Budi Hermana

Universitas Gunadarma

Archive for June, 2009


Published June 30th, 2009

“Anak Kecil Bermain Uang Senilai 2643 Triliun”

Sudah lama tidak mengikuti “tumbuh-kembang” dari BI-RTGS nih. Jangan-jangan dia sudah semakin gede ya sekarang. Penampakkan BI-RTGS sebelumnya pernah diceritakan di sini. Dua tahun yang lalu BI-RTGS sudah dikenal oleh 148 “penggemarnya” yang terdiri atas 125 bank konvensional, 21 bank syariah/UUS dan dua pengguna non-bank. Wah sudah cukup ngetop sih. Namun kira-kira saat ini sudah seperti apa ya? Yuk kita tengok sebentar. Biar enggak pangling pas ketemu doi di jalan :)

(more…)

Published June 29th, 2009

Geometri dan Buang Angin

“Bu, adek kentutnya lebar !!!”,  tiba-tiba terdengar suara si bungsu dari ruang tengah. Bapaknya mengernyitkan dahi. Ada apa lagi nih si bungsu yang cerewet tapi cantik itu :) Ibunya yang sedang memasak di dapur cuma tertawa-tawa. “Tuh pak, anaknya aneh-aneh saja ngomongnya”, celetuk ibunya. Bapaknya pun coba menelusuri faktor penyebabnya :) Sekilas di atas tempat tidur tergeletak buku pelajaran SD untuk kelas 2. Bapaknya pun bergerak perlahan mendekat buku itu.

(more…)

Published June 28th, 2009

Struktur Pasar Bank Umum

Total aset bank umum berdasarkan Statistik Perbankan Indonesia untuk edisi April 2009 adalah sebesar Rp 2327 Triliun. Urutan lima besar bank umum berdasarkan aset adalah Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, dan Danamon. Dua bank swasta nasional vs 3 bank pelat merah :) Total aset 5 bank besar tersebut adalah 1122 Triliun atau 47,8 persen. Jika ranking diperluas menjadi top ten maka total aset dari 10 bank besar di Indonesia adalah sebesar 1424 Triliun atau menguasai 61,16 persen dari total aset bank umum.  Padahal jumlah bank umum di Indonesia sampai April 2009 adalah sebanyak 122 bank umum. Apakah struktur pasar tersebut bisa mengganggu persaingan sehat ? Yuk kita ulas sekilas, syukur-syukur sih ada teman-teman yang mau melakukan risetnya:)

(more…)

Published June 27th, 2009

Lomba Karya Ilmiah BI 2009

Siapa tahu teman-teman tertarik untuk mengikuti lomba ini. Hadiahnya sangat menarik lho. Total hadiahnya senilai Rp 100 juta rupiah, ditambah trofi dan sertifikat. Hadiah untuk juara pertamanya aja senilai Rp 40 juta. Jadi inget pengalaman mengikuti lomba-lomba BI sebelumnya :) Yuk, teman-teman kita berdayakan grup riset terkait untuk menghadapi tantangan ini. Siapa tahu kita bisa berdiskusi dan melakukan riset bersama-sama :) Batas akhirnya lumayan masih lama yaitu paling lambat 14 September 2009. Berikut kutipan sebagian pengumumannya:

(more…)

Published June 26th, 2009

Berapa sih Aset Bank Indonesia ?

Salah satu tugas pokok BI adalah menjaga dan memelihara sistem pembayaran. Rincian tugas pokok tersebut diantaranya adalah menerbitkan dan mengedarkan uang. Bisa enggak ya BI seenaknya menerbitkan uang ? Jika bisa seperti itu berarti uang di BI banyak banget ya :) Tulisan kali ini akan mencoba melihat laporan keuangan Bank Indonesia, yang secara periodik dilaporkan ke DPR. Yuk kita lihat sama-sama :)

(more…)

Published June 25th, 2009

Jika Aku Menjadi …..

Diva    : “Pak, cita-cita Adek diganti aja ya. Mo jadi dokter anak aja”

Bapak : “Memang kenapa?”

Diva    : “Kemaren kakak sakit aja harus bayar ke dokter”

Bapak : “Adek mau semua orang sakit?”

Diva    : “Iya ya. Gak jadi deng. Tetep jadi guru matematik aja deh”

Bapak : “Jadi Dosen aja seperti bapak dan Ibu?”

Diva    : “Gak mau !”

Bapak : “Kenapa ?”

Diva    : “Kerjanya cuma ngobrol tapi sering pulang malam!”

Bapak : :)

(more…)

Published June 24th, 2009

Sertifikasi Manajemen Risiko Bank

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi pengurus dan pejabat bank ? Jika ya, anda sebaiknya mulai mendalami “manajemen risiko”- khususnya yang diterapkan di perbankan. Agendakanlah rencana masa depan anda untuk mengikuti ujian sertifikasi manajemen risiko. Jika anda “mumet” dan akhirnya “gagal” memperoleh sertifikat manajemen risiko tersebut, maka sebaiknya anda memikirkan kembali cita-cita anda :) Saya sendiri tidak bercita-cita ke sana sih. Jadi dosen aja deh hehehe

(more…)

Published June 23rd, 2009

Bias di Kelas

Penyampaian ilmu pengetahuan bisa berantai. Dari mulut ke mulut, eh dari mulut ke telinga deng :) Misalnya, mulai dari textbook yang dibaca dan dipahami oleh orang pertama dan selanjutnya orang pertama tersebut menyampaikannya ke orang kedua. Orang pertama tersebut bisa saja dosen dan orang kedua itu mahasiswa. Bahkan bisa saja terus disampaikan lagi oleh orang kedua ke orang ketiga- misalnya teman kuliahnya yang tidak masuk kuliah hehehe. Turun temurun deh :) Apakah sebuah paket ilmu pengetahuan yang utuh dari sumber aslinya (textbook, journal, atau pakar) dapat terdistorsi atau bias ketika ilmu pengetahuan tersebut disampaikan secara berantai atau turun temurun ?

(more…)

Published June 22nd, 2009

Belajar Teori Belajar

Aneh dan ada-ada saja. Masa proses bagaimana manusia belajar ada teorinya :) Nama teorinya sih keren, Theory of Learning. Katanya sih mempelajari bagaimana setiap individu membentuk pemahaman baru di kepalanya. Kayaknya kok rumit dan jelimet. Padahal ketika kita belajar, emang sulit gak sih? Atau gampang-gampang susah? Ada yang berhasil dan tidak sedikit yang gagal dalam belajar. Katanya tergantung dari sifat materi pelajaran, guru atau dosennya, faktor bahasa, teknik komunikasi, kondisi ruangan, atau bahkan tergantung suasana hati juga :) Eh, ternyata banyak faktor juga ya :) Bagaimana sih proses pembentukan ilmu atau pengetahuan baru di otak saya yang relatif kecil ini ?

(more…)

Published June 21st, 2009

International TOEFL iBT di UG

Pagi-pagi anak-anak sudah merengek-rengek minta jalan-jalan lagi. Alasannya mereka kan sudah memperoleh nilai UAS. Katanya minta bonus :) Padahal semalam sudah jalan-jalan ke Mall setelah menjemput bapaknya yang baru pulang dari Jogja. Untung ada teman-teman yang lagi bertugas di Kampus Simatupang hari ini :) Mereka berbagi tugas dalam pelaksanaan International TOEFL iBT. Munculah istilah Supervisor, Test Center Administrator (TCA), Proctor, dan Helpdesk. Akhirnya kita pun jalan-jalan ke sana. Kebetulan lokasinya tidak jauh dari rumah :)

(more…)


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.