Tips Jual-Beli melalui Internet (JUAL)

Pengen menjual barang second tapi sulit cari pembelinya? atau pengen beli barang second tapi gak punya waktu untuk jalan-jalan ke roxy, glodok dll? Jual aja melalui internet! Menjual barang melalui internet saat ini sangat efektif, berbeda saat pertama kali dulu saya menjual di internet, lama sekali sampe ada penawaran yang datang. Sekarang malah bisa langsung ada yang menelpon/sms hanya dengan jarak beberapa menit saja sejak dipasang di internet. Nah, berikut ini beberapa tips agar penjualan melalui internet cepat laku, atau pembelian melalui internet tercapai.

TIPS MENJUAL…..

1. Pasang di situs yang banyak diakses untuk jual beli barang. Situs yang biasa saya gunakan untuk menjual/membeli barang adalah www.kaskus.us, www.iklanbaris.co.id, www.bhinneka.com, www.forumponsel.com. Ciri2 situs yang banyak digunakan orang bisa dilihat dari jumlah posting dalam sehari, cukup lihat saja tanggal postingnya, jika tanggal hari ini banyak sekali postingan yang masuk, maka bisa dipastikan situs itu paling laku untuk penjualan.

2.Jika ingin menjual, tawarkan dengan harga pasar. Jangan memasang berdasarkan harga saat anda membelinya. Sebelum menjual buka dulu situs2 jual beli yang ada, lalu temukan produk yang sama dengan produk anda, lalu lihat harganya. Untuk handphone, paling mudah gunakan situs www.ponseljakarta.com untuk melihat harga second barang yang akan anda jual, karena di sana sudah terpasang harga second dari berbagai toko yang ada di roxy dan tempat lainnya.

3.Pasang iklan lengkap dengan foto2 barang yang akan anda jual. Memang merepotkan memasang foto, namun pembeli akan jauh lebih tertarik jika bisa melihat dulu barang yang akan dibelinya, oleh karena itu potret barang yang akan dijual dengan kualitas gambar yang baik (jangan buram), caranya ambil gambar saat siang hari dan terkena cahanya matahari walaupun tidak langsung. Usahakan diberikan background yang bagus sehingga terlihat lebih menawan.Contoh situs yang banyak memberikan foto adalah www.kaskus.us, di situ jika anda tidak memasang foto, anda akan diminta memasang oleh orang lain secara sopan, tapi kadang juga disindir dengan kata2 “iklanbaris pos kota?” untuk menyebut iklan yang hanya teks tanpa gambar.

4. Tuliskan spesifikasi lengkap barang yang akan anda jual. Jangan hanya sekedar menulis merek dan harganya saja, usahakan berikan keterangan lengkap seperti spesifikasi barang, kelengkapan tambahan (jika ada), dan tambahkan link situs yang menunjukkan spesifikasinya secara lengkap. Lakukan saja copy-paste dari posting barang yang sama dengan yang akan anda jual, lalu modifikasi seperlunya.

5. Tunjukkan kondisi barang. Kondisi barang sangat mempengaruhi minat pembeli, karena pembeli takut tertipu dengan barang yang diposting. Tuliskan saja kondisinya apakah 95%,80%,70% dll, namun tuliskan kekurangan barang yang akan dijual (jika ada), seperti ada sedikit lecet di bagian belakang, merek sudah terkelupas, baterai cuman tahan 30 menit dll. Jangan takut orang tidak mau membeli jika memang ada kekurangan, daripada anda sudah janjian ketemu tapi batal gara2 ada cacat yang tidak anda sebutkan.

6. Berikan nomor telepon untuk menghubungi anda. Jangan mengandalkan email,PM,dll, andalkan nomor HP/telepon anda agar orang mudah menghubungi anda.

7. Setelah selesai memasang iklan, usahakan selalu update iklan anda! Pembeli cenderung hanya membaca iklan yang berada di posisi awal situs, dengan mengupdate iklan anda, atau memberi komentar iklan anda sendiri, iklan anda akan selalu bergeser di halaman awal.

8. Jika pembeli ingin melihat barang, sebaiknya cari tempat yang ramai untuk ketemuan seperti di Mall, atau di rumah anda sendiri. Hal ini untuk menjaga jika ada pembeli yang punya niat jahat.

9. Tuliskan alasan mengapa dijual. Pembeli sering penasaran dengan alasan barang dijual, takutnya ada kerusakan ato penyesalan dari penjual, dan itu penting diketahui oleh calon pembeli, karena takut menyesal jika terlanjur membelinya. Oleh karena itu, tuliskan alasan yang kira2 tidak berpengaruh terhadap pembeli seperti “bosen”, ato “pengen ganti yang …”, ato “gak bisa make-nya”,  ato udah punya yang laen, dll

10.  Sebaiknya,jangan transaksi selain ketemu langsung. Jangan menjual dengan cara pengiriman barang dll yang intinya memungkinkan pembeli berbuat curang, kecuali pembeli bersedia mengirimkan uang terlebih dahulu seutuhnya, bukan sebagian.

Bersambung ke..Tips Jual-Beli melalui Internet (BELI)

Tips Jual-Beli melalui Internet (BELI)

Menyambung tulisan sebelumnya mengenai tips menjual barang melalui internet, berikut adalah tips jika anda ingin membeli barang melalui internet.

1. Carilah info sebanyak-banyaknya. Melalui situs jual beli seperti www.kaskus.us, www.iklanbaris.co.id, www.forumponsel.com, www.bhinneka.com dll, carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang barang yang ingin anda beli. Perhatikan harga rata-rata barang yang dijual sehingga anda punya patokan harga saat ingin membeli. Jangan terburu-buru membeli jika belum melakukan “survey”. Gunakan situs yang mampu mencarikan iklan dari berbagai situs seperti www.fjbex.com

2.  Lihat foto-foto barang. Jika tersedia, perhatikan baik-baik foto barang yang dijual. Jika tidak ada, mintalah fotonya terlebih dahulu. Pastikan foto yang dipasang bukan diambil dari situs lain, tapi benar2 dari si penjual.

3. Lihat kelengkapan barang. Jangan membeli barang yang tidak lengkap, seperti misalnya tidak ada dus,buku manual, dan kelengkapan asli lainnya. Jika anda tetap mau membeli walaupun tidak lengkap, pastikan harganya memang lebih murah dari yang lengkap. Barang yang lengkap akan mempunyai nilai jual kembali yang lebih tinggi.

4. Usahakan barang masih bergaransi resmi (bukan toko), atau setidaknya eks garansi resmi. Pastikan anda tanyakan apakah masih ada surat garansi (masih berlaku/sudah habis). Ini penting untuk menjaga jangan sampai anda membeli barang Black Market (BM), karena jika terjadi kerusakan, maka banyak service center yang menolak memperbaiki barang BM, atau jika bersedia, akan diberikan charge harga yang lebih tinggi dari barang resmi.

5. Tanyakan alasan mengapa barang dijual. Jika di iklan yang anda temukan tidak tersedia keterangan alasan dijualnya barang, usahakan tanyakan alasannya melalui telepon. Jika alasannya tidak mengkhawatirkan seperti pernah rusak, sering rusak dll, maka aman untuk ditindaklanjuti.

6. Cek fisik maupun fungsi dari barang sebelum membeli. Ingat, membeli barang second konsekuensinya adalah resiko barang tidak dapat dikembalikan kepada penjual (kecuali penjual bersedia memberi garansi). Oleh karena itu, cek dengan sebaik-baiknya kondisi barang saat ketemu dengan penjual sebelum transaksi disepakati.

7. Jangan terlalu lama memutuskan untuk membeli. Ingat pembeli barang tidak hanya anda, tapi mungkin puluhan/ratusan orang lain yang juga ingin membeli barang. Jika anda sudah mendapat barang yang bagus baik dari sisi kondisi maupun harga, usahakan segera ketemu dengan penjual, karena jika tidak, maka orang lain akan membelinya terlebih dahulu.

8. Tentukan anggaran maksimal uang yang anda siapkan untuk membeli barang. Sering kita terpengaruh oleh rayuan penjual, sehingga kita bersedia mengeluarkan uang lebih banyak dari yang kita siapkan. Oleh karena itu, setelah anda tahu harga pasaran barang yang akan dibeli, tentukan harga maksimal yang anda sanggupi.

9. Cari lokasi penjual yang tidak terlalu jauh dari lokasi anda. Agar mudah ketemuan, usahakan jangan membeli barang dari daerah yang jauh dari anda.

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.