Budi Hermana

Universitas Gunadarma

Archive for March, 2009


Published March 27th, 2009

HB UG 2009

Kelanjutan dari tulisan sebelumnya di sini, Alhamdulillah UG akhirnya berhasil memperoleh 10 paket Hibah Bersaing (HB) baru dan 2 HB lanjutan yang akan didanai pada tahun anggaran 2009. Informasi selengkapnya baru saja di-launching hari ini oleh DP2M-Dikti- dengan daftar pemenang selengkapnya untuk PTS dapat dilihat di sini. Jadi untuk tahun 2009, ini UG berhasil mendapatkan 13 PDM, 1 SKW, 12 HB, dan 1 hibah kompetensi yang masih dalam proses seleksi. Semoga untuk anggaran 2010 nanti, proposal dari UG semakin banyak lagi. Sebagai cacatan, masih ada peluang hibah penelitian lainnya yang bisa dibiayai tahun 2009 ini dengan tenggat waktunya 3 April 2009 yaitu (1) Hibah Kompetitif untuk strategi nasional dan (2) Hibah kompetitif untuk publikasi international.

Published March 23rd, 2009

Menghitung prestasi proyek

“Proyek X sudah selesai 95%”

“Proyek Y baru mencapai 53%”

Begitulah contoh berita atau informasi yang kadang kita baca atau dengar dari media cetak atau elektronik.  Pertanyaannya bagaimana sih mereka menghitungnya kok bisa sampai ke angka persis seperti itu. Apakah persentasi tersebut terhadap nilai anggaran proyek tersebut? Atau terhadap pelaksanaan fisiknya? Misalkan nilai proyek X sebesar 1 Milyar, apakah 95% itu berarti pelaksana proyek sudah menggunakan 950 juta?Itung-itungan ini mungkin masih bisa dipahami dengan mudah. Namun jika dikaitkan dengan fisik, apa ukuran fisik proyek tersebut? Misalkan proyek Y berupa jalan sepanjang 1 KM, apakah53% tersebut berarti jalan tersebut baru dibangun sepanjang 530 meter?

(more…)

Published March 16th, 2009

Bapak pinter deh

Kakak : Pak, fungsi legislasi dari DPR itu apa ?

Bapak : Membuat undang-undang

Kakak : Kok Bapak tahu sih

Bapak : Bapak pintar kan

Kakak : Biasa aja tuh. Pak, Pengadilan Tinggi itu di pusat atau di kabupaten ?

Bapak : Di pusat

Kakak : Yee, salah. Jawaban yang benar di provinsi. Payah nih Bapak

Bapak : :)

Ade     : Pak, besok enggak pulang malam lagi kan ?

Bapak : Iya, Bapak mau nemenin kakak dan ade belajar untuk ulangan umum

Ade     : Nah begitu dong pak, itu baru Bapak yang pintar !

Bapak : ????

Published March 15th, 2009

Peluang Hibah Penelitian DIKTI 2009

Situs yang selalu dikunjungi rutin adalah DP2M-DIKTI. Disanalah kita bisa melihat berbagai peluang hibah untuk para dosen dan mahasiswa :) Mulai tahun anggaran 2009, jenis dan nilai hibahnya semakin banyak dan menarik :) Mungkin gara-gara anggaran pendidikan 20 persen mulai tahun ini. Jadi teman-teman yang sudah merasakan Penelitian Dosen Muda (PDM), Studi Kajian Wanita (SKW), Hibah Bersaing (HB), atau Hibah lain yang sudah ditawarkan pada tahun-tahun sebelumnya, maka mulai tahun ini sudah bisa “melirik” beberapa jenis penelitian baru yang cukup menantang.

(more…)

Published March 7th, 2009

“Rumput Tetangga Lebih Hijau”

Konsep yang sedang berkembang pesat di perguruan tinggi saat ini adalah mengenai technoentrepreneurship. Sederhananya konsep tersebut merupakan gabungan antara dua konsep yaitu technology dan entreprenurship. Technoentrepreneurship adalah kegiatan entreprenerual dan intrapreneural pada perusahaan yang beroperasi pada lingkungan yang sarat dengan teknologi. Apa perbedaan antara entrepreneurship dengan intrapreneurship? Sedikit paparan mengenai teori kewirausahaan (entrepreneurship) bisa dibaca di sini.

(more…)

Published March 6th, 2009

ABCD

Kampus terlihat lengang di saat embun pagi mulai turun dini hari. Muka-muka lecek pun terlihat semakin buram, bertebaran di sekeliling ruangan yang semakin terasa dingin. Bukan berarti muka mereka buram kok, namun mata ini memang sudah terasa berat dan mulai berkunang-kunang. Mungkin gara-gara menahan rasa kantuk yang sudah sulit untuk dibendung. Rasa malas pun mulai menjalar ke jari-jari tangan yang mulai semakin pelan menyentuh papan ketik. Semuanya gara-gara ABCD :)

(more…)


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.