Budi Hermana

Universitas Gunadarma

January 4th, 2017

Sepekan di Eropa Daratan

Kami berdua belas berkelana di Eropa cuma sepekan saja, berangkat 29 November, sudah mendarat lagi di bandara Soetta tanggal 6 Desember 2016. Tujuan utamanya adalah studi banding ke beberapa obyek wisata yang diperkirakan cocok dikembangkan di UG Technopark. Taman teknologi yang dikelola oleh Universitas Gunadarma ini berlokasi di Cikalong, kabupaten Cianjur. Sasaran utamanya adalah contoh kebun Botani dan taman miniatur, juga beberapa contoh lanskap atau taman kota di Den Haag, Amsterdam, Koln, Brussel, dan Paris.

Read the rest of this entry »

January 4th, 2017

Liburan di Kampung Halaman

Jelang pergantian tahun, kami sekeluarga berliburan di Majalengka. Sedari awal, ada tiga obyek wisata rintisan yang jadi sasaran. Pertama, Curug Muara Jaya dengan air terjun bertingkatnya berjarak 24 km dari Kota Majalengja. Kedua, sengkedan atau terasering di Panyaweuyan yang berdekatan dengan Curug Muara Jaya. Dan terakhir, Waduk Jatigede yang mulai penuh setelah diisi sejak Agustus 2016 yang berjarak 28 km dari Majalengka.

Read the rest of this entry »

November 6th, 2015

TIK dan Pertumbuhan Ekonomi (1)

Kajian tentang hubungan antara Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan pertumbuhan ekonomi  menujukkan perbedaan dilihat dari perspektif mana yang lebih dominan sebagai faktor penyebab. Ilustrasi sederhananya, apakah TIK mempengaruhi Pertumabuahan ekonomi, atau sebaliknya pertumbuhan ekonomi mendorong perkembangan TIK? Selain itu, muncul istilah paradoks yaitu di satu sisi, TIK dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi ketidakadilan global, namun dalam waktu yang sama, TIK berpotensi ketidakadilan atau kesenjangan pendapatan di tingkat negara.  Meskipun paradok tersebut muncukl, dampak TIK terhadap pertumbuhan ekonomi tidak bisa dikesampingkan. Semakin tinggi penerapan TIK di negara berpendapatan rendah akan mempercepat perolehan pendapatan.

Read the rest of this entry »

November 2nd, 2015

Sertifikasi Dosen 2015

Penilaian proses sertifikasi dosen (serdos) sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008. Pada saat pertama kali diterapkan pada tahun 2008, proses serdos hanya menggunakan deskripsi diri dan penilaian persepsional sebagai kriteria atau faktor penilaiannya. Dokumennya pun dikirim dan dinilai secara manual atau konvensional. Kini setelah 7 tahun berlalu, proses serdos sudah menambahkan kriteria/faktor penilaian yang baru, termasuk penerapan sistem online untuk memasukkan semua dokumen, termasuk proses penilianan dan pengumuman hasilnya yaitu pada laman http://serdos.dikti.go.id.

Read the rest of this entry »

January 4th, 2015

Faktor Keberhasilan Strategi Perusahaan

Seberapa besar kemungkinan perusahaan mencapai tujuan – yang dapat dilihat dari pencapaian target indikator kinerja - tidak sederhana karena bersifat multi-faktor atau multi-dimensi. Pembahasan di bawah ini berhubungan dengan ilustrasi mengenai sebuah perusahaan asuransi yang saat ini berada pada posisi nomor 2 di tingkat nasional dan  sudah membuat penyataan visi baru yaitu menjadi perusahaan asuransi terbaik di Indonesia pada tahun 2020. Keberhasilan pencapaian visi, termasuk strateginya, dipengaruhi berbagai faktor.

Read the rest of this entry »

January 2nd, 2015

Pelajaran dari Krisis Finansial Global

Krisis finansial global menunjukkan bahwa para pengelola perusahaan gagal untuk melindungi pemilik dan pemangku kepentingan dari perusahaannya (Stanton, 2010). Kegagalan tersebut menyadarkan para pengelola perusahaan tentang tata kelola perusahaan yang baik sehingga bisa mengantisipasi atau bahkan memprediksi kemungkinan kejadian serupa di masa datang. Meskipun pihak perusahaan merasa sudah menerapkan berbagai prinsip tata kelola perusahaan, mereka tetap tidak dapat menghindar dari dampak krisis tersebut yang relatif mengejutkan atau di luar dugaan. Bahkan banyak perusahaan yang tidak menyadari betapa besarnya kerugian yang mereka alami. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan bersifat dinamis atau berkembang sesuai dengan perkembangan internal dan eksternal.

Read the rest of this entry »

October 12th, 2014

Model-Model Pengukuran Kualitas Website

Keberadaan website perusahaan atau organisasi relatif penting di era informasi ini yang dapat dijadikan media informasi, bahkan alat promosi yang efektif. Namun efektifitas media ini sangat tergantung berbagai faktor, di antaranta kualitas konten dan keragaman fitur layanan pada website tersebut. Kualitas website dapat dilihat dari perspektif pengunjung website tersebut. Berbagai model pengukuran kualitas website terus muncul dan dikembangkan oleh beberapa pakar atau peneliti. Model-model apa saja yang banyak digunakan dalam penelitian mengenai kualitas website, silahkan dilihat pada artikel berjudul: “A Review of Empirical Research on Website Quality Measurement Model Based on Consumer’s Perception

Beberapa artikel di UG yang menggunakan model website quality:

1. Service Quality Measurement Model of E-Banking Website

2. Web Services Quality Perception of Student Digital Locker

3. Relationship between ICT Adoption and Training With  Student Perceptions of Virtual Class Service Quality

4. Evaluasi Kualitas Web Perbankan Indonesia

5. Faktor Determinan Manajemen Kualitas pada Situs Perpustakaan

October 12th, 2014

Transparansi Keuangan pada Website Pemda

Keterbukaan informasi di era informasi mulai menyentuh pelayanan publik seperti ketersediaan website resmi dari pemerintah daerah. Keterbukaan informasi publik itu pun sudah menjadi Undang-Undang yang mengharuskan setiap pemda mempublikasikan berbagai informasi melalui websitenya. Namun sayangnya, fitur website pemda secara umum relatif masih kurang lengkap. Masalah lainnya yaitu pemutakhiran konten yang masih lemah. Bagaimana hasil pemetaan fitur dan transparansi keuangan selengkapnya dapat dilihat pada artikel ilmiah berjudul: “E-Government Implementation in Indonesia: Financial Transparency on The Web“.

November 7th, 2012

Nitip Barang Berharga di Bank Indonesia

Orang awam atau sebagian masyarakat mungkin hanya mengetahui Bank Indonesia sebagai tempat atau gudang uang semata. Pemahaman ini bisa dimaklumi karena salah satu tugas BI adalah menjaga dan memelihara system pembayaran. Salah satu tugasnya adalah menetapkan dan mengedarrkan alat pembyaran, baik kartal, giral, maupun bentuk alat pembayaran lainnya. BI pun akhirnya identik dengan pusat peredaran uang, atau bisa pula berupa surat berharga.

Read the rest of this entry »

October 23rd, 2012

BPR Wajib Punya Standar Kebijakan Kredit

Sebagai salah satu pelaku dalam perbankan nasional, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) masih dirundung berbagai masalah, mulai dari kredit bermasalah maupun kinerja keuangan yang belum sebaik atau sementereng Bank Umum. Salah satu yang mengkhawatirkan adalah tingkat suku bunga kredit yang tinggi dan angka kredit bermasalah yang masih di atas bank umum. Kondisi ini perlu dibenahi dan menjadi perhatian Bank Indonesia yang menjalankan fungsi pengaturan dan pengawasan bank, setidaknya sebelum fungsi pengawasannya diambil sepenuhnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nanti.

Read the rest of this entry »


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.