Pilgrim

Hidup adalah peziarahan…..kayaknya ada di lagu ya…tapi lupa :) Tempat peziarahan….berarti sifatnya temporary. Semua serba sementara. Hidup ini adalah sementara. Lalu bagaimana hidup yang sementara ini harus diisi? Menyenangkan diri sendiri? Menyenangkan orang lain? Kesenangan pribadi juga berbeda antara satu individu dengan individu lainnya. Seseorang mungkin sudah merasa senang dan sangat bahagia kalau bisa melayani orang lain. Seseorang mungkin sudah senang dan sangat bahagia kalau bisa makan makanan favoritnya. Seseorang akan sangat senang (kalo ini tidak akan bahagia kayaknya) kalau dia bisa membuat orang merasa malu. Ok, cukup pembicaraan tentang senang dan bahagia, karena tulisan ini berbicara tentang peziarahan.

Di peziarahan, dalam arti harafiah, peserta sibuk berdoa, merenung, bahkan ada juga sih yang sibuk ngobrol. Tapi apapun yang dilakukan, saya yakin semua orang yang datang berziarah tujuannya sama, mencari suasana kedekatan dengan Sang Pencipta.

Itu yang saya alami di salah satu tempat peziarahan yang namanya Lourdes. Rasanya dekat sekali dengan Sang Pencipta. Suasana yang tidak saya dapatkan meskipun saya sudah berusaha hening di kamar saya, atau di tempat ibadah. Di kedua tempat terakhir ini, suasana kedekatan dengan Sang Pencipta hanya bersifat sesaat, susah sekali untk bertahan lebih dr beberapa menit.

Dalam suasana kedekatan seperti itu, rasanya diri ini sangat kecil,belum berbuat apa-apa yang berarti bagi sesama, terlalu banyak kekurangan, terlalu banyak kekhilafan, terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal yang tidak berguna, dan lain-lain. Tapi yang pasti, dari peziarahan setiap peziarah punya semangat dan keyakinan baru untuk lebih baik dan lebih dekat dengan Sang Pencipta melalui karya dan perbuatan (semoga).

Satu kesimpulan saya dari perjalanan ini, setiap orang perlu melakukan perjalanan ziarah dalam arti harafiah.

9 Responses to “Pilgrim”

  1. ziarah dlm konteks tujuan ‘dekat denganNya’
    di keseharian dapat kita lakukan saat kita ’singgah’di berbagai pemikiran, ber-empati dengan berbagai perasaan orang yg kita jumpai….
    hanya dengan syarat…kita dalam kondisi ‘kosong’, tanpa berinisiatif untuk menentukan ‘laju’ pemikiran dan perasaan pihak lain

  2. Iya say….betullll sekali. Tapi itulah hal yang paling sulit untuk dilakukan…khususnya buat orang seperti aku ini :). Aku baru menyadari, media tertentu itu aku perlukan untuk merasakan kedekatan denganNya. Menyadari begitu banyaknya waktu yang terbuang untuk hal yang kurang berarti bagi Dia, menyadari betapa beruntungnya aku ini diberi kesempatan untuk berkarya di dunia ini. Apa kabarmu Yola?

  3. ah.. padahal Hotniar lagi nge-prospek ama petani sekitar sono tuh :-) Bilangnya aja Ziarah ha ha ha ha ha

  4. Jangan buka rahasia gitu atuh bos….jadi ketahuan deh hehehehehe.

  5. baik-baik mbak…terima kasih…..

    aku dapat hikmah ttg ziarah dari temanku yg emg ‘pertapa’ hehehe

    sering aku ga habis pikir kenapa ada orang yg bisa ’sibuk’ dg pikirannya…
    ternyata cara demikian bisa kita lakukan saat kita dalam ‘keterbatasan’ fisik

  6. hmm kayak filosofi hidup ya hehehe salam kenal ya :)

  7. iya, emang filosofi hidup kan ya? Cuma kayaknya kog tinggi amat kalo ngomong filosofi ya…..:) Kata-kata yang Yola gunakan filosofinya tinggi banget lagi :)

  8. terkadang kita berfikir kita itu besar dari sekumpulan kelompok yang kecil, tapi ternyata salah, :) kita tidak lebih dari sebuah titik yang hilang ditengah lautan luas :)
    mensyukuri apa adanya adalah langkah yang terbaik :D
    ^^ salam dari jemiro bu

  9. Hello Jemiro…ternyata kamu salah satu dari filsuf masa kini juga ya. Iya..”bersyukur” adalah kata yang indah dan sangat baik, meskipun sering sekali sulit melakukannya dengan tepat. Tapi hati-hati, orang kita sering menggunakan kata “bersyukur” untuk tidak berusaha lagi….merasa apa yang sudah ada sudah cukup untuk disyukuri. Kita harus selalu bersyukur apapun hasil dari usaha kita, dan kita harus tetap berusaha melakukan yang terbaik yang dapat kita lakukan. GBU.

Leave a Reply

*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.