Budi Hermana

Universitas Gunadarma

Archive for the ‘Iseng’


Published January 15th, 2010

Kenduri Bank Century dan Silent Majority

Bukan latah. Bukan juga untuk ikut-ikutan menghakimi siapa yang salah dan benar. Kebenaran dalam konteks politik mungkin dapat dibungkus dengan agenda tersembunyi, namun bukan berarti semua orang politik itu licik. Bukan juga untuk memposisikan BI, Depkeu atau LPS sebagai lembaga yang bebas kesalahan. Benar dan salah sejauh pengetahuan manusia dalam konteks ruang dan waktu tertentu adalah wilayah etika. Jadi ketika pengetahuan manusia berbeda-beda tentang kasus Bank Century maka persepsi benar dan salah pun bisa berbeda-beda. Lalu kepada siapa atau apa kita harus mencapai kata sepakat tentang siapa yang benar dan siapa yang salah ?

(more…)

Published January 5th, 2010

Lebay

Diva   : “Bu, lebay itu apa sih?”

Ibu     : “Berlebihan”

Diva   : “Oh. jadi badan kakak itu lebay ya Bu?”

Dinda : “Enak aja, badan kakak itu gede bukan lebay!”

Diva   : “Oh, bapak kalo maen komputer juga suka lebay ya Bu?”

Bapak : ?

Ibu     : “Syukurin !” :)

Published January 1st, 2010

010110

Ketika tahun telah berganti, selalu ada harapan atau optimisme untuk melakukan kegiatan atau pencapaian yang lebih baik.. Itupun seandainya hidup ini mengikuti scenario, rencana, atau ambisi. Bagaimana jika tidak punya rencana atau ambisi? Akankah kita akan membiarkan hidup kita seperti air mengalir tak tentu arah, terombang-ambing ombak kian kemari, atau terhuyung-huyung diterpa angin?

(more…)

Published October 14th, 2009

Belakang Layar

Keindahan panorama alam dan situs budaya di layar kamera kadang tidak seindah orang-orang di belakang layar :) Ketika kita terkesima dengan adegan di layar kaca, mungkin kita sedikit lupa dengan tingkah polah dan kekonyolan orang-orang yang merekam adegan itu. Itulah sedikit gambaran ketika saya dan rekan-rekan harus menjadi orang di belakang layar :) Mimpinya sih mau membuat semacam museum virtual tentang kebudayaan Indonesia yang berbasis komunitas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi :)

(more…)

Published August 15th, 2009

Sepak Bola

Minggu ini paling ditunggu. Sudah lama memendam rindu. Terasa deg-degan serasa mau menyatakan cinta ketika masih muda dulu. Semua gara-gara bola yang akhirnya hadir di malam minggu. Hehehe, emang sudah akut nih kerinduan terhadap sepak bola di layar kaca. Mungkin terlalu berlebihan jika gara-gara bola harus sampai kepikiran. Ternyata banyak makna yang tersurat dan tersirat dari permainan 22 orang itu.

(more…)

Published July 19th, 2009

New Kids on The Blog, k0k 5u54h 8gT 84C4Ny4

iNi adaLah haRi yaNg saNgat meLeLahkan,daRi pagi saMpai soRe maTa terUs beRhadapaN deNgaN kompuTer,namun aGak sediKit perih dan sakit maTaNa,,taPi disiNi q mempunyai pengalaman,,q jd tau gMn caRaNa membuaT bLog,yaNg tdNa tidaK meNgerti saMa seKaLi jadi seKarang sediKit deMi sedikit mengerti…
teRnyaTa seMua iNi beRmanfaaT….

(more…)

Published July 10th, 2009

Harmoko dan Mesin Tik

Tak sengaja lewat depan rumahmu, eh salah depan TV deng :) Kok jadi ikut-ikutan mendendangkan lagu “Tenda Biru” hehehe. Saya pun melihat sesosok wajah yang masih dikenal, namun sangat terkenal di masa lalu. Pak Harmoko. Akhirnya saya pun bersila di lantai rumah yang terasa dingin menjelang tengah malam. Tidak tahu persis, kenapa saya akhirnya memutuskan untuk menonton  “Satu jam saja, lebih dekat“, sebuah acara di stasiun swasta. Banyak segmen-segmen yang menarik, bahkan berhasil memaksa saya untuk sedikit bernostalgia :)

(more…)

Published June 29th, 2009

Geometri dan Buang Angin

“Bu, adek kentutnya lebar !!!”,  tiba-tiba terdengar suara si bungsu dari ruang tengah. Bapaknya mengernyitkan dahi. Ada apa lagi nih si bungsu yang cerewet tapi cantik itu :) Ibunya yang sedang memasak di dapur cuma tertawa-tawa. “Tuh pak, anaknya aneh-aneh saja ngomongnya”, celetuk ibunya. Bapaknya pun coba menelusuri faktor penyebabnya :) Sekilas di atas tempat tidur tergeletak buku pelajaran SD untuk kelas 2. Bapaknya pun bergerak perlahan mendekat buku itu.

(more…)

Published June 25th, 2009

Jika Aku Menjadi …..

Diva    : “Pak, cita-cita Adek diganti aja ya. Mo jadi dokter anak aja”

Bapak : “Memang kenapa?”

Diva    : “Kemaren kakak sakit aja harus bayar ke dokter”

Bapak : “Adek mau semua orang sakit?”

Diva    : “Iya ya. Gak jadi deng. Tetep jadi guru matematik aja deh”

Bapak : “Jadi Dosen aja seperti bapak dan Ibu?”

Diva    : “Gak mau !”

Bapak : “Kenapa ?”

Diva    : “Kerjanya cuma ngobrol tapi sering pulang malam!”

Bapak : :)

(more…)

Published June 23rd, 2009

Bias di Kelas

Penyampaian ilmu pengetahuan bisa berantai. Dari mulut ke mulut, eh dari mulut ke telinga deng :) Misalnya, mulai dari textbook yang dibaca dan dipahami oleh orang pertama dan selanjutnya orang pertama tersebut menyampaikannya ke orang kedua. Orang pertama tersebut bisa saja dosen dan orang kedua itu mahasiswa. Bahkan bisa saja terus disampaikan lagi oleh orang kedua ke orang ketiga- misalnya teman kuliahnya yang tidak masuk kuliah hehehe. Turun temurun deh :) Apakah sebuah paket ilmu pengetahuan yang utuh dari sumber aslinya (textbook, journal, atau pakar) dapat terdistorsi atau bias ketika ilmu pengetahuan tersebut disampaikan secara berantai atau turun temurun ?

(more…)


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.