education15 Mar 2008 09:21 pm

Bagaimana nasib dunia pendidikan kita, akan dihadapi secara teknik maraton ataukah sprint.

Suka atau tidak suka pendidikan adalah suatu masa yang relatif panjang, dengan kata lain ini adalah model perlombaan lari maraton. Tetapi kalau kita lihat dikenyataan sebagian besar pendidikan kita di tingkat dasar memiliki kecenderungan dengan start untuk lari sprint. Mmm apakah cukup punya nafas dan tenaga untuk mencapa garis finis?

Pada negara maju, seperti di Perancis, pendidikan di SD hanya memiliki 6 mata pelajaran (Matematika, Bhs Perancis, Bhs Inggris, IPA, IPS, OR), itupun yang ada nilai ujiannya hanya 3 (Matematika, Bhs Perancis dan IPA). Sehingga pada masa sekolah pendidikan dasar anak-anak diajarkan untuk menyenagni lingkungan sekolahnya dengan beban belajar yang tidak berlebihan.

Di Indonesia, sekolah SD bisa memiliki 13-15 mata pelajara, dengan semua memilikin nilai ulangan dan jumlah ulangan yang cukup banyak (2-3 kali) per semester. Beban kurikulum juga sangat tinggi, sehingga relatif kegiatan belajar mengajar normal di sekolah tidak memadai, sehingga para anak didik memerlukan pelajaran tambahan diluar jam sekolah.

Kondisi ini benar-benar merampas masa anak-anak dan mereka sudah dipaksa untuk berlari sprint. Beban di tingkat SLTP dan SLTA juga tidak kalah beratnya dengan jaman SD, apakah ini mendapatkan manusia unggul? Sejauh pengetahuan saya (belum dilandasi secara ilmiah) ternyata lebih banyak mahasiswa yang telah kehabisan nafas sebelum mencapai finis (dibaca bosen belajar).

Sehingga orientasi pendidikan sebaiknya menganut kaidah lari maraton dengan pemberian beban yang relatif merata dan bertingkat secara berkesusaiana dengan kondisi yang ada. Memang kalau dilihat model pendidikan kita lebih banyak melihat kepada model di Singapor dan Cina yang diharapkan untuk mencetak manusia super. Tapi kita lihat tingkat budaya dan keberhasilan selama ini perlu menjadi acuan yang dipertimbangkan ulang.

Trackback this Post | Feed on comments to this Post

Leave a Reply

*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.