Pentingnya NIDN untuk semua Dosen

NIDN adalah Nomor Induk Dosen Nasional, NIDN berfungasi sebagaiIdentitas Dosen se Indonesia, NIDN wajibkan dimiliki oleh seluruh Dosen yang mengajar di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, NIDN juga menjadi Identitas untuk segala urusan yang menyangkut dengan Dosen diantaranya sebagai berikut :

1. Menjadi Identitas Akurat untuk siapapun yang mengaku diri sebagai Dosen,

2. Menjadi Identitas Akurat untuk pengurusan Sertifikasi  Dosen masing-masing,

3.  Menjadi Identitas Akurat untuk Perguruan Tinggi dimana Dosen tersebut berada,

4. Menjadi Identitas Akurat untuk Perguruan Tinggi dalam pengurusan / pengajuan Proposal kemanapun,

5. Menjadi Identitas Akurat untuk Perguruan Tinggi dalam kebutuhan Publikasi Nasional maupun Internasional,

6. Digunakan juga untuk pengarsipan documen Riwayat Pendidikan Dosen diantaranya documen :    a) KTP,    b) Ijazah D1 - S3,    c) SK Pengangkatan Dosen,    d) SK Jabatan Fungsional,   e) Transkrip Nilai D1 - S3,    f) dll

Contoh Pengarsipan dokumen diatas sbb :

a) 03-0112-6402-ktp.jpg,

b) 03-0112-6402-s1.jpg,   03-0112-6402-s2.jpg,   03-0112-6402-s3.jpg,

c) 03-0112-6402-sk-1.jpg,    03-0112-6402-sk-2.jpg,

d) 03-0112-6402-aa.jpg,    03-0112-6402-le.jpg,

03-0112-6402-lk.jpg,    03-0112-6402-gb.jpg,

7. Menjadi Identitas Akurat untuk bukti di Akhirat bahwa yang bersangkutan adalah benar berprofesi sebagai Dosen di Dunia ( he…he…he….),

17 Comments so far »

  1. bambang_gunawan said,

    Wrote on April 30, 2009 @ 5:38 pm

    Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, dosen mati meninggalkan NIDN

  2. Budi Hermana said,

    Wrote on April 30, 2009 @ 5:50 pm

    Wuihh, contoh postingan kelas dunia dan akherat ya kayak gini nih Beh hehehe

  3. fikri said,

    Wrote on April 30, 2009 @ 5:53 pm

    Jangan gitu dong coy, kalo dosen mati tetep meninggalkan amal baik/jahat, anak-istri, dan warisan/hutang kaliii.

  4. fikri said,

    Wrote on April 30, 2009 @ 5:55 pm

    nah untuk point 6 diharapkan semua dosen membuat file scan nya masing2 supaya punya dokumen arsip dan apabila dibutuhkan kan tinggal cetak dan kirim,ok,tx.

  5. linda hevira said,

    Wrote on November 12, 2009 @ 1:30 pm

    saya udah nurus fungsional nich..tapi keluarnya lama sekali…

  6. dayang said,

    Wrote on December 19, 2009 @ 1:39 pm

    caranya bagaimana ? dan tahapannya seperti apa?

  7. fikri said,

    Wrote on December 20, 2009 @ 3:12 pm

    Ya memang lama tp sering2 aja di tanyakan kepada yg mengurus, memang harus sedikit cerewet biar masing2 mengingatkan tugasnya.

  8. fikri said,

    Wrote on December 20, 2009 @ 3:14 pm

    Ya kalo anda sdh jadi dosen kan pasti diminta berkas2 nya untuk pengurusan NIDN tersebut oleh iinstansi / PT yg mengurusnya, kl belum ya tanyakan ke instansi / PT dimana anda menjadi dosen ?

  9. Hariati said,

    Wrote on May 20, 2010 @ 5:30 pm

    Salam kenal,,

    Saya senang menemukan blog anda. Karena sangat bermanfaat. Saya ingin mengetahui beberapa hal semoga anda berkenan membantu.
    1) Apakah ketika pertama kali kita melamar ke PTS bisa langsung menjadi dosen tetap yayasan? Apa persyaratannya?

    2) Apakah prosedur penetapan menjadi dosen tetap mutlak hak yayasan dan hanya berupa pelaporan saja ke kopertis atau prosesnya menunggu kesempatan yang diberikan kopertis /ada kuota dari kopertis?

    terima kasih sebelumnya atas informasi anda.

    Best Regards,

    Bundanya rafif

  10. fikri said,

    Wrote on May 20, 2010 @ 6:44 pm

    Untuk Jawaban :
    1. Tergantung PTS masing2, bagaimana kebijakan internalnya, tapi yang pasti memang mutlak kewenangan PTS yang menerima.
    2. Ya benar mutlak Yayasan yang bersangkutan, tidak ada campur tangan kopertis.
    Demikian, terima kasih.

  11. fatma said,

    Wrote on June 18, 2010 @ 11:15 pm

    aku sudah punya NIDN karena honor di PTS, apakah bisa pindah tempat ngajar ke PTN misalnya? apa pengaruhnya buat karir aku kalu pindah?

  12. abel said,

    Wrote on October 26, 2010 @ 10:46 am

    asw,,kalo seseorang sudah memiliki NIDN kemudian apa yg kmudian mnjadi pembeda dgn dosen yg blum memiliki NIDN??apakah kemudian yg memiliki NIDN maka memiliki tunjangan fungsional???klo iya blh tau nominalnya??thx for your information…

  13. rey said,

    Wrote on December 13, 2010 @ 7:39 am

    saya ingin bertanya, saya sudah mengajukan jabatan fungsional ke IIIa. tapi masih belum kelar. jika nanti sudah keluar jabatan fungsional IIIa, apakah saya sudah langsung menjadi dosen kopertis? apa saja hak/kewajiban yang saya dapatkan?
    btw gaji dosen kopertis sama nda dengan negeri? ;-)
    terima kasih :-)

  14. Karyanto said,

    Wrote on January 20, 2011 @ 8:00 am

    Terima kasih atas informasinya pak. Saya skr sudah menjadi PNS di Instansi Pemerintah. Tetapi saya juga mengajar sebagai dosen di sebuah Universitas swasta. jadi status saya adalah dosen terbang dan hanya mengajar di jam2 selain jam tugas saya sebagai PNS. pertanyaannya:
    1. Apakah saya juga bisa mendapatkan NIDN?
    2. Bagaimana urutan pengusulannya secara garis besar sj.

  15. Aresto said,

    Wrote on March 4, 2011 @ 11:43 am

    senang bs menemukan blog anda…:)… mau tanya nie mas…..bulan kemarin kan saya dipanggil wawancara oleh sebuah PTS, kemudian saya dinyatakan diterima sbg dosen honorer…kemudian melengkapi berkas utk diuruskan NIDN…ternyata sampe skrg blm jg ada SK mengajar dr PTS itu dikarenakan NIDN blm turun…apakah adanya NIDN itu mutlak sbg prasyarat dosen utk mengajar…kok ada jg dosen yg sudah mengajar, tp blm mempunyai NIDN..mohon penjelasannya..terimakasih..

  16. Aresto said,

    Wrote on March 4, 2011 @ 11:45 am

    seanng bisa mengunjungi blog anda..:)… mau tanya nie mas…..bulan kemarin kan saya dipanggil wawancara oleh sebuah PTS, kemudian saya dinyatakan diterima sbg dosen honorer…kemudian melengkapi berkas utk diuruskan NIDN…ternyata sampe skrg blm jg ada SK mengajar dr PTS itu dikarenakan NIDN belum turun…apakah adanya NIDN itu mutlak sbg prasyarat dosen utk mengajar…kok ada jg dosen yg sudah mengajar, tp blm mempunyai NIDN..mohon penjelannya..terimakasih..

  17. edi said,

    Wrote on March 23, 2011 @ 7:55 am

    Tolong dong kasih tahu bagaimana cara mengurus NIDN dan dimana, saya dosen STAIN Pontianak. makasih

Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Comment

Name: (Required)

E-mail: (Required)

Website:

Comment:

*
Untuk membuktikan bahwa anda bukan spam engine, mohon ketikkan kata2 disamping ini pada kolom dibawah ini.
Anti-Spam Image

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.