Budi Hermana

Universitas Gunadarma

Archive for the ‘Jalan-Jalan’


Published January 4th, 2017

Sepekan di Eropa Daratan

Kami berdua belas berkelana di Eropa cuma sepekan saja, berangkat 29 November, sudah mendarat lagi di bandara Soetta tanggal 6 Desember 2016. Tujuan utamanya adalah studi banding ke beberapa obyek wisata yang diperkirakan cocok dikembangkan di UG Technopark. Taman teknologi yang dikelola oleh Universitas Gunadarma ini berlokasi di Cikalong, kabupaten Cianjur. Sasaran utamanya adalah contoh kebun Botani dan taman miniatur, juga beberapa contoh lanskap atau taman kota di Den Haag, Amsterdam, Koln, Brussel, dan Paris.

(more…)

Published January 4th, 2017

Liburan di Kampung Halaman

Jelang pergantian tahun, kami sekeluarga berliburan di Majalengka. Sedari awal, ada tiga obyek wisata rintisan yang jadi sasaran. Pertama, Curug Muara Jaya dengan air terjun bertingkatnya berjarak 24 km dari Kota Majalengja. Kedua, sengkedan atau terasering di Panyaweuyan yang berdekatan dengan Curug Muara Jaya. Dan terakhir, Waduk Jatigede yang mulai penuh setelah diisi sejak Agustus 2016 yang berjarak 28 km dari Majalengka.

(more…)

Published November 2nd, 2009

Riweuh

Terakhir ngeblog tanggal 14 Oktober 2009, dan itu satu-satunya postingan di bulan Oktober. Produktifitas ngeblog yang rendah :) Memang susah jika lagi bad mood atau jika kata anak muda sih males mode on. Padahal sumber atau ide postingan sih banyak, terutama urusan kerjaan :) Daripada lupa kegiatan selama sebulan yang lalu, akhirnya dengan sangat terpaksa saya menulis lagi deh :) Itung-itung mendokumentasikan kegiatan dan agenda pekerjaan yang akhirnya terlewat sudah.

(more…)

Published October 14th, 2009

Belakang Layar

Keindahan panorama alam dan situs budaya di layar kamera kadang tidak seindah orang-orang di belakang layar :) Ketika kita terkesima dengan adegan di layar kaca, mungkin kita sedikit lupa dengan tingkah polah dan kekonyolan orang-orang yang merekam adegan itu. Itulah sedikit gambaran ketika saya dan rekan-rekan harus menjadi orang di belakang layar :) Mimpinya sih mau membuat semacam museum virtual tentang kebudayaan Indonesia yang berbasis komunitas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi :)

(more…)

Published September 23rd, 2009

Melepas Rindu

Ketika mentari masih terlihat bermalas-malasan untuk menyapa di pagi hari, seorang bapak ditemani 6 anak kecil mulai berkeliling kampung. Menyusuri jejak-jejak di masa lalu sekitar 30 tahun yang lalu. Sekedar melepas kerinduan untuk mengenang masa kecilnya :) Kami pun bergerak ke perbatasan kampung sebelah timur. Setelah melewati ujung jalan desa yang diberi nama dengan nama kakek :) kami pun sudah melintas di jalan desa yang diapit oleh sawah di kedua sisinya. Ketika mata memandang jauh ke depan, tampak kompleks pemakaman di latar depan dengan silhuet gunung Ciremai di latar belakangnya.

(more…)

Published June 20th, 2009

Mozaik Kehidupan 1

Kesendirian di tengah keramaian bandara

Segerombolan pemuda tanggung tampak asyik terbahak-bahak di salah satu pojok Bandara. Mereka duduk seenaknya di lantai bandara yang terlihat putih mengkilat. Obrolan mereka terdengar keras. Pakaian mereka pun seadanya. Rata-rata memakai celana pendek dengan T-Shirt bertuliskan permainan kata-kata atau kata-kata asing. Satu tulisan terlihat mencolok di punggung salah satu dari mereka, “US Army“.  Terlihat menyala dengan huruf putih di atas kaos berwarna merah darah.

(more…)

Published June 18th, 2009

Cepe deh

Horeee, walaupun sekarang lagi cape, akhirnya cepe deh :) Norak amat yakayak anak saya teriak kalau diajak pergi jalan-jalan :) Tapi inilah tulisan saya yang ke-100 pada blog ini hehehe Hanya iseng saja untuk merenungkan kembali keputusan untuk menulis di blog ini. Emang jika sudah sampai 100, terus mau apa? Bisa sampai 1000 kah? Mimpi kali ye :) Apakah 100 tulisan itu memang bermanfaat untuk orang lain? Hanya sekedar tempat curhat dan iseng belaka  tanpa memikirkan dampak tulisannya? Hiburan kah ? Saya tak punya jawaban khusus untuk itu, dan saya pun tidak terlalu memikirkannya :) Toh saya tetap menulis :)

(more…)

Published May 7th, 2009

Kemengapaan dan Kemestian Sertifikasi Dosen

Sekedar berbagi “oleh-oleh” setelah diberi pencerahan sama beberapa pakar sertifikasi dosen dari Dikti. Setelah duduk manis untuk mendengarkan berbagai paparan dan diskusi dari siang sampe malam, ada beberapa pernyataan dari beberapa narasumber yang sangat menarik, yang tidak secara eksplisit  tertulis pada bahan pertemuan yang diselenggarakan di sebuah Hotel di Batam, sekitar pasar Nagoya :) Ngomong-ngomong soal Batam ini, jadi teringat pengalaman tak terlupakan di sini.

(more…)

Published March 7th, 2009

“Rumput Tetangga Lebih Hijau”

Konsep yang sedang berkembang pesat di perguruan tinggi saat ini adalah mengenai technoentrepreneurship. Sederhananya konsep tersebut merupakan gabungan antara dua konsep yaitu technology dan entreprenurship. Technoentrepreneurship adalah kegiatan entreprenerual dan intrapreneural pada perusahaan yang beroperasi pada lingkungan yang sarat dengan teknologi. Apa perbedaan antara entrepreneurship dengan intrapreneurship? Sedikit paparan mengenai teori kewirausahaan (entrepreneurship) bisa dibaca di sini.

(more…)

Published April 14th, 2008

“Membongkar” teknologi Jepang gara-gara memburu sakura dan produk “murah”

img_1860.jpg

Setelah seminggu terakhir “jungkir balik” beresin sejumlah proposal, akhirnya selepas makan siang terkirim juga tuh proposal. Memang tenggat waktunya hari ini jam 16.00 waktu Dikti-Depdiknas. Untuk mengurangi deg-degan nunggu berita dari temen-temen yang mengantar proposal, mending saya nge-blog deh. Duh…. kok gak ada topik yang menarik di kepala nih. Sisa-sisa proposal rasanya masih berserakan di kepala. Hmmmmm …nulis apaan ya. Mata pun cuma lirik sana lirik sini. Tiba-tiba terlihat sebuah surat di atas meja, dengan kop surat dari Depdiknas. Setelah kurobek, ternyata isinya ucapan terima kasih atas keikutsertaan sebagai peserta konferensi dan pameran APAIE di Jepang. Pikiran pun teringat kembali ketika kami berhasil “membongkar” teknologi buatan Jepang :)

(more…)


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.