sharefb

pesta-blogger-2010

“Dasyat, luar biasa keren!” Itulah kata-kata yang keluar dari para Blogger yang hadir pada Pesta Blogger 2010 di Epicentrum Walk, Rasuna Said 30 Oktober lalu. Acara berlangsung sangat meriah diikuti sekitar 1.500 blogger dari seluruh Indonesia, diantaranya 1.300 peserta yang daftar secara online dan 200 peserta on the spot pada saat acara berlangsung. Dengan mengusung tema “Merayakan Keragaman” (Celebrating Diversity), Pesta Blogger kali ini diharapkan dapat memfasilitasi dan menjembatani kebutuhan para blogger yang sangat beragam. Keragaman tidak hanya dapat menghadirkan perbedaan, tetapi juga dapat menyatukan dan menguatkan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian persembahan tarian Gandrang Bulo dan sambutan mulai dari Ketua Panitia PB 2010 (Mbak Rara), Acer Indonesia, Kedubes Amerika Serikat dan terakhir dari Menteri Pendidikan RI. Dalam sambutan Pak Menteri mengatakan ada empat nilai kunci (key value) yang mesti dimiliki oleh para blogger, diantaranya Connectivity, Transaction, Collaborative dan Transformation. Keempat kunci tersebutlah yang dapat memperkuat jejaring antar blogger. Beliau juga mendeklarasikan tanggal 27 Oktober sebagai hari Blogger Nasional.

Music performance pun diramaikan oleh beberapa artis yaitu Saykoji, Adhitia Sofyan dan White Shoes and The Couples Company serta pertunjukan dari Pearl Jam Indonesia. Ada Pandji Pragiwaksono yang menampilkan Kaleidoskop Media Sosial di Indonesia tahun 2010.

Macam-macam kegiatan pun disediakan pada break out session mulai dari diskusi, sharing, talkshow dan meet-up dengan sesama kawan onliner yang punya minat serupa. Break out session terdiri atas sebelas kelas yang terdiri dari nama pulau-pulau Indonesia. Acara puncak yang dinanti para peserta adalah pengumuman pemenang blog/twitter awards dan beberapa lomba (Guru Era Baru, Photo Contest, Writing Contest) serta door prize. Selama acara berlangsung, ada banyak hadiah yang diberikan dari berbagai sponsor dan media partner di masing-masing booth (stan) dengan mengikuti kuisnya. Acara pun ditutup dengan tarian Saman yang dipersembahkan oleh mahasiswa UI serta foto bersama (bisa dilihat di sini). Pesta Blogger 2010 adalah perhelatan akbar yang memberikan saya banyak informasi, knowledge dan jejaring, terutama membuat saya kembali menulis di blog. Ucapan terima kasih pun saya berikan kepada Bapak Akbar Marwan yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk menjadi panitia Pesta Blogger 2010 (volunteer). Hidup Blogger Indonesia, Merdeka!