jump to navigation

Lima Tanda Vital Kehidupan January 14, 2008

Posted by mohiqbal in : kisah telapak , trackback

Setelah saya membaca di republika hari ini (14/1/2008), terkait dengan sakitnya pak Harto, kembali saya seperti diingatkan kembali, bahwa ternyata secara fisik, kita hidup ini ditandai oleh bekerjanya 5 alat penting dalam tubuh kita, yaitu jantung, hati / ginjal, paru-paru, pencernaan dan otak.

Jantung sebagai pemompa darah yang berfungsi sebagai bus routing, yaitu media untuk menyalurkan darah yang berkesinambungan yang membawa sari-sari makanan dari bagian pencernaan sekaligus membawa kotoran-kotoran yang harus dibuang dari berbagai organ yang dilewatinya. Hati / ginjal adalah tempat penyaringan racun-racunnya (filterring) serta saluran pembuangannya. Paru-paru adalah sarana pengambilan unsur luar biasa bernama udara (sebagai interface storage) untuk dimasukkan ke dalam sistem peredaran darah itu, sebagai bahan bakar tambahan untuk fungsi-fungsi seluruh tubuh. Sedangkan pencernaan mulai dari mulut sampai bagian pembuangan, adalah tempat pengolahan (Power unit) bahan bakar utama yang menghasilkan berbagai sari-sari makanan untuk diedarkan ke seluruh bagian tubuh. dan jangan lupa, otak adalah sebagai pengaturnya (prosessor), sebagai alat sinkronisasi yang membuat kerja organ ini keseluruhan bekerja sebagaimana mestinya.

Nah, yang aku tekankan pada tulisan ini adalah satu pertanyaan untuk kita semua. Untuk mekanisasi otomatis yang terjadi dalam tubuh kita yang ditunjang oleh 5 tanda vital yang membuat kita ini bisa menjadi manusia yang berarti dalam kehidupan, apakah pernah kita syukuri ? ataukah justru malah elemen yang paling tidak kita perhatikan ?

Aku ingin mengajak kita semua melihat beberapa indikator perhatian kita atau tanda kebersyukuran kita kepada Allah terhadap anugerah 5 organ vital ini.

Yang pertama, otak. Sudahkah kita memeliharanya dengan baik dengan melatihnya dengan banyak membaca ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Atau justru malah mengisinya dengan konsep2 menyimpang dan dijejali dengan kemumetan, stress bahkan dirusak dengan narkoba ?

Yang kedua, paru-paru. Sudahkan kita memeliharanya dengan melancarkan jalan bernafas seperti cara bernafas waktu kita bayi dulu ? lalu memilih tempat-tempat yang berisi udara yang bersih atau justru malah kita masukkan asap rokok melulu ke dalamnya, sekaligus bagi-bagi untuk orang di sekitar kita?

Yang ketiga, jantung. Sudahkah kita menjaga kestabilan detakannya ? tidak memberatkan pompaannya dengan makanan berlemak yang memenuhi saluran darah ? ataukah justru malah sebaliknya ?
Yang keempat, pencernaan. Tidak lupakah bahwa kita dalam satu hari memerlukan beberapa jam untuk istirahat pada organ ini. Atau justru selalu kita isi tanpa henti dengan berbagai macam makanan ?

Yang kelima, hati / ginjal. Semoga kita juga tidak melupakan kelancaran filter alamiah ini dengan tidak menahan-nahan urin serta tidak memakan makanan-makanan yang menghasilkan racun yang tidak bisa ditoleransi ginjal

Kalau ternyata, gaya hidup kita selama ini tidak pernah memperhatikan fungsi-fungsi organ penting ini, itu tandanya kita belum bersyukur. Nah, bagi orang-orang yang tidak bersyukur, maka tunggulah efek-efek berbahaya yang akan menimpa, yang tentu saja mengancam keberlangsungan hidup.

Comments»

1. nita - 22 July 2009

yang lebih lengkap lagi dong….!!!

biyar aqu enak nyariknya okeh…..

2. nita - 22 July 2009

yang lebih lengkap lagi dong….!!!

biyar aqu enak nyariknya okeh…..

3. ardiansyah - 13 November 2009

yang lengkap yachhh

4. http://nursingbegin.com/vital-signs-atau-tanda-vital/ - 18 December 2009

Artikel yang bagus dan sangat inspiratif


*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.