Bamby’s Chronicles
The untold story of my life

April 30th, 2007

Main musik buat refreshing

Posted in Hobby by mkusuma

Udah lama juga ya nggak main alat musik. Terakhir main tahun 1988. Alat musik yang saya mainin adalah Tuba atau ada juga yang menyebutnya Contra Bass. Dari namanya udah bisa ketebak ukurannya doooong. :-) Yang pasti gede banget. Tapi Tuba ini sebetunya jenis alat yang kesekian yang pernah saya mainin.

Kalo belum pernah lihat Tuba, bentuknya kayak gambar dibawah ini. Cara memainkannya sambil dipeluk kalo untuk konser, atau di panggul kalo untuk marching.

010-m845big.jpg

Sebelumnya pernah main Baritone Saxophone dan Sousaphone. Ya begitulah, semuanya alat berat … hehehe … maklum yang mainin juga kelas berat. Kalo mainnya trumpet pasti lucu banget :-) Kalo Baritone Saxophone udah pasti bentuknya seperti saxophone lainnya. Nah kalo Sousaphone ini yang bentuknya unik. Kalo suka ngeliat korsik (korps musik) TNI, maka alat ini terlihat dibawa melingkar di badan oleh pemainnya dan bell-nya (corongnya) kayak belalai gajah menjulur ke atas.

barsax.jpgsousaphone.jpg

Koq bisa main alat-alat musik yang disebutin diatas? Ceritanya waktu SMA saya bergabung dengan marching band (MB) di SMA saya, namanya Gita Teladan Drum and Brass Corps. Marching band ini pada awalnya bernaung di SMA 3 Jakarta dan keanggotaannya hanya untuk siswa dan siswi SMA 3 Jakarta. Sekarang Gita Teladan sudah menjadi MB umum, sehingga keanggotaannya bersifat terbuka, tetapi dibatasi oleh usia. Kerennya lagi, MB ini udah pernah 2 kali berturut-turut jadi Juara Nasional ^_^. Nah, tahun 1988 saya terakhir main dengan alat Tuba.

Kebetulan tanggal 30 Juni 2007 ini, dengan didukung oleh Dewan Kesenian Jakarta, Gita Teladan mau ngadain acara Marching Band in Concert (MBiC) dalam rangka HUT Gita Teladan yang ke-25. Tempatnya di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki. Acara ini merupakan konser gabungan 5 MB di Jakarta, yaitu Korps Putri Tarakanita, Putri Santa Ursula Marching Brass, Madah Bahana Universitas Indonesia, Garuda Indonesia Flight Drum and Bugle Corps, dan tuan rumah Gita Teladan Drum and Brass Corps. Rencananya MB-MB ini akan berkolaborasi dengan para musisi profesional. Kolaborasi ini adalah yang pertama kalinya terjadi di Indonesia.

Terus, apa hubungan antara MBiC dengan main Tuba. Hehehe … ceritanya di acara ini akan ada permainan musik dari para pelatih MB-MB pengisi acara. Sekalian buat nostalgia. Maklum, semenjak jadi pelatih, udah jarang main alat musik :-) Ternyata lucu juga. Hari Minggu tanggal 29 April kemarin adalah latihan pertama “kaum jompo “ini. Karena udah tahunan nggak latihan, napas berat juga :-)) Tapi untung semangat masih membara. Jadi lagu pertama dari dua lagu yang direncanakan untuk dimainkan orang-orang tua ini udah selesai dipelajari dan udah dicoba dimainin. Hehehe … not bad at all. Maklum, soalnya kita di back-up oleh anak-anak Gita Teladan :-)) Jadi kalo ada not yang hilang nggak gitu ketahuan. Tapi dipanggung nantinya kita yang akan muncul didepan. Jadi, ya kalo ngaco mainnya pasti kedengeran :-) Tetep aja harus belajar keras … hehehe. Seru juga pengalaman latihan kemarin. Sekalian ajang kumpul-kumpul para “jompo MB” buat refreshing dan ngasah terus otak kanan kita. Pada nonton ya acara MBiC :-) Ciao.

You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0

11 comments

  1. ruddyjs says:

    Ngga main “saxophone” mas :) ? …

    April 30th, 2007 at 8:08 am

  2. mkusuma says:

    Nggak Rud, itu masa lalu :-) Lagipula kalo beli mahal banget alatnya. Ada yg mo ngasih nggak ya? :D

    April 30th, 2007 at 9:41 am

  3. ruddyjs says:

    Ngga mahal koq mas…. itu loh “saxophone” yang tombol nya cuma dua ..hehehe

    April 30th, 2007 at 12:45 pm

  4. avinanta says:

    Duile yang saxophonenya sekarang udah sering dimainin :P

    April 30th, 2007 at 5:54 pm

  5. bheta says:

    hallo boss.
    Sudah pernah liat film jepang “Swing Girls” blum?
    http://en.wikipedia.org/wiki/Swing_Girls

    Bisa di download di:
    http://silentregrets.com/jmovies/swing-girls.php

    Film tentang kelompok musik anak2 smu :)

    May 2nd, 2007 at 6:32 pm

  6. sari says:

    dlu gw jg prnh maen MB,gw dlu megang trumpet(T1,ma TCHORD),enak banget deh maen musik bareng ma temen2 gt.seru banget!!
    apa lg klo pas lomba display,wuih,gemetaran banget klo dah maen musik sambil diliat penonton yg ribuan.tp,itu semua gx sia-sia lho!!!
    MB gw ternyata dapet juara jg(juara 1 se-daerah,cz gw waktu tuh lomba kejurda)
    wuih,sumpah mang keren bgt!!
    tp syg,skrg gw dah gx ikt.
    gw nyesel bgt gx ikt lg!!!
    klo gw bleh berhrp,
    “gw pgn bgt maen lg bareng ma tmen2 gw”
    tu keinginan gw klo gw diksih kesmptn buat ikt lg!!

    thanks god!!

    September 6th, 2007 at 1:34 pm

  7. Maulana says:

    Halloo…kayaknya keren banget tuh corpsnya…boleh ga aku ikut gabung jadi anggota Gita Teladan…klo boleh kasih alamat lengkapnya dong…aku tinggal dibogor…
    oia aku juga dulu waktu SMU pernah ikut MB sekolah, pertama aku pegang Trumpet (T1) trus pindah ke flugell, Mellophone, dan akhirnya jadi majjorete, pas aku jadi majjorete aku pernah beberapa kali juara 1 tingkat nasional and se-kota Bogor…
    nah sekarang aku pengen nyobain maen Tuba…gimana ya rasanya…
    tolong kasih alamat and persyaratan jadi anggota Gita Teladan ke alamat email diatas ya…
    ditunggu…
    salam
    Maul “Bamby” Maulana

    November 1st, 2007 at 2:08 pm

  8. bla2 says:

    Yup… play music just for refreshing mind… better than just leason music…. cayo marching indonesia….. get your skill music…

    posted by : bla2 (http://idmarching.co.nr)

    April 18th, 2008 at 3:35 pm

  9. dina says:

    yaampun kak bemby..ttp bagus kali mainnya.dedengkot gtu..

    August 12th, 2008 at 8:22 pm

  10. Nira says:

    Dear Bamby,perkenalkan dulu, saya Nira, alumni PSUMB thn 1987 dan sekarang anggota POTA, secara anak saya (kelas 7) sekarang anggota PSUMB (kemaren itu jadi tukang ngangkat dan beresin flag-nya, tapi semangat betul. He..he..). Saya ingin mengucapkan salut dan terimakasih atas bimbingannya sehingga PSUMB bisa menjadi juara 1 divisi sekolah di GPMB 2008. Sumpah, keren abis!!!! Semua line keren, mulai dari horn line, percussion line sampe guard-nya. Sampaikan juga salam dan terimakasih saya kepada Andreas dan Ilham dan pelatih-pelatih yang lain. Beda banget deh dengan kami-kami dulu tahun 80-an. Bamby angkatan berapa di 3-nya? Mungkin waktu itu kita jadi lawan di GPMB 84 sampai 87. Okay, that’s all for now.

    January 8th, 2009 at 3:22 pm

  11. mkusuma says:

    Halo Nira, salam kenal. Tq bgt ya udah ngasih support buat PSUMB. Dari main sampe jadi POTA ya. Hebaaat .. hehehe. Hasil ini diperoleh sebagai reward atas kerja keras semua pihak. Hadiah ulang tahun buat Sekolah Santa Ursula yang berulang tahun ke-150. Saya dulu di SMA 3 masuk thn 85 seangkatan sama Andreas. Mulai ikut GPMB ya di tahun 85 itu. Terakhir main tahun 1992. Kita pasti pernah ketemu dulu ya. Sanur waktu itu masih pake rok pendek ya … hehehe … Salam dan terima kasihnya nanti disampein ke seluruh pelatih. Selamat ya PSUMB Juara GPMB 2008.

    January 8th, 2009 at 11:46 pm

Leave a comment

*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.