Siusta Pandan Wangi daylife, story, thought, and lots more
Lintang’s Officially Blog - Gunadarma University

Archive for July, 2007

July 23rd, 2007

Menulis itu Gampang … Menulis itu Susah …

Posted in general by lintang

Ah kok judul nya plin plan begitu ya… begitulah adanya yang aku alami … kadang menulis itu gampang ketika suasana hati dan soul sedang terbuka … terutama menulis yang sesuai dengan minat dan ketertarikan seseorang atau sedang dalam suasana hati duka dan terluka …rasanya itu paling mudah untuk dituangkan dalam bentuk tulisan, paling tidak sebuah puisi. Pernah, suatu waktu … ada kabar duka yang datang kepadaku ketika aku sedang berada jauh di negeri seberang, maka tak sampai 5 menit dengan berurai air mata jadilah puisi indah … dan akhirnya puisi itu ditampilkan dan dimuat di sebuah buletin kampus … dan juga dijadikan “pembuka” buku “Yassin” untuk memperingati meninggalnya nenek tercinta.

Tetapi bisa saja harus memerlukan waktu sampai dengan 5 minggu bahkan lebih “hanya” untuk menulis sebuah makalah ilmiah atau laporan kemajuan penelitian walaupun itu hanya untuk beberapa lembar saja … yaah 4 lembar saja sudah menguras tenaga dan pikiran … itu aku rasakan, ternyata menulis itu juga ga mudah alias susah ya.

Walaupun sebelumnya sempat magang karena kebaikan seorang teman senior yang mengajak aku untuk mulai menulis 2 tahun lalu karena predikat yang disandang juga menyebabkan terdorong juga untuk mulai menulisa karya ilmiah. Jadi penulis kedua atau bahkan penulis pertama tapi selama itu aku “hanya” meneruskan outline yang telah dibuatkan.

Kini sudah mencoba mulai sendiri …memang sudah beberapa tulisan dihasilkan tapi ternyata dari beberapa diantaranya belum lolos untuk ditampilkan pada beberapa forum ilmiah …terbukti lagi .. menulis YANG BENAR DAN BAIK itu susah ya.

Tapi dengan berlatih dan berlatih Insya Allah semuanya akan jadi lebih mudah ..amin.

Sekali lagi … keep on reading and writting …

July 18th, 2007

Menyusun “Acara Praktek” di Prodi D3 TK

Posted in general by lintang

Sambil menunggu waktu presentasi “penyusunan Acara Praktek (AP)” program studi D3 Teknik Komputer UG, terus saja memikirkan dan belajar …sebenarnya yang tepat dan benar seperti apa sih harusnya Satuan Acara Praktek (AP) itu … sampai sekarang yang sudah sdikit tertuang kok ..aku merasa masih saja kurang sreg ya.

Menurut “penjelasan” dari “pihak” prodi, acara praktek itu semacam latihan yang dapat saja dikerjakan di dalam kelas, atau bisa juga dikerjakan di dalam laboratorium khusus. Kita harus juga menentukan langkah langkah percobaan yang harus dilakukan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugasnya, selain itu kita harus mencantumkan di AP alat bantu untuk mengerjakan tugas tersebut.

AP sebenarnya di”breakdown” dari Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang memang sudah biasa ditemui oleh para dosen, bahkandosen pun sering terlibat dalam penyusunan SAP, mungkin jadi ga asing lagi dengan SAP. Tapi ini penyusunan AP ..jadi agak gamang juga ..walaupun beberapa referensi dari dunia maya pun sudah terunduh…tetap aja belum clear …

Makanya diadakan sharing dan presentasi ini agar kita yang terlibat penyusunan dapat saling berbagi satu sama lain.

Ok deh semoga di akhir acara akhirnya terbentuklah AP yang tepat. Oh ya acara ini diikuti oleh 15 dosen di lingkungan UG dan diselenggarakan selama 2 hari 18 dan 19 Juli 2007.

July 17th, 2007

Ulat jadi Naga !

Posted in general by lintang

Ha ? Seheboh itukan yang beredar …. ccck ccck …..itulah “selibritis kampus” begitu seorang teman baik menyebutku … he he.  Tulisan ini cuma sedikit mengungkap betapa lidah tak bertulang …dan kata iklan “mulutmu harimaumu” benar adanya… bak suatu endemi …byush byush menyebar dengan cepat nya ..ditambah bumbu bumbu nan sedap… maka jadilah cerita yang sangat fantastis … tapi seru juga mendengar nya sendiri dari seorang sahabat lain yang datang dengan tak percaya setelah mendengar betapa kejadian dulu itu begitu dasyatnya …

Ah memang ..namanya juga cerita berbumbu alias gosip …maka ulat bisa menjadi naga … padahal yang mengalaminya Alhamdulillah …baik baik aja dan Alhamdulillah masih terus saja berkarya dan Alhamdullillah masih “terbang” mengantar anak anak melakukan kegiatan mereka.

Semua berkat ALLAH SWT yang selalu bersama kita.

Let the people say what ever they want to say …. I hope i always Tawadhu, ameen.

July 4th, 2007

Sup Ikan Bandeng

Posted in Recipe by lintang

Hai … mau sharing masakan lagi ya … ini juga favorit anak anak di rumah, segar dan Insya Allah bergizi. Untuk konsumsi orang dewasa bisa ditambahkan cabe rawit oranye utuh ke dalam supnya, jadi agak pedas pedas gimana gitu.

Bahan: Semua bahan secukupnya ya …proporsional lah …tergantung banyaknya ikan dan kuah.

* Ikan bandeng (jangan dibuang sisiknya) dipresto (kurang lebih 1,5 sd 2 jam) dengan bumbu : kunyit, jahe, salam, bawang putih, serai dan sedikit garam. Dinginkan dan masukan ikan ke dalam lemari pendingin (kulkas)

* Air kaldu daging / tetelan/ tulangan sapi

Bumbu Sup:

* Bawang putih, keprek
* bawang merah, iris halus
* sedikit jahe, keprek
* sedikit kunyit, ulek halus
* belimbing sayur, potong serong
* lada bubuk

Cara Membuat

* Ikan bandeng keluarkan dari lemari pendingin, dan buang sisiknya (dengan tangan saja tanpa alat apapun), potong sesuai selera, biasanya dibelah menjadi 3 atau 4 bagian, sisihkan.

* didihkan kaldu

* Tumis : bawang merah hingga harum dan kuning, masukan bawang putih, kunyit dan jahe …hingga layu dan masukan ke dalam air kaldu yang sudah panas.

* Masukan ikan bandeng yang sudah dipotong ke dalam kuah yang sudah mendidih, tambahkan lada bubuk secukupnya, dan belimbing sayur.

* Cicipi, dan apabila sudah layu belimbingnya angkat dan hidangkan.

Wah Insya Allah anak anak suka deh makan dengan nasi ..dan karena durinya sudah lunak Insya Allah aman untuk dimakan. Untuk yang ingin lebih pedas ..bisa membuat sambal, dijamin sedaaaaap deh, sudah diuji di dapur Siusta. :)…..

July 3rd, 2007

Sedihnya ditolak …

Posted in general by lintang

Jangan heran ya, walaupun perempuan ada pengalaman ditolak ..tapi … ini bukan masalah percintaan lho. Hanya satu kata ah …kecewa. Kala ditolak dan tidak diterima, tapi dalam hidup memang harus begitu …ada baiknya merasakan kecewa dan sedih. Hal itu untuk memperkaya batin. Untung saja tidak berlarut larut … cukup satu jam saja seperti lagu, kecewanya, setelah itu whusssh … hilang. Tinggal menyadari diri, masih harus banyak banyak belajar dan kerja keras.  Itu sisi positifnya …lebih baik menelusuri ke dalam sendiri apa gerangan yang menjadi sebab penolakan …

Walaupun penolakan ini udah ke tiga kalinya, tetap saja kecewa sejenak. Manusiawi, tapi kenapa ya ditolak? Biarkan pertanyaan itu terjawab sendiri …dan memang sudah terjawab lewat komentar para pakar.

Keep on research … keep on writting … keep on submitting … even to be rejected … … but you can have many comments from there.

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.