Hari ini tepat satu tahun portal Kemenpora [http://www.kemenpora.go.id].  Tidak terasa, sudah setahun portal ini hidup. Di kantor pak Menteri tadi sore dilakukan acara potong kue, sayang karena kesibukan di kampus saya tidak bisa ikutan menghadiri, cukup setor laporan tahunan saja. Yang menarik dari portal ini dibandingkan situs pemerintah lainnya adalah frekuensi update berita. Portal Kemenora ini begitu serius ditangani dari sis konten-nya. Setiap hari minimal 10 berita yang dinaikkan, belum termasuk berita-berita background ataupun data statistik dan buku online.

Memang  model pengelolaan situs Kemenpora sedikit berbeda dengan situs pemerintah lainya. Update berita atau content merupakan hal yang diutamakan, ketimbang sekedar tampilan atau teknologi-teknologi yang menyertainya. Jadi situs bukan sekedar situs ada yang cukup menginformasikan struktur organisasi kementerian tersebut.  Semboyan melayani publik dengan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Benar-benar diterapkan, baik tim content maupun tim teknis harus selalu stand-by.

Tujuan utama dari Portal ini adalah memberikan informasi tentang kepemudaan dan keolahragaan baik di lingkungan Kemenpora ataupun di luar.  Untuk masalah content diserahkan kepada mereka yang ahlinya yaitu para wartawan dan redaktur yang memang sudah lama berkecimpung di dalam bidang jurnalistik.  Dalam operasinya, situs Portal ini bekerja seperti media online biasa, ada piket wartawan, ada redaksi dan ada juga dukungan teknis untuk beroperasinya sistem.

Pengembangan CMS dari Portal ini juga menarik karena didisain dan dibuat oleh anak-anak muda (sesuai dengan nafas Kemenpora), Mereka adalah tadinya mahasiswa saya (sekarang sudah lulus).  Ketika mengambil mata kuliah yang saya ajarkan, saya “cemplung“kan saja mengerjakan sistem portal yang baru ini.  Sebelum mengembangkan  CMS ini, beragam CMS (Drupal, Wordpress, dsb) serta berbagai Framework dipelajari oleh mereka.  Sehingga karena ada suatu fitur yang sangat khas sesuai dengan disain yang didiskusikan, akhirnya dikembangkan CMS sendiri.

CMS ini memang didisain untuk mudah dioperasikan oleh para wartawan, termasuk pada proses melihat tata letak akhir sebelum di-publish.  Selama setahun pengoperasian ini banyak pengalaman menarik yang banyak ditimba oleh saya maupun para pasukan.  Di samping portal Kemenpora akhirnya para pasukan itu juga mengembangkan dan mengelola portal-portal lainnya.   Banyak cerita menarik di dalam pengembangan dan pengoperasian portal Kemenpora, beberapa pengalaman telah dituliskan menjadi paper di konferensi.  Jadi metoda Action Research diterapkan di dalam pengembangan portal ini, bukan sekedar Project tapi juga riset.

Sekali lagi terima kasih semuanya, kepada Menteri Pemuda dan Olah Raga, Dr. Andi A. Mallarangeng yang telah memberikan kepercayaan, dan kesempatan serta kepada Universitas Gunadarma yang telah memberikan dukungan dan fasilitas selama  ini.

BTW, mahasiswa saya selanjutnya siap-siap saya cemplungin ke mana nih ? Siap-siap kurang tidur ya he he he he Ingat usia masih muda, jangan kebanyakan tidur.