Fivi Fauzi

Universitas Gunadarma Staff

Bung Hatta

images.jpg

Bung Hatta yang dikenal jujur, sabar, cerdas, dan penuh ide ini memegang teguh prinsip yang diyakininya. Sebagai contoh adalah prinsip demokrasi yang diyakini beliau dapat membantu perbaikan kehidupan bangsa. Untuk itu beliau ikut memperjuangkan status Indonesia sebagai negara kesatuan yang dapat mengakomodasi aspirasi semua golongan tanpa kecuali. Beliau ikut mendukung dicabutnya pengusulan pembentukan negara yang memihak pada golongan tertentu saja.

Keteguhan Pak Hatta dalam memegang prinsip bukan semata-mata untuk kepentingan pribadi, melainkan untuk kepentingan bangsa. Ketika beliau berseberangan prinsip dengan pemerintah yang sedang berkuasa saat itu, beliau rela mengundurkan diri guna mempertahankan kesatuan bangsa.

Bung Hatta yang lembut hati, selalu mencari strategi untuk berjuang tanpa kekerasan. Senjata ampuh yang digunakan tokoh proklamator kita ini adalah otak dan pena. Dari pada melawan dengan kekerasan beliau lebih memilih untuk menyusun strategi, melakukan negosiasi, lobbying, dan menulis berbagai artikel dan buku untuk memperjuangkan nasib bangsa. Prinsip tanpa kekerasan ini muncul karena rasa hormat Bung Hatta pada sesama manusia, baik kawan atau pun lawan. Walaupun Bung Hatta tidak setuju dengan pendapat atau pun seseorang, beliau tidak lalu membenci orang tersebut, tetapi tindakan dan pendapatnyalah yang tidak beliau setujui.
Misalnya saja, Bung Hatta yang sangat kuat keteguhan beragamanya tidak menyukai hal-hal yang berbau duniawi yang pada saat itu umumnya berasal dari negeri seberang. Tapi bukan berarti dia lalu membenci orang-orang asing. Beliau memiliki banyak teman bangsa asing dan banyak pemikiran bangsa asing yang positif (disiplin, etos kerja positif) yang beliau adaptasi untuk kemajuan bangsa. Sikap ini menyebabkan Bung Hatta dihormati oleh semua orang: kawan atau pun lawan.

Bung Hatta selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam segala hal, misalnya dengan bersikap hati-hati dan melakukan perencanaan yang matang. Semua tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dilakukan dengan sepenuh hati, dan direncanakannya dengan sebaik mungkin agar memperoleh hasil yang maksimal.
Semua pidato dan kata-kata beliau untuk publik pun disiapkan secara profesional. Keputusan-keputusan diambil setelah sebelumnya dipikirkan dengan saksama dan didukung dengan data dan informasi yang cukup. Beliau tidak menginginkan terjadinya kegagalan yang disebabkan kecerobohan atau pun karena kurang persiapan.

Bung Hatta merupakan tokoh yang selalu berkarya nyata. Salah satu karya monumental beliau adalah bentuk koperasi. Pemikiran ini dituangkan pada pembentukkan koperasi pengusaha batik, yang akhirnya sukses sampai saat ini. Koperasi tersebut berhasil mendorong kemajuan bagi pengusaha batik dan memberi mereka kesempatan untuk memperluas usaha dengan ekspor. Karya-karya lainnya adalah berbentuk tulisan.
Pada saat bangsa Indonesia masih berkutat untuk menumbuhkan minat baca, beliau sudah jauh lebih maju, yaitu dengan memberikan teladan bagi bangsa Indonesia untuk menumbuhkan budaya menulis. Kegiatan tulis-menulis ini telah beliau lakukan sejak masih belajar di negeri Belanda sampai akhir hayatnya. Tak terhitung lagi jumlah artikel dan buku yang telah beliau tulis. Sebuah monumen intelektual berupa perpustakaan di Bukittinggi pun telah didirikan untuk mengenang Pak Hatta.

Walaupun Bung Hatta sudah tiada, beliau tetap hidup melalui pemikiran, prinsip, dan kualitas pribadi beliau yang positif. Menjelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia, bersamaan dengan 100 tahun kelahiran tokoh proklamator kita ini, sudah selayaknyalah kita teladani sisi positif kualitas kepemimpinan beliau yang berpegang teguh pada prinsip, berjuang tanpa kekerasan, berusaha melakukan yang terbaik, dan senantiasa berkarya untuk kepentingan bangsa.

Biografi:

Dr. H. Mohammad Hatta (disebut juga Bung Hatta, *Bukittinggi 12 Agustus 1902 - +Jakarta 14 Maret 1980) adalah pejuang, negarawan, dan juga wakil presiden RI yang pertama.Bung Hatta lahir dari keluarga ulama Minangkabau, Sumatra Barat.Pendidikan menengah didapatnya di Batavia, yang kemudian dilanjutkan ke Rotterdam, Belanda untuk belajar ilmu perdagangan/bisnis pada tahun 1921.
Di Belanda, ia kemudian tinggal selama 11 tahun.
 

Perjuangan

  •  Pada tahun 1927, Hatta bergabung dengan Liga Menentang Imperialisme dan Kolonialisme di Belanda, dan disinilah ia bersahabat dengan nasionalis
    India, Jawaharlal Nehru. Aktivitasnya dalam organisasi ini menyebabkan Hatta ditangkap pemerintah Belanda. Hatta akhirnya dibebaskan, setelah melakukan pidato pembelaannya yang terkenal: Indonesia Free.

  •  Pada tahun 1932 Hatta kembali ke Indonesia dan bergabung dengan organisasi Club Pendidikan Nasional Indonesia yang bertujuan meningkatkan kesadaran politik rakyat
    Indonesia melalui proses pelatihan-pelatihan. Belanda kembali menangkap Hatta, bersama Soetan Sjahrir, ketua Club Pendidikan Nasional Indonesia pada bulan Februari 1934. Hatta diasingkan ke Digul dan kemudian ke Banda selama 6 tahun.

  • Pada tahun 1945, Hatta secara aklamasi diangkat sebagai wakil presiden pertama RI, bersama Bung Karno yang menjadi presiden RI.

  •  Pada tahun 1956, Hatta mengundurkan diri dari posisi wakil presiden RI.

-Bangsa yg besar adalah bangsa yg tidak pernah melupakan jasa para guru, pemimpin & pejuangnya- (Pepatah)

 

Wanted

cover.jpg

Wes (James McAvoy), 25 tahun, pria paling payah yang pernah ada. Hingga ia bertemu dengan Fox (Angelina Jolie)

Setelah ayahnya terbunuh, Fox yang ganas merekrut Wes dalam Fraternity, sebuah kelompok rahasia untuk melatih Wes membalaskan dendam kematian sang Ayah dengan mengasah kekuatannya. Wes mendapati bahwa kelompok ini bertahan karena: kematian adalah bagian dari takdir

Dengan pelatih-pelatih yang hebat – termasuk pemimpin Fraternity, Sloan (Morgan Freeman) – Wes menikmati kekuatan yang belum ia miliki sebelumnya. Namun lambat laun ia mengetahui bawah makin banyak pula bahaya yang ia hadapi. Sebagai jagoan baru, Wes mendapatkan ilmu yang tidak ia dapatkan dari orang lain: hanya dia yang dapat menentukan nasibnya

Jenis Film : Action

Produser : Marc E. Platt, Jim Lemley, Jason Netter, Iain Smith

Produksi : Universal Pictures

Homepage : http://www.wantedmovie.com/

Quantum Ikhlas

 cover.gif

Quantum Ikhlas - Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati

 Buku spiritual science motivation ini menukik jauh melampaui kekuatan berpikir positif, untuk mengakses daya terbesar manusia yaitu kekuatan perasaan positif dari dasar hati yang ikhlas.

Aplikasi spiritual technology yang memanfaatkan ilmu fisika kuantum, the law of attaraction, dan nilai-nilai luhur Ketuhanan untuk meraih sukses lahir-batin di era milenium.

  • Meng-upgrade otak secara cepat dan progresif
  • Mengakses alam bawah sadar dengan otomatis!
  • Menanam kode sukses di DNA dengan software-Doa

Buku revolusioner yang sarat dengan teknologi transformasi diri mutakhir yang siap melontarkan anda ke puncak keagungan manusia paripurna. Bacalah buku ini dan hidup anda akan berubah.

Pengarang: Erbe Sentanu

Penerbit: PT. Elex Media Komputindo

 Edisi: Soft Cover 

ISBN: 978-979-27-0405-1

Tgl Penerbitan:  Mei 2007

Bahasa: Indonesia 

Halaman: 236

 Ukuran: 15 x 17 cm 

No Pain No Gain

cover-no-pain-no-gain.jpg

No Pain No Gain Metode Sukses Pribadi dalam Studi, Karier, dan Bisnis

‘Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian’. Pepatah inilah yang menjadi tema penulisan buku ini. Tak ada kebetulan, nasib baik atau keberuntungan. Atau yang sering kita sebut ‘Jatuh dari Langit’. Semua sukses pasti diawali dengan kerja keras dan tekad. Yang menarik dari buku ini adalah penulisnya berani menjawab dan menjabarkan secara lugas, tentang: Mengapa ada orang miskin, bodoh, menderita? Benarkah penyebab kegagalan atau penderitaan hidup dipengaruhi oleh factor pendidikkan, SARA, nasib buruk, atau Tuhan? Mungkinkah seseorang bisa meraih sukses berkesinambungan jika diberi kesempatan, kemudahan, atau proteksi?Melalui proses belajar, pengamatan, wawancara dengan banyak orang di segala kalangan dan latar belakang, penulis menemukan bahwa: -sukses tidak jauh dari langit. Setiap orang yang sukses secara halal dan berbahagia pasti lebih meraih tujuannya melalui strategi meritokratis, perjuangan, pengorbanan, dan pergumulan yang tak kenal lelah-. Orang yang tidak mempunyai tujuan hidup yang meritokratis, serta tidak berani membayar harga sukses dengan keringat dan air mata, hanya akan menjadi ‘Si Pungguk merindukan bulan’. Sukses hidup adalah suatu pilihan, komitmen pribadi, dan bukan karena faktor kebetulan atau nasib. Jika Anda ingin sukses dan berani membayar ‘biayanya’, cepat atau lambat Anda akan sukses. Bacalah buku ini, dan ikutilah uraian-uraian gamblangnya yang akan mengantarkan Anda menuju sukses pribadi, baik studi, karier, maupun bisnis.

Pengarang: Johanes Lim, Ph.D.

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

 Edisi: Soft Cover 

ISBN: 979-605-830-8; 20897830 

Tgl Penerbitan:  Januari 1997 

Bahasa: Indonesia 

Halaman: 192 Ukuran: 18 x 24 cm 

Kungfu Panda

kungfu-panda.jpg 

Penuh antusias, gemuk dan ceroboh, Po (Jack Balck)adalah penggemar berat bela diri Kung Fu…meskipun ia bukanlah mahkluk yang cekatan. Mimpi Po menjadi kenyataan saat ia bergabung di dunia Kung Fu dan berlatih diantara idolanya, Si Monyet (Jackie Chan) – dibawah kepemimpinan guru mereka, Master Shifu (Dustin Hoffman). Namun si macan tutul Tai Lung (Ian McShane) yang pendendam dan licik memiliki niat jahat terhadap mereka – dan semua tergantung pada Po untuk melindungi semua dari ancaman yang akan mereka hadapi

Dapatkah Po mewujudkan mimpinya menjadi seorang ahli Kung Fu? Po memberikan seluruh hatinya – dan pengait celananya - , bertindak layaknya pahlawan untuk menemukan kelemahan utamanya dan menjadi yang terkuat.

Jenis Film : Animation - Semua Umur (general)

Produser : Melissa Cobb

Produksi : Dreamworks Animation

Homepage : http://www.kungfupanda.com

BezFren

Dikala susah, hepi, butuh bantuan, butuh support, mau berbagi crita.. 

Siapakah orang yg slalu ada untuk kita?? 

..I called it, BezFren.. 

BezFren adalah orang yg ada slalu untuk kita di stiap situasi & kondisi, orang yg slalu mengingatkan kita ketika susah & senang, orang yg tidak pernah bosan mengingatkan ketika kita melakukan kesalahan berulang”. 

Alhamdulillah saya orang yg sangat beruntung karena mempunyai beberapa BezFren yg gorgeous. One of em is my vater. Karena momy saya orang yg cenderung tidak banyak bicara, so saya jadi lebih dekat ma papa. 

Papa adalah BezFren 24 jam. Kenapa begitu??

 Alasan yg utama karena saya tinggal satu atap ma beliau :D  

Kalau ditanya siapa orang yang banyak mempengaruhi hidup saya? 

Jawabannya pasti papa. Papa adalah ‘nafas’ , motivator & supporter tetap untuk hidup saya. Ketika orang lain menganggap saya tidak mampu, papa yg slalu support saya. Banyak ‘virus’ baik yang papa tularkan pada saya, prinsip & perspektif hidupnya. Dengan beliau saya bisa ngomongin apa aja, dari masalah hukum, politik, agama, social sampai curhat pribadi (kalau technology papa blm jadi ‘staf ahli’ :D) & papa tau smua teman” saya. Papa bukan type orang yg suka melarang anak”nya (kecuali sudah keluar dari koridor agama). Papa& momy mendidik kami dengan basic agama yg cukup baik (kalau masih banyak yg kurang, itu adalah kesalahan saya). Pokoke, papa orang yg paling mengenal saya, sampai” neh saya tidak bisa berbohong dengan beliau (Ooops! Sorry pap..). Bahasa kerennya, ‘no secret between us’. Alhamdulillah saya sangat beruntung punya ortu yg begitu gorgeous, tanpa didikan mereka, saya tidak menjadi seperti sekarang ini (walau masih banyak yg perlu diperbaiki & dipelajari). Hal yang tidak pernah bosan papa ingatkan pada kami adalah sholat lima waktu dan salah satu petuah papa yg slalu saya ingat yaitu ‘gimana buat orang menghargai kita bukan dari apa yg kita miliki tapi dari akhlak yang kita punya’. Saya sangat berterimakasih sama papa , karena sudah mau memberikan kupingnya untuk mendengarkan rutinitas saya sehari” & mendengarkan curhatan saya. Tengkyu so much pap.. :-* 

Papa adalah my picture perfect. Papa yg sholeh, smart, perhatian, warm, low profile, wise. Saya sangat bangga punya ‘BezFren’ seperti beliau, how lucky I am.  

So, jika ortu atau bezfren masih ada di tengah” kita, nikmatin & syukuri kebersamaan dengan mereka. Masa” dimarahin, di‘ceramahin’, dingambekin.., nikmatin aja, hehehe. 

Memiliki ortu seperti papa & momy adalah anugerah untuk hidup saya & doanya adalah berkah untuk hidup saya. 

-Jangan merasa bangga dengan penghormatan orang karena harta dan kekuasaanmu. Penghormatan itu akan berakhir bila harta dan kekuasaanmu lenyap. Berbanggalah apabila penghormatan itu karena agama dan akhlakmu- (Ulama besar Ibnul Muqqafa) 

-Sebaik-baiknya saudara atau teman ialah bila engkau lupa dia mengingatkan dan bila engkau ingat dia menolongmu- (Pepatah)  

Differences between engineer and lecturer

Setelah 4 tahun “melalang buana” di luar dunia kampus…, akhirnya saya kembali lagi ke kampus tercinta Gunadarma University.

Banyak yg menanyakan kenapa akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke “habitat” kampus?? Jawabannya cuman satu “pilihan hidup”. Setiap orang pasti punya alasan kenapa mereka mengambil pilihan”nya tsb..

Kalau ditanya enakan mana antara being engineer or lecturer??

mmm..pastinya setiap pekerjaan ada konsekuensi di dalamnya..

Kalau engineer hidup kita “abis” di waktu, apalagi kalau ada masalah di user. Tapi sampai di rumah, kita bisa melakukan hal” yg kita senangi..

Sementara, kalau jadi lecturer..waktunya lebih sedikit fleksibel…, tapi…kita dituntut untuk selalu up 2 date dalam disiplin ilmu yg kita miliki . So, pulang ke rumah mesti tetep blajar…dan blajar…

Dan saya sangat bruntung saat ini join w/ LePKom karena saya berada di wadah yang tepat untuk slalu up 2 date sesuai dengan disiplin ilmu yang saya punya.

 Well, apapun pekerjaan yang kita miliki…, kita harus bersyukur & menikmati smua konsekuensinya. Setiap pekerjaan pasti ada pembelajarannya buat kita, baik itu yg nyebelin, yg buat hepi, yg bikin pusing, yg dikerjar” deadline. Suatu saat kita pasti mensyukuri pernah dapat “pelajaran” dari itu smua. Dan smoga dari apa yg kita kerjakan akan berguna & mendapat berkah bagi diri kita, kelg & org banyak. Amin.

-Engkau berpikir tentang dirimu sebagai seonggok materi semata, padahal di dalam dirimu tersimpan kekuatan tidak terbatas- (Ali bin Abi Thalib)

Welcome to Fivi’s Blog

Just another blog..

Melalui blog ini saya ingin berbagi beberapa hal dengan teman”. Harapan saya blog ini akan berguna bagi saya juga bagi pembacanya..

-Manusia tidak dituntut kesempurnaan dalam hidupnya, tetapi dituntut agar kehidupannya hari ini lebih baik daripada kehidupannya kemarin- (Ulama)

  

Calendar

September 2017
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.