karami Blog

BB = Generasi Autis

January 6th, 2011 by karami


Berikut bunyi status facebook temen:”..Sekamar.. Sekasur..Sebelahan..dan sibuk dengan BB masing2.. ck ck ck..What a life..:D.”
Tanpa disadari BB telah menjadi trend saat ini. Barangkali sebagian anak muda perkotaan merasa ketinggalan jaman kalau tidak punya gadget yang satu ini. Terbukti dengan seringnya saya melihat diberbagai kesempatan, entah di angkot, di taman kampus, di pertokoan/mal dll, anak-anak muda kita tengah asyik memainkan jari jemarinya di hamparan keypad BBnya.
Gelombang teknologi canggih telah merasuk dan menyatu dalam denyut nadi kehidupan kita. Teknologi banyak membawa manfaat untuk manusia, ini tidak terbantahkan. Bahkan teknologi terkadang dijadikan salah satu kriteria untuk minilai tingkat peradaban suatu kaum. Semakin canggih teknologi yang digunakan, maka kaum itu akan dinilai lebih tinggi peradabannya dari yg lain, dan sebaliknya.
Tetapi kita harus ingat bahwa apapun itu, pasti akan ada positif negatifnya.
Kembali ke status facebook teman yang saya kutip di awal tulisan ini, saya melihat inilah salah satu sisi negatif dari penggunaan BB. Yang lainnya, tentu tidak sedikit. Contoh: saya sering melihat ada penumpang angkot keasyikan BBan, akhirnya dia turun kelewatan dari tujuan. Atau ketika disapa oleh orang sering tidak ‘ngeh’ dst..dst. Hal inilah yang menjadi keprihatinan saya…..penggunaan BB dan teknologi yang lain sepatutnya digunakan untuk meningkatkan produktifitas dan efisiensi dalam segala bidang, bukan malah sebaliknya. Saya setuju dengan kekhawatiran banyak pihak yang mengatakan bahwa¬† BB cenderung telah melahirkan ‘generasi autis’.
Bagaimana hal ini bisa dicegah? inilah PR kita bersama


Posted in Uncategorized |

One Response

  1. Bambang Wahyudi Says:

    Memang sudah watak bangsa kita yang hobinya ‘belanja,’ suka dengan barang yang sedang ‘trend,’ dan ‘bangga dengan produk asing’ yang justru membuang-buang devisa kita ke luar negeri. Kalau memang butuh (perlu) sih nggak apa-apa, tapi kebanyakan justru malah untuk gengsi belaka, dan kebutuhan yang mengada-ada.

    Generasi sekarang memang generasi ‘jempol’ (bukan jempolan). Karena satu jempol kurang, kini ngetrend yang dua jempol…


Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.