Siusta Pandan Wangi daylife, story, thought, and lots more
Lintang’s Officially Blog - Gunadarma University

July 23rd, 2007

Menulis itu Gampang … Menulis itu Susah …

Posted in general by lintang

Ah kok judul nya plin plan begitu ya… begitulah adanya yang aku alami … kadang menulis itu gampang ketika suasana hati dan soul sedang terbuka … terutama menulis yang sesuai dengan minat dan ketertarikan seseorang atau sedang dalam suasana hati duka dan terluka …rasanya itu paling mudah untuk dituangkan dalam bentuk tulisan, paling tidak sebuah puisi. Pernah, suatu waktu … ada kabar duka yang datang kepadaku ketika aku sedang berada jauh di negeri seberang, maka tak sampai 5 menit dengan berurai air mata jadilah puisi indah … dan akhirnya puisi itu ditampilkan dan dimuat di sebuah buletin kampus … dan juga dijadikan “pembuka” buku “Yassin” untuk memperingati meninggalnya nenek tercinta.

Tetapi bisa saja harus memerlukan waktu sampai dengan 5 minggu bahkan lebih “hanya” untuk menulis sebuah makalah ilmiah atau laporan kemajuan penelitian walaupun itu hanya untuk beberapa lembar saja … yaah 4 lembar saja sudah menguras tenaga dan pikiran … itu aku rasakan, ternyata menulis itu juga ga mudah alias susah ya.

Walaupun sebelumnya sempat magang karena kebaikan seorang teman senior yang mengajak aku untuk mulai menulis 2 tahun lalu karena predikat yang disandang juga menyebabkan terdorong juga untuk mulai menulisa karya ilmiah. Jadi penulis kedua atau bahkan penulis pertama tapi selama itu aku “hanya” meneruskan outline yang telah dibuatkan.

Kini sudah mencoba mulai sendiri …memang sudah beberapa tulisan dihasilkan tapi ternyata dari beberapa diantaranya belum lolos untuk ditampilkan pada beberapa forum ilmiah …terbukti lagi .. menulis YANG BENAR DAN BAIK itu susah ya.

Tapi dengan berlatih dan berlatih Insya Allah semuanya akan jadi lebih mudah ..amin.

Sekali lagi … keep on reading and writting …

July 18th, 2007

Menyusun “Acara Praktek” di Prodi D3 TK

Posted in general by lintang

Sambil menunggu waktu presentasi “penyusunan Acara Praktek (AP)” program studi D3 Teknik Komputer UG, terus saja memikirkan dan belajar …sebenarnya yang tepat dan benar seperti apa sih harusnya Satuan Acara Praktek (AP) itu … sampai sekarang yang sudah sdikit tertuang kok ..aku merasa masih saja kurang sreg ya.

Menurut “penjelasan” dari “pihak” prodi, acara praktek itu semacam latihan yang dapat saja dikerjakan di dalam kelas, atau bisa juga dikerjakan di dalam laboratorium khusus. Kita harus juga menentukan langkah langkah percobaan yang harus dilakukan mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugasnya, selain itu kita harus mencantumkan di AP alat bantu untuk mengerjakan tugas tersebut.

AP sebenarnya di”breakdown” dari Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang memang sudah biasa ditemui oleh para dosen, bahkandosen pun sering terlibat dalam penyusunan SAP, mungkin jadi ga asing lagi dengan SAP. Tapi ini penyusunan AP ..jadi agak gamang juga ..walaupun beberapa referensi dari dunia maya pun sudah terunduh…tetap aja belum clear …

Makanya diadakan sharing dan presentasi ini agar kita yang terlibat penyusunan dapat saling berbagi satu sama lain.

Ok deh semoga di akhir acara akhirnya terbentuklah AP yang tepat. Oh ya acara ini diikuti oleh 15 dosen di lingkungan UG dan diselenggarakan selama 2 hari 18 dan 19 Juli 2007.

July 17th, 2007

Ulat jadi Naga !

Posted in general by lintang

Ha ? Seheboh itukan yang beredar …. ccck ccck …..itulah “selibritis kampus” begitu seorang teman baik menyebutku … he he.¬† Tulisan ini cuma sedikit mengungkap betapa lidah tak bertulang …dan kata iklan “mulutmu harimaumu” benar adanya… bak suatu endemi …byush byush menyebar dengan cepat nya ..ditambah bumbu bumbu nan sedap… maka jadilah cerita yang sangat fantastis … tapi seru juga mendengar nya sendiri dari seorang sahabat lain yang datang dengan tak percaya setelah mendengar betapa kejadian dulu itu begitu dasyatnya …

Ah memang ..namanya juga cerita berbumbu alias gosip …maka ulat bisa menjadi naga … padahal yang mengalaminya Alhamdulillah …baik baik aja dan Alhamdulillah masih terus saja berkarya dan Alhamdullillah masih “terbang” mengantar anak anak melakukan kegiatan mereka.

Semua berkat ALLAH SWT yang selalu bersama kita.

Let the people say what ever they want to say …. I hope i always Tawadhu, ameen.

July 4th, 2007

Sup Ikan Bandeng

Posted in Recipe by lintang

Hai … mau sharing masakan lagi ya … ini juga favorit anak anak di rumah, segar dan Insya Allah bergizi. Untuk konsumsi orang dewasa bisa ditambahkan cabe rawit oranye utuh ke dalam supnya, jadi agak pedas pedas gimana gitu.

Bahan: Semua bahan secukupnya ya …proporsional lah …tergantung banyaknya ikan dan kuah.

* Ikan bandeng (jangan dibuang sisiknya) dipresto (kurang lebih 1,5 sd 2 jam) dengan bumbu : kunyit, jahe, salam, bawang putih, serai dan sedikit garam. Dinginkan dan masukan ikan ke dalam lemari pendingin (kulkas)

* Air kaldu daging / tetelan/ tulangan sapi

Bumbu Sup:

* Bawang putih, keprek
* bawang merah, iris halus
* sedikit jahe, keprek
* sedikit kunyit, ulek halus
* belimbing sayur, potong serong
* lada bubuk

Cara Membuat

* Ikan bandeng keluarkan dari lemari pendingin, dan buang sisiknya (dengan tangan saja tanpa alat apapun), potong sesuai selera, biasanya dibelah menjadi 3 atau 4 bagian, sisihkan.

* didihkan kaldu

* Tumis : bawang merah hingga harum dan kuning, masukan bawang putih, kunyit dan jahe …hingga layu dan masukan ke dalam air kaldu yang sudah panas.

* Masukan ikan bandeng yang sudah dipotong ke dalam kuah yang sudah mendidih, tambahkan lada bubuk secukupnya, dan belimbing sayur.

* Cicipi, dan apabila sudah layu belimbingnya angkat dan hidangkan.

Wah Insya Allah anak anak suka deh makan dengan nasi ..dan karena durinya sudah lunak Insya Allah aman untuk dimakan. Untuk yang ingin lebih pedas ..bisa membuat sambal, dijamin sedaaaaap deh, sudah diuji di dapur Siusta. :)…..

July 3rd, 2007

Sedihnya ditolak …

Posted in general by lintang

Jangan heran ya, walaupun perempuan ada pengalaman ditolak ..tapi … ini bukan masalah percintaan lho. Hanya satu kata ah …kecewa. Kala ditolak dan tidak diterima, tapi dalam hidup memang harus begitu …ada baiknya merasakan kecewa dan sedih. Hal itu untuk memperkaya batin. Untung saja tidak berlarut larut … cukup satu jam saja seperti lagu, kecewanya, setelah itu whusssh … hilang. Tinggal menyadari diri, masih harus banyak banyak belajar dan kerja keras.¬† Itu sisi positifnya …lebih baik menelusuri ke dalam sendiri apa gerangan yang menjadi sebab penolakan …

Walaupun penolakan ini udah ke tiga kalinya, tetap saja kecewa sejenak. Manusiawi, tapi kenapa ya ditolak? Biarkan pertanyaan itu terjawab sendiri …dan memang sudah terjawab lewat komentar para pakar.

Keep on research … keep on writting … keep on submitting … even to be rejected … … but you can have many comments from there.

June 29th, 2007

Coba Foto yaaa … Boleh ga sih?

Posted in Galeri by lintang


Coba Tampilkan foto ah …. Di atas¬† ini foto Defa dan Akel, pecinta¬† sepak bola, jangan salah walaupun gendut tapi sangat¬† “keras” otot nya karena begitu banyak bergerak dan berolah raga. Dan beratnya seimbang kok dengan tinggi badannya … jadi tidak obesitas.¬† Tadi itu foto tahun 2005, bulan Mei dan selesai nonton Persija main di stadion Lebak Bulus.

Yang ini iseng aja, foto keluarga … dan udah tahun 2006.

June 28th, 2007

Keangkuhan Berakhir Braaaak :) ..

Posted in general by lintang

Ternyata benar semua apa yang dikatakan dalam banyak referensi … Jangan pernah sombong walaupun sebiji zahra pun ..even dalam hati pun tidak pernah boleh … karena Tuhan ada di mana mana, ada dalam hati kita juga … melihat hati kita.

Awalnya suatu kebanggan dapat melakukan sesuatu dengan mulus dan lancar, Alhamdulillah, lama kelamaan kok penyakit hati muncul ya itu tadi … sombong walau dalam hati …. wah wah hebat juga ya aku ini lancar, di mana banyak orang lain melakukan perlu perjuangan berat untuk melakukan (sesuatu yang tak perlu diulas di sini) bahkan ada kecelakaan - kecelakaan kecil yang sepertinya “harus” dilalui bagi pemula. Tapi aku tidak ..begitu hati ku bicara …ternyata mungkin Tuhan murka ..akhirnya di suatu sore yang indah terjadilah …sesuatu yang tidak harus jauh kejadiannya … hanya di sini ..di depan mata …ah Pandan, akhirnya kau kena batunya akan kesombongan dan keangkuhan mu walaupun itu hanya kamu batin.

Banyak hal yang lalu terlintas dalam benak Pandan … si aku tadi itu lho. Dengan kejadian itu terjadilah refleksi diri Pandan dan menggali sebenarnya semua perbuatan di dunia ini baik perbuatan baik maupun buruk semuanya akan dibayar tunai ! Semoga Tuhan mengampuni, toh itu semua adalah khilafnya manusia anak Adam karena kesalahan adalah pakaiannya manusia … tapi semoga kebodohan dan keteledoran itu tak terulang kembali.

Jadi ..so guys don’t be arraogant, overconfident and proud of ourself … be a humble person … we hope so …And Insya Allah, God will be with us forever … ameen

June 28th, 2007

Stup Makaroni hmmm Sedap …(Coba deh! …)

Posted in Recipe by lintang

Teringat dengan resep leluhur keluarga. Apalagi saat seperti dua hari hujan sedang berkunjung ke bumi ini …wow dijamin deh dengan menyantap Syup Makaroni ala Siusta Pandan Wangi bakalan nge fly …

Bahan: (semua serba secukupnya ya dan seimbang dengan masing masing bahan)

* Makaroni direbus sampai masak, sisihkan

* Ayam direbus ambil kaldunya sisihkan dan ayam dipotong potong dadu

* Telor kocok lepas

* Keju diparut

* Susu skim plain (atau dancow instan juga boleh lah …cairkan …sisihkan)

* Mentega

* Bawang bombay diiris

* Bawang merah diiris

* Lada diulek halus (atau lada bubuk)

* Garam

* Magi Blok

Cara Membuatnya:

- Didihkan Air Kaldu

- Masukan makaroni, ayam yang telah dipotong dadu, bawang bombay, bawang merah, lada magi blok dan garam, setelah mendidih, masukan susu, keju parut, telor kocok …..aduk rata kemudian masukan mentega, aduk dan cicipi.. tunggu sejenak dan mendidih …lalu angkat dan segera sajikan.

Hmmmm bakalan langsung mak yuszzz deh …sedikit berkuah seperti cream soup …dan sangat menghangatkan siapapun yang butuh kehangatan …:) …

Ok..selamat mencoba ..Insya Allah sukses …

June 5th, 2007

Menjelang UAS yang sepi mahasiswa, Tanya Kenapa?

Posted in general by lintang

Sudah dua minggu ini setiap mengajr di kelas rasanya kurang begitu semangat …tapi tetap aja 2 jam 1/2 sih di kelas …gimana tuh kalau semangat ..ya sama saja sih.¬† Minggu ini adalah minggu terakhir mengajar di kelas …dan dua kelas diantaranya sepi mahasiswa …padahal materi untuk UAS juga belum lah “habis”. Tapi untuk satu kelas yang kebetulan di -wali kelas-i¬† kok ya penuh …ini mau tanya kenapa ya bisa begini …Apa fenomena ini juga terjadi pada dosen dosen pengajar yang lain ya ? seperti nya sih begitu …karena sempat sharing dengan beberapa dosen di sekretariat dosen mereka mengalami hal yang sama: sepi mahasiswa di kelas …tidak seperti biasa sebelum UTS …

Atau dosennya ya yang ga menarik ? atau materinya ya sudah dianggap mudah dan gampang ? atau mahasiswa sudah mengetahui nilai UTS mereka ? Atau sudah minggu terakhir ?Atau sudah semester 8 alias tingkat 4 ya? atau …atau apa ya? tapi Saya mah tetap aja mengajar lah walaupun cuma segelintir saja yang masuk ke kelas …tapi sepertinya harus dicari tau kenapa ya minggu terakhir itu setelah UTS kok ga sepenuh sebelumnya.¬† Tapi Alhamdulillah secara keseluruhan …sudah selesai tugas mengajar semester ini ..dengan cas cis cus …in English yang kadang kepleset juga ..slip of the tongue lah …Welcome UAS and UU ….

May 29th, 2007

UG LKMM Outbond… Wowke lho …

Posted in general by lintang

Jam di dinding sudah menunjuk pukul 4 pagi …aggggh …masih berat rasanya meninggalkan pembaringan nan nyaman …tapi harus mulai mengerjakan tugas rutin harian …karena pagi ini jam 7 sudah harus berangkat ke kampus Depok lagi untuk mengikuti acara LKMM Universitas Gunadarma 2007 yang merupakan hari terakhir dari 5 hari kegiatannya dan pada hari ini akan diadakan “outbond” di Taman Buah Mekarsari. Membayangkan outbond saja sudah wah ..seru juga ya. Apalagi kenyataan nya lebih seruuu ….

Ternyata seperti kegiatan lain yang melibatkan banyak orang, mahasiswa 51 mhs, dosen dan panitia sekitar 25 orang ….kebayang kan repotnya mengumpulkan mereka semua …akhirnya baru berangkat dari kampus Depok jam 8.20 pagi … menuju Taman Buah Mekarsari ….dan buz buz …(ada 3 bis UG) …sampailah kita di Mekarsari jam 10… panitia langsung beraksi dengan acara acara “live” and “fun” dan diikuti dengan outbond ….ada dua jenis …yang highrope dan lowrope … Sebelum dimulai kita dikumpulkan oleh para pemandu outpbond Kelapa dan diminta menyanyikan yel yel yang lucu juga ….nih lagunya kayak gini nih …”Ramtam tam Ram tam-tam …guli guli guli Ram tam-tam …” dengan gaya yang sangat konyol tapi ok juga …

Panitia dan dosen mengikuti yang highrope dulu …pertama tama harus melintasi rintangan mendaki dengan melewati tali temali tebal yang kuat …ah lumayan berat karena mendaki …kemudian sampailah di “puncak” ..dari situ kita harus turun “tebing” dengan gaya yang sangat miring … waduuuh ini udah umur segini dan udah “turun mesin” pula harus melewati tantangan ini …awalnya agak gamang ..maklum udah 12 tahun lebih ga pernah mengikuti kegiatan yang bersifat sedikit “tantanga” fisik yang agak sedikit membahayakan dan menguras tenaga …akhirnya dengan susah payah bisa turun “tebing” juga …dari situ harus naik lagi, kali ini menaiki secara vertikal “spider web” yang terbuat dari tali yang sangat kuat …tangan harus selalu berada di atas kepala ..itulah mengapa tangan rasanya jadi tumpuan berat di sini …ini luar biasa beratnya ….mungkin karena umur dan sudah pernah melahirkan lah yang menjadi sebab ..tenaga agak berkurang …tapi akhirnya sampai juga di atas kembali …setelah itu kita harus menyusuri satu tali …antara satu pohon ke pohon lainnya …hiiiiih ….agak serem juga ya …nah ini harus dengan gaya miring jalannya ..sebenarnya tantangan ini tidak berat ..artinya tidak banyak menguras fisik ..hanya teknik dan mental saja yang harus kuat ya …he he ..dan akhirnya dengan sedikit berani …sampailah di pohon seberang, setelah itu itu harus menyeberangi jembatan gantung yang nyuuut nyuuut gitu deh …untuk menuju puncak tantangan terkahir yaitu “fying fox” ….nah ini seruuuu deh …ini favorit buat aku …..seru aja melayang terbang dan lepas …serasa terbang deh beneran deh …wuiiiing …mendaratlah dengan selamat ..Alhamdulillah selesailah rangkain tantangan Highrope.

Kemudian acara dilanjutkan dengan makan siang dan ibadah shalat Zhuhur. Dan dilanjutkan dengan kegiatan outbond lowrope ..nah yang ini diperlukan kerjasama tim (kami dibagi dua tim) dan mungkin sedikit kecerdasan ya ..tapi tetap saja fisik kuat pun juga sangat mendukung …

Pertama adalah mengikuti “lompat harimau” ….yaitu melewati rintangan lingkaran rotan yang dianggap mempunyai tegangan listrik yang tinggi sehingga kami semua tidak boleh menyentuh lingkaran tersebut ,,,,.hayooo kebayang kan susahnya …cukup lama kita berkutat di sana …walaupun akhirnya sampai juga ke seberang lingkaran rotan tersebut ..walupun ada sih panitia yang punggung nya sakit semua karena harus dinjak injak anggota tim yang lain.

Tantangan kedua lowrope adalah apa ya namanya lupa …itu lho berjalan seperti ular ..di atas satu lingkaran kain dan berlomba dengan tim yang lain. he he di sini perlu kekompakan untuk bilang ..”kiri ..kanan ..kiri kanan …” horeeeee finish juga.

Ketiga adalah memindahkan tongkat secara estafet tapi dengan mengunakan leher tidak boleh menggunakan tangan…ah ini udah agak umum ya …dan yang terkakhir ..yang juga agak lama nih waktunya adalah ..melepaskan tali menjadi satu lingkaran penuh tanpa melepaskan tali dari masing masing orang yang memegangnya ….

Tidak terasa akhirnya waktu sudah menunjukan pukul 15.30 ….dan kami pun kembali ke tenda untuk mengikikuti rangakaian acara penutupan …yang terdiri dari atraksi dari peserta LKMM yang berjumpah 8 kelompok dan atraksi dari panitia….diikuti dengan penyerahan kenang kenangan kepada beberapa peserta dengan kriteria yang spesifik dan lain dari yang lain …pembagian sertifikat …laporan ketua panitia dan finally ditutup oleh PUREK III UG …dan tepat pukul 17.00 kita meninggalkan Taman Buah Mekarsari kembali pulang ke kampus Depok …Tiba di depok kurang lebih pukul 18.30 ….

Ah ternyata..Outbond itu lumayan menguras tenaga ya ..sekarang jadi bisa lebih bersimpati kepada anak yang pulang outbond …”capek ibu …” he he ..abis udah lupa sih ….dulu dulu sih iya …manjat manjat ..terjun terjun mah biasa ..tapi hari gini gitu lho dah ibu ibu ….tapi anyway …Outbond …wowkeee lho ….

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.