sharefb

Siapa yang tak kenal UG Student Journalism alias WartaWarga yang merupakan wadah bagi segenap civitas akademika UG untuk menyalurkan kemampuan menulis dalam menunjang program softskills. Kali ini saya tidak akan membahas kembali apa itu softskills, bagaimana mekanisme dan prosedur pelaksanaan kegiatan perkuliahan pada matkul yang adaptif terhadap pengembangan softskills dan sistem evaluasi kinerja mahasiswanya karena saya rasa sudah di luar kepala semua, khatam. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri ada sebanyak 2000an mahasiswa yang melakukan perbaikan matkul softskills karena mendapat nilai ‘P’ atau ‘E’. Tanya kenapa? Saya pun tidak akan membahas itu juga. Lantas apa yang akan dibahas? Jumat, 19 Februari 2010 Gunadarma meluncurkan ‘New WartaWarga’ sehubungan beberapa pesanan para penggiat WartaWarga yang menginginkan adanya penambahan fitur baru. Ada apa aja sih? Yuk… mari kita lihat bersama screenshot-nya terlebih dahulu.

wartawarga

Beberapa penambahan fitur diantaranya.

1. Terdapat empat Headline Post (Features Post), yaitu artikel yang sedang marak diperbincangkan (hot news) yang muncul secara acak (random) di bagian homepage (frontpage). Hal ini dimaksudkan supaya mahasiswa tahu berita-berita terbaru (update) yang sedang berlangsung, baik itu yang bersumber dari lingkungan kampus maupun luar.

2. Pada sidebar kanan terdapat satu paket fitur yang berisi tabPopular’, ‘Most Comments’, ‘Search’ dan ‘Archives’.

- TabPopular’ berisi Top artikel (Top Post) yang ditulis oleh mahasiswa karena sering dibaca oleh pengunjung dan memberikan respon berupa komentar, thumbs up (not down) dan penilaian artikel dengan menggunakan bintang atau istilahnya star ratings. Pada tab ini terdapat lima artikel terbaik yang terpilih.

- TabMost Commentsberisi judul artikel yang memiliki banyak komentar.

- TabSearchberfungsi untuk memudahkan pencarian segala artikel pada UG WartaWarga ini.

- TabArchivesberfungsi untuk menampilkan daftar arsip seluruh artikel tiap bulannya.

3. Terdapat iframe Berita Studentsite yang persis sama pada http://studentsite.gunadarma.ac.id

4.  Lima judul terbaru untuk beberapa kategori pun sudah ada di halaman utama WartaWarga [update] :)

Secara keseluruhan tata letak fitur UG WartaWarga pun sudah terlihat lebih simple. Semoga dengan adanya penambahan fitur baru, para UG’ers menjadi lebih betah berlama-lama dan lebih kreatif untuk menulis serta berbagi informasi.