Tenth International Scientific Conference

Tenth International Scientific Conference

UN Millennium Development Goals: Challenges and Perspectives

Godollo, Hungary 23-26 June 2009

 

 

Conference ini merupakan kolaborasi Delhi School of Professional Studies and Research, India dengan Szent Istvan University of Godollo Hungary.  Pertama sekali conference diadakan di luar Delhi India.  Kali ini saya menemukan pembukaan conference yang mengagumkan.  Tidak seperti biasanya, pada conference ini saya datang lebih awal.  Sekitar 80 menit sebelum acara dimulai, saya sudah duduk manis di aula megah tempat acara pembukaan akan dilangsungkan.  Sayang saya tidak bisa mengunggah gambar megah aulanya, karena saat itu kamera saya kehabisan baterai dan chargernya tidak fit ke colokan listrik yang ada di sana.  Kapasitas aula saya perkirakan di atas 1000 orang.  Aula ini adalah tempat mereka melangsungkan wisuda juga.  Saya sempat melihat wisuda mereka yang dilaksanakan tanggal 26 Juni 2009.  Lihat, mereka bisa mengkoordinasikan dengan baik pelaksanaan 2 events yang sangat besar, wisuda dan international conference pada waktu dan tempat yang sama.

 

Kedatangan saya jauh lebih awal bukan karena diniatkan (niatnya hanya datang lebih awal 15 menit), tapi karena kebetulan saya salah ingat jadwal hehehehe.  Acara terjadwal dimulai jam 10.00, tapi saya sudah hadir jam 08.45 (mengingat kebiasaan di Indo acara dimulai jam 09.00 pada umumnya).  Tapi saya tidak menyesal datang lebih awal (peserta pertama yang hadir, bahkan dari antara panitia) karena banyak hal yang bisa saya saksikan dari kerja sama mereka menyiapkan segala sesuatunya.  Saya bisa menyaksikan berapa orang dan siapa saja yang lari pontang-panting menyiapkan segala sesuatunya.

 

Diawali dengan kedatangan Sri Sri Ravi Shankar (pemimpin spritual tertinggi salah satu aliran Hindu di India), disambut oleh media dan kerumunan peserta. Sri Sri Ravi Shankar bukan hanya sebagai pemuka agama, tapi beliau juga intelektual tinggi.  Yang paling saya kagumi dari beliau sejak Januari 2008 (saya ikut meditasinya di Ninth Conference di Delhi tahun lalu) adalah kerendahan hatinya, kelemahlembutannya, dan kebaikannya.  Semua itu terpancar saat beliau berbicara dan melihat ke arah kita. Sri Sri Ravi masuk diikuti dengan panitia dari India dan Hungary, dan disambut dengan sorakan yang sangat meriah dari peserta, baik yang bertampang India maupun yang bukan India.  Sri Sri Ravi masuk tepat jam 10, seperti biasa, dengan jubahnya yang seperti jubah pastor saat mimpin misa.  Karena saya duduk tepat sekali di pintu masuk, saya punya kesempatan mengambil foto Sri Sri Ravi menggunakan HP dan tetap dalam posisi duduk (semua orang sudah berdiri dan mendekat kearah Sri Sri Ravi).  Saat beliau melihat saya mengarahkan kamera HP, beliau berhenti sejenak, melihat ke arah saya dan melemparkan senyumnya yang sangat damai.  Tidak ada kesan sombong sama sekali dalam senyum dan wajahnya, meskipun beliau selalu dielu-elukan kerumuman massa.  Tatapan matanya terasa mengkotbahkan damai dan kasih.  Dalam dua kali kesempatan bertemu dengan beliau, saya selalu berpikir, kapan saya bisa sebaik dan selemah lembut beliau?  Beliau mendedikasikan dirinya buat manusia, khususnya buat kaum miskin di India.  Beliau mendirikan banyak sekolah dan perguruan tinggi.

 

Setelah itu acara dimulai.  President Szent Istvant masuk yang didahului oleh dua orang panitia (salah satunya Prof. B.P. Singh) dan diikuti 2 orang panitia (salah satunya Prof. Ajay Kumar Singh), diiringi dengan lagu singkat.  President Szent Istvan University menggunakan toga lengkap dengan ketua penyelenggara dari Szent Istvan Universty, Prof. Villanyi.  Setelah itu diikuti dengan lagu kebangsaan, semua peserta berdiri.  Welcome greeting diberikan oleh MC, terutama bagi Sri Sri Ravi.  Semua duta besar dari negara peserta diundang, termasuk duta besar Indonesia.  Tapi saya tidak tahu apakah semua duta besar itu atau perwakilannya hadir.  MCnya adalah Dr. Nagy Henrietta. Prof. Villanyi dan Dr. Nagy Henrietta adalah panitia yang selama ini banyak berkomunikasi dengan peserta. Tepuk tangan sangat meriah dan panjang saat memberikan greeting ke Sri Sri Ravi.

 

Lalu welcome speech dari ketua penyelenggara dari India, Prof. B.P. Singh.  Welcome speechnya Prof. B.P. Singh benar-benar berbobot ilmiah, bukan hanya ucapan selamat datang.  Banyak membicarakan perekonomian di negara-negara dunia ketiga.  Speech berikutnya adalah dari Prof. Ajay Kumar Singh, selaku secretary-general  conference (India), berbicara tentang tema conference dan juga tentang perekonomian dunia. 

 

Speech dari president szent istvan univ yang sekaligus jadi ketua penyelenggara.  President ini juga membicarakan hal-hal ilmiah.  Sebelum acara berikutnya dilanjutkan, peserta disuguhkan satu lagu seriosa yang dibawakan penyanyi cantik dan pemain piano cantik.  Lagunya sungguh bagus, suaranya juga sangat merdu. 

 

Acara berikutnya adalah welcome address dari Sri Sri Ravi dan sekaligus diminta membuka jurnal yang dibungkus rapi sebagai simbol pembukaan seminar.  Pada kesempatan itu, setelah acara resmi dibuka oleh Sri Sri Ravi, rektor Szent Istvan University menganugerahkan honorary professor ke Sri Sri Ravi.  Setelah itu diikuti dengan penganugerahan penghargaan ke petinggi-petinggi conference dan juga bagi sponsor dan undangan khusus seperti Master Del Pe.  Sponsor utama conference ini adalah Four Season Hotel, KPMG, Vodafone, Invitel, GTK, Fiat, dan TATA.

 

Sebelum acara dilanjutkan ke plenary session, peserta disuguhkan lagi dengan seriosa dari kedua penyanyi dan pemain piano yang cantik itu.  Plenary sessions diisi oleh dekan School of Management Studies dari salah satu universitas di India, duta besar Afrika Selatan, dan direktur UN FAO regional Eropa dan central Asia.  Plenary sessions diakhiri dengan Ode dari simfoni ke 9 Beethoven.  What such amazing conference  opening.

2 Responses to “Tenth International Scientific Conference”

  1. Yah, masih belum ada juga foto-fotonya :)

  2. kalo yang ini gak ada foto di camera, krn camera nya pas habis baterai dan tidak siap dengan colokan charger yang pas. ada foto-fotonya di HP, tapi belum ditransfer ke laptop hehehehe. Sayang saya tidak jadi membawa handycam, butuh banget tuh saat pembukaan.

Leave a Reply

*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.