Doddy Iskandar
Universitas Gunadarma Staff Blog
 

03 6th, 2009
WEB 2.0
Author: doddy_iskandar

Istilah Web 2.0 mulai dikenal pada konferensi O’Reilly Media Web 2.0 pada tahun 2004, istilah ini diartikan sebagai versi baru dan World Wide Web (WWW) yang telah dikenal luas sejak era dot com. Setelah istilah Web 2.0 mulai popular, maka barulah konsep website konvensional disebut dengan Web 1.0 untuk mempermudah perbandingan. Berbeda dengan istilah lain yang menambahkan digit untuk mnenunjukkan fitur atau hal baru yang bersifat teknikal, istilah Web 2.0 tidak merujuk pada hal-hal teknikal. Artinya, Web 2.0 tidak menampilkan sebuah teknologi yang baru secara signifikan (walau beberapa Web 2.0 menyertakan teknologi canggih), tetapi pengertian Web 2.0 lebih merujuk pada sebuah konsep, menyangkut cara developrnent, dan penggunaannya di Internet.

Contoh-contoh Web 2.0 sebenarnya adalah website-website situs yang sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang sering menggunakan Internet, dan mungkin merupakan situs-situs yang diakses setiap harinya, seperti Wikipedia, e-Bay, Friendster, dan masih banyak lagi. Apakah keunikan dan website-website tersebut sehingga menyandang predikat Web 2.0? Menurut definisi oleh Tim O’Reilly (pendiri dari O’Reilly Media), Web 2.0 adalah sebuah revolusi bisnis pada industri komputer yang dikarenakan oleh perpindahan Internet menjadi sebuah platform.

Contoh untuk mempermudah pemahaman konsep Web 2.0 adalah dengan melihat contoh perbandingan antara website konvensional (Web 1 .0) dengan website yang telah termasuk kedalam Web 2.0. Pada era booming dot com, sedemikian banyak orang yang membuat website pribadi sehingga halaman pertamanya rata - rata menuliskan “Welcome to My Personal Homepage”, tidak lupa menambahkan fasilitas buku tamu dan web counter. Dengan perubahan kearah konsep Web 2.0, website-website pribadi itu menjelma menjadi blog. Blog adalah Web 2.0, sehingga kita akan terlihat ketinggalan zaman ketika menanyakan kepada rekan kita apakah telah memiliki website pribadi, tetapi akan terlihat lebih modern dan gaul ketika menanyakan apakah ia memiliki blog. Hal tersebut adalah sebuah revolusi yang jelas terlihat pada industri komuter saat ini. Secara teknis mungkin tidak ada hal yang benar benar merupakan teknologi baru untuk membuat blog, tetapi lihatlah bahwa sebuah web yang menyediakan host service blog, seperti wordpress.com, blogspot.com, dan lain sebagainya secara strategis telah menjadi sebuah platform untuk komunitas blogger berkolaborasi. Contoh-contoh lain transformasi Web 1 .0 menjadi Web 2.0 terdapat pada tabel

WEB 1.0 WEB 2.0
Double Click Google adsense
Ofoto Flickr
Akamai BitTorrent
Mp3.com Napster
Britannica Online Wikipedia
Page View Cost Per Click
Content Management System Wikis
Directory ( Taxonomy ) Tagging ( Folksonomy )
Stickiness Syndication

Contoh Transformasi WEB 1.0 menuju WEB 2.0

REFERENSI

Nurjadi Joko, Web 2.0, PC Media, 01/2008


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.