Bamby’s Chronicles
The untold story of my life

April 26th, 2007

Demam Video Conference

Posted in Miscellaneous by mkusuma

Kalo dilihat judul di atas, ngeri juga ya, soalnya ada kata demam … sereeemmm. Yang terngiang dikepala pasti DBD alias Demam Berdarah Dengue. Tapi demam yang satu ini justru positif yang menunjukkan betapa besarnya minat banyak orang untuk dapat berkomunikasi dengan bertatap muka secara maya. Kalo baca posting di milis INHERENT (Indonesian Higher Education Network) misalnya, hampir sebagian besar membicarakan video conference (vicon). Lalu content sharingnya kemana ya? hehehe … ya maklumlah, jaringannya masih baru dan di Indonesia sangat langka bisa bermain-main di jaringan bekecepatan tinggi. Lain halnya kalo di Eropa misalnya. Universitas di kota kecil di Swedia saja punya bandwidth 2.5 Gbps … wwwuuuaaaaaahhhhh. Disini berapa ya biayanya ? … hiks…

Makanya, begitu bisa “berenang” sepuasnya di bandwidth INHERENT, kegiatan favorit udah bisa ketebak, vicon. Yang dulunya mimpi, sekarang menjadi kenyataan. Berbagai universitas yang tergabung di INHERENT bergantian saling mengundang universitas lainnya untuk ber-vicon ria dalam setiap seminar. Bahkan Dirjen DIKTI pun sekarang kalo ada briefing-briefing biasanya menggunakan fasilitas vicon. Ditambah lagi sekarang INHERENT sudah terkoneksi dengan Jardiknas (Jaringan Pendidikan Nasional) yang telah diresmikan oleh Presiden SBY. Peresmian ini pun juga menggunakan fasilitas vicon.

Seperti di universitas lainnya, demam vicon juga terjadi di Gunadarma. Hampir setiap seminar selalu dibarengi dengan teleconference agar audience-nya bisa semakin banyak. Tapi ini sangat positif. Bahkan Gunadarma sekarang sudah cukup berpengalaman karena sudah beberapa kali menyelenggarakannya. Temen-temen yang biasa mengurusi vicon ini sekarang mungkin sudah merem kalo diminta menyiapkan teleconference … hehehe … Suatu saat nanti, kita bisa mengundang Presiden SBY ya untuk bergabung bersama Gunadarma ber-vicon ria jika ada seminar berskala nasional yang kita selenggarakan :-) Beliau kan bisa bicara dari Istana Negara.

Hanya saja yang masih menjadi mimpi adalah bisa mengadakan teleconference dengan mengundang lebih dari 2 institusi dengan murni peralatan sendiri. Soalnya memang kita belum punya alat yang namanya multi-point control unit (MCU) yang bisa digunakan untuk ber-conference lebih dari 2 end-point. Mudah2an mimpi ini bisa menjadi kenyataan ya.

You can leave a comment, or trackback from your own site. RSS 2.0

4 comments

  1. hafis says:

    Tenang pak.. nanti bisa kebeli kok MCU nya, yang murah aja (MGC 25). Apa sich.. yang gak bisa kebeli sama kampus UG pak. pasti kebeli dech… :)

    August 22nd, 2007 at 12:53 pm

  2. victor says:

    kalo sekarang untuk membeli MCU sudah tidak mahal. bahkan yang sudah termasuk gateway dan gatekeepernya juga sangat murah. untuk kualitas sangat bagus. untuk yang 48 port aja cuma 40ribuan dolar. yang 12 port, cuma 17 ribuan. dibandingin merek lain JAUUUHHH bgt harganya. tapi kualitasnya… BERANI di COBA. itu memeng baru masuk di indonesia, tapi itu pemain lama di v-con dunia. BMW internasional aja pake 300 titik. karena kulitasnya itu, makanya sangat banyak yang terpuaskan dengan memakai itu.
    kalo mau Trial, bisa di coba kok.kalo butuh bantuan, kontak aja ke victor@rml.co.id

    October 20th, 2007 at 2:27 pm

  3. victor says:

    Salam semua…
    Terima kasih Ubtuk owner Blog ini sehingga beberapa orang bisa mengontak saya dan saya juga bisa membantu mereka dengan men”share” informasi yang saya punya.
    Terima kasih ke ibu “indah hapsariningrum” yang telah mengontak saya. saya senang bisa membantu akan keperluan Ibu.
    Terima kasih..

    VictorGM

    March 5th, 2008 at 9:09 am

  4. Johan says:

    untuk MCU, selain external MCU bisa juga menggunakan peralatan internal MCU yang harganya pasti jauh lebih murah. perbandingan internal MCU dan External MCU dari segi harga per portnya Internal hanya sekitar 15% dari harga external MCU. for discussion, feel free to contact me.

    November 5th, 2008 at 12:11 am

Leave a comment

*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.