SALAH SEMUA / BENAR SEMUA ?

Disebuah perkampungan ada seorang Ayah dan anaknya yang berusia 10 tahun sedang melakukan perjalanan ke suatu tempat, mereka berjalan beriringan, sang Ayah menggandeng seekor kuda disebelah kiri dan anaknya disebelah kanannya.

Sedang asyiknya mereka berjalan beriringan dan bergandengan tangan melintasi  perkampungan tersebut, tanpa disadari mereka menjadi perhatian warga kampung yang di laluinya, terhenti perjalanan mereka karena di cegat oleh warga setempat,  mereka bersalaman lalu warga bertanya :

Warga 1  ;  Maaf, anda punya seekor kuda, kenapa anak anda tidak dinaikkan ke atas kuda  ?  bukan kah salah satu penggunaan kuda untuk di tunggangi ?  jika anda tidak ingin mengunggangi kuda ini, alangkah baiknya anda naikkan anak anda, kasihan kan anak anak anda yang masih kecil.

Akhirnya si Ayah menaikkan anaknya ke atas kuda, kemudian mereka berjalan kembali melanjutkan perjalanannya, selang berapa menit perjalanan mereka terhenti  karena di cegat lagi oleh warga lainnya, kembali mereka bersamalan dan tegur sapa, diantaranya ;

Warga 2 ; Maaf, anak anda menunggangi kuda sementara anda ayahnya berjalan menggandeng kuda,  kenapa anda tidak mengajarkan akhlak yang baik kepada anak anda terhadap orang tua.

Ayah : maksud lu ! :)

Warga 2 ; Ajarkan anak anda menghormati orang tua, jadi sebaiknya anda yang menunggangi kuda, anak anda yang menggandeng kuda supaya anak anda bisa menjadi anak yang ber akhlak baik, hormat dan patuh kepada orang tuanya.

Sang Ayah mengikuti anjuran Warga 2 yang memberikan nasehat kepadanya dengan menurunkan anaknya dari atas kuda dan sang ayah yang menunggangi kuda, sekarang anaknya yang menggandeng kuda.

Perjalananpun dilanjutkan oleh mereka, di perjalanan selanjutnyapun mereka di hentikan lagi oleh warga lainnya,  terjadi lagi percakapan diantara mereka sbb :

Warga 3 ; Anda ini gimana sih, anda punya seekor kuda itu gunanya ya di tunggangi, kenapa anda hanya menunggangi kuda sendiri sementara anak anda hanya menggandengnya, anda kok ga kasihan dengan anak sendiri yang masih kecil. Sebaiknya anda berdua menunggangi kuda ini agar anda berdua tidak kecapean.

Akhirnya sang ayah dan anaknya menunggangi kuda itu bersama malanjutkan perjalanannya, sedang mereka  menikmati perjalanan tersebut, tiba-tiba mereka di berhentikan lagi oleh warga lain, dan warga itupun bertanya kembali kepada sang ayah ;

Warga 4 ; Anda ini gimana sih, kok tega-teganya menunggangi kuda berdua sekaligus, apa anda tidak kasihan dengan kuda anda yang terlihat sudah sangat kelelahan karena keberatan beban ? dimana perasaan anda sebagai seorang yang bijak ? anda seharusnya mendidik anak agar menyayangi binatang karena itu sangat baik untuk anak.

Sang ayah dan anaknya bingung, sambil menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal, mereka berfikir mana yang harus di ikuti ?

Hikmahnya :

1. Apapuun yang anda kerjakan yang menurut pendapat anda baik, belum tentu baik di mata orang lain,

2. Sudut pandang juga sangat berperan dalam menelaah suatu permasalahan yang dihadapi,

3. Waktu / Moment juga punya andil dalam hal diatas, karena masing-masing warga melihat yang berbeda dari sudut pandangnya,

4. dstnya.

Wallahu A’lam Bissawab mana yang mau di pilih.

Leave a Comment

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Comment:

*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.