Bukaan), besarnya diafragma yang dibuka
makin kecil angkanya makin besar bukaan diafragma, makin besar angkanya makin kecil bukaannya
nilainya : f/1.4 , f/2.8 , …, sampai f22 atau lebih

c. Iso (ASA), Kepekaan film/sensor menangkap cahaya, makin besar nilainya makin peka terhadap cahaya
nilainya : 80, 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400 atau lebih

Kombinasikan ketiga trilogi untuk mendapat hasil foto yang di inginkan, contoh dari beberapa foto berikut :

Api Unggun

data teknis ,
speed 1/1000
ISO 400
f/5.6

Untuk mendapat tekstur Api, diperlukan kecepatan(Speed) Tinggi (1/1000s) untuk menghentikan(Freeze) gerakan Api, akibatnya Cahaya yang masuk menjadi sedikit sehingga foto menjadi gelap, untuk mengkompensasinya naikkan ISO menjadi 400. Aperture (f/5.6) bukaan sedang juga diperlukan untuk menambah intensitas cahaya serta ketajaman ruang (Depth of field) dari tekstur Api

Depok flyover @ night

Morning Shine

Sunset

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.