karami Blog

Negeri ‘Roller Coaster’

January 4th, 2011 by karami


Masih segar dalam ingatan kita, bagaimana hingar bingarnya pujian dan dengan segala acara yang menyertai, ketika masyarakat kita ‘berpesta’ atas kehebatan tim nasisonal sepak bola Indonesia yang mampu lolos ke babak final piala AFF 2010. Bagaimana tidak Tim Garuda mampu sapu bersih semua partai penyisihan dan semifinal dengan 100% kemenangan. Dengan pelatih jenius ‘Alfred Riedl’ yang bisa merubah permainan menjadi atraktif dan menggairahkan, sangat wajar jika banyak pengamat, baik dalam negeri maupun pengamat dari luar memprediksi bahwa kita akan berhasil meraih tropi AFF ini.  Namun….kenyataan sangat bertolak belakang: Tim Garuda gagal meraih tropi.

Tulisan ini tidak akan membahas mengenai mengapa Tim Garuda gagal dalam even ini, karena saya yakin sudah sangat banyak yang mengupasnya. Tulisan ini lebih menyoroti pada satu hal, yaitu: ’sering melesetnya ramalan orang-orang atau lembaga manapun (baik dalam maupun luar negeri) ketika harus memprediksi sesuatu yang terkait dengan Indonesia’.  Contoh lain: bahwa jaman orba dulu saya masih ingat bahwa Indonesia akan diramalkan menjadi ‘macan asia’ bidang ekonomi, tapi rasanya kita sepakat….bahwa hal ini juga tidak terwujud, dan rasanya pembaca bisa menyebut contoh-contoh lain.

Jadi tidak salah bila saya menyimpulkan bahwa dalam bidang apapun ‘trend positif’ yang sering terjadi pada bangsa kita, tidak serta merta akan berubah menjadi sebuah capaian yang gemilang. Karena saya berkeyakinan bahwa negeri kita ini adalah negeri yang anomali, negeri roller coaster…..semoga keyakinan saya salah.


Posted in Uncategorized |

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.