karami Blog

APAKAH HAL YANG PALING DITAKUTI ORANG INDONESIA?

May 28th, 2011 by karami


Apakah yang paling ditakuti orang Indonesia saat ini? satu pertanyaan yang terlontar dari seorang mahasiswa kepadaku, pada saat ngobrol dengan beberapa mahasiswa pada suatu kesempatan. Sejenak tertegun dan mencoba memikirkan jawabannya. Tetapi alhamdulilah saya disadarkan, dengan melihat situasi dan kondisi saat itu rasanya sebaiknya saya tidak menjawab dan harus menjadi pendengar yang baik, mengapa ? karena saya mencium gelagat (dari roman mukanya) si mahasiswa ini akan menjawab dan menguraikan jalan pemikirannya sendiri. Dan betul dugaan saya…..

Sejurus kemudian mahasiswa itu mengemukakan jawaban. Menurut saya, hal yang paling ditakuti oleh orang Indonesia saat ini adalah: “TAKUT JATUH MISKIN”. Mendengar jawaban ini reaksi spontan saya adalah menanyakan argumentasi atas jawaban itu. Si mahasiswa melanjutkan penjelasannya. Kata dia: begini Pak …… saat ini negara kita dihempas badai ‘Korupsi’. Sangat banyak contoh tindakan koruptif di negeri ini yang dilakukan oleh para petinggi negara. Mahasiswa itu memberikan banyak contoh, yang tidak perlu saya tulis disini.

Saya selalu berpikir, dan sampai pada kesimpulan bahwa: tujuan utama orang-orang korupsi sebagian besar adalah untuk memperkaya diri……betul ga Pak? kata si mahasiswa itu kepadaku…tanpa jawaban apapun dariku si mahasiswa itu meneruskan ocehannya. Ujung dari semua ujung korupsi adalah agar orang itu menjadi kaya, hidup serba enak, banyak uang, punya rumah dan mobil mewah dan lain sebagainya. Orang rela melakukan apa saja yang penting dapat uang banyak.

Saat itu saya menyela, sebenarnya: menurut saya untuk menjadi kaya dengan cara yang salah seperti yang kamu sebutkan itu tidak cuma korupsi, tapi ……belum selesai saya bicara, si anak itu langsung menimpali: ‘Cari Muka’ ya kan Pak….seperti anggota DPR yang ahli hukum dan pengacara itu lho…kata dia. Dengan cari muka posisi dia akan aman dan dilindungi, disamping itu juga akan sering ketiban proyek….

Saat itu, saya tidak lagi mencoba memancing-mancing dengan memperpanjang obrolan mengenai hal ini. Saya langsung menutup dan mencoba mengalihkan ke pembicaraan lain. Kata penutup yang saya sampaikan saat itu adalah: Seharusnya yang paling ditakuti itu adalah siksa ‘Allah’. Si mahasiswa itu spontan bereaksi…ahh itu mah jawaban jadul, jawaban yang sudah ‘out of date’ katanya, tapi wajar bapak kan dosen……

Kata terakhir mahasiswa inilah yang mengakhiri perbincangan kami tentang topik ini. Walaupun sudah berakhir, sampai saat ini saya masih terpikirkan cara pandang mahasiswaku ini….dari kacamata realitas, mungkin saja saya ikut setuju. Salahkah pemikiran saya ini…. kalau salah terus bagaimana sebaiknya membaca situasi negara kita saat ini? mohon pencerahan!

Kampus Cengkareng, 28 Mei 2011


Posted in Uncategorized |

2 Responses

  1. Bambang Wahyudi Says:

    Kata orang asuransi: “Kalau takut miskin, beli asuransi !”


  2. rakhma Says:

    Pak Budi…., mahasiswa yang demikian adalah mahasiswa yang peka terhadap situasi bangsa ini. Ada bagusnya mereka berpikir demikian, karena sebenarnya dia juga butuh solusi. Kalau saya disana mungkin akan saya katakan demikian. “tidak salah apa yang anda katakan, karena kemiskinan bagi manusia pada umumnya tidak saja di Indonesia adalah memang petaka yang luar biasa” karena kemiskinan kita dihina, direndahkan dll. Namun perlu diingat bahwa kemiskinan bukan saja harta. Andai sebagian orang indonesia juga takut miskin ilmu. Maka Mahasiswa seperti kalian pastilah giat belajar. Korupsi ilmu agar menjadi kaya ilmu, adalah sah-sah saja. Misalnya mengambil ilmu komputer bagi orang ekonomi, sama tidak dengan korupsi. Kalau mahasiswa yang pada saat kuliah tidak merasa miskin ilmu, maka ujung akhirnya tidak beda dengan koruptor yang anda maksud itu. tahukah apa yang disebut ilmu….? mari kita diskusikan agar kalian faham, ,membedakan apa yang kamu lihat dengan mata, dan apa yang dapat kamu pandang….!


Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.