Ati Harmoni

Sentimental Journey…

Archive for December, 2009


Published December 30th, 2009

Gosip Kantor

Senjata yang Bisa Makan Tuan

Pertanyaan semacam, ”Eh, ada gosip?” atau “Ada gosip baru nggak?” rasanya tidak asing kita dengar. Atau pertanyaan yang sebenarnya pernyataan, ”Tahu nggak kalau ternyata… bla… bla…” Lalu perbincangan pun dimulai, makin lama makin melebar, menukik, melambung, menajam, dan menyayat. Jadilah acara nggosip.

Gosip sering diplesetkan menjadi singkatan dari (makin) digosok makin sip. Makin dibicarakan makin asyik. Acara bergosip bisa terjadi di mana saja. Saat minum teh di warung atau ngopi bareng di café. Waktu menunggu bis di halte. Ketika arisan RT atau keluarga. Bahkan di meja kantin atau di meja rapat perusahaan. Pendeknya, gosip bisa berkembang dimana saja, tentang apa saja, dan mengenai siapa saja. Termasuk, tentu saja, di kantor kita.

Apakah gosip bisa membahayakan kehidupan di kantor?

Jangan-jangan gosip kantor terkait juga dengan politik kantor?

(more…)

Published December 27th, 2009

Politik Kantor Tidak Harus Kotor

”Malas deh, ngikutin politik kantor.” Begitu kira-kira pernyataan seorang teman padaku baru-baru ini. Sadar atau tidak, lingkungan kerja memang sering jadi arena politik. Ada kasak-kusuk, mungkin malah bujuk membujuk, adu taktik, bisa penuh intrik, kadang pelik, bahkan ada kalanya licik. Hm… Tidak selamanya begitu dan rasanya tidak harus begitu juga. Politik kantor pun bisa santun dan beretika.

(more…)

Published December 24th, 2009

Akademos

Tiga tahun yang lalu, Desember 2006, aku bertemu dengan dosen di Fakultas Psikologi UI ini. Waktu itu kami bersama-sama tengah menjadi peserta Pelatihan dan Lokakarya Pengembangan Soft Skills di Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Direktorat Kelembagaan Dirjen DIKTI. Dalam kesempatan diskusi kelompok membahas program, aku mendapat kesan kalau dia ini orang yang aktif dan penuh ide. Barangkali karena selain menjadi dosen, dia juga meneliti dan memberikan konsultasi masalah psikologi. Banyak membaca pula. Sehingga wawasannya luas. Dia menunjukkannya dalam setiap kesempatan bicara atau tampil.

(more…)

Published December 18th, 2009

Luna di Dunia Maya

Luna Maya jadi berita. Mestinya itu bukan berita. Sudah biasa kan artis jadi berita? Tapi ini beneran berita karena Luna tidak diberitakan sedang hidup tenang nyaman menjalankan profesinya atau menikmati kehidupan pribadinya, melainkan diadukan ke polisi oleh wartawan infoteinment. Kan katanya, bad news is a good news. Lho ini bad news buat siapa, good news buat siapa ya? Hidup ini memang susah, maka untuk menghibur diri sendiri kita tonton saja kesedihan orang lain, kekecewaan, kemarahan orang lain… Melihat orang tersandung, dirundung masalah kita lalu agak lega jadinya, “Oh… ternyata ada (banyak) yang lebih susah dari aku ya…” Astagfirullah… Pasti bukan begitu maksudnya semua “berita buruk” itu disebarluaskan. Karena jika memang hanya “berita buruk” yang layak jadi berita, pantas saja dunia jadi tambah muram dan geram. Menyedihkan…

(more…)

Published December 12th, 2009

Man in the Mirror

MJ edisi khusus Time

MJ pada Special Commemorative Edition Majalah Time Juli 2009

As I turn up the collar on

My favorite winter coat

This wind is blowin’ my mind

I see the kids in the street

Without enough to eat

Who am I to be blind

Pretending not to see their needs?

…….

I’m starting with the man in the mirror
I’m asking him to change his ways
and no message could have been any clearer
If you wanna make the world a better place
Take a look at yourself, and then make a change…

(Man in the Mirror, Michael Jackson)
(more…)

Published December 9th, 2009

Resensi Buku

Ada pengumuman di studentsite dan Wartawarga tentang lomba menulis resensi buku untuk mahasiswa Universitas Gunadarma. Sebuah berita baik bagi mereka yang suka membaca dan ingin menulis tentang apa yang sudah diperolehnya dari bacaan. Membaca (saja) memang sering kali tidak cukup, kan? Membaca tidak hanya menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi si pembaca, tetapi juga bisa menjadi ladang berbagi (ilmu) kepada sesama. Salah satu caranya adalah dengan menuliskan resensi atas buku yang telah selesai dibaca.

(more…)

Published December 5th, 2009

Siap Ujian?

ujian1 Bagaimana menghadapi ujian semester? Belajar dan belajar tentu. Belajar bagaimana? Yaaa belajar lah, bagaimana lagi…? Latihan mengerjakan soal dari ujian semester sebelumnya, membaca (fotokopian) catatan kuliah dan kadang dari diktat dan buku teks juga (kalau sempat), membuat ringkasan pada selembar kertas folio dengan tulisan yang kecil dan rapat-rapat… Bertanya kepada teman kalau ada yang tidak paham atau bikin grup diskusi untuk membahas topik tertentu yang sulit (sambil nggosip dan cekikikan juga sih…).

Tidak lupa kelengkapan administrasi ujian disiapkan juga. KRS dan KTM, kalau ujian utama, plus kartu ujian utama. Sudah rapi? Sekarang giliran kesiapan lainnya yang harus diperiksa. Alat tulis menulis: pulpen, pinsil 2B, penghapus, tip ex. Kalau perlu kalkulator, cek baterenya masih nyala kah? Siapa tahu ada soal hitung-menghitung…

(more…)

Published December 4th, 2009

Harmonium – Mengejar Cakrawala

Setiap kali berkunjung ke rumah temanku ini, Ade, aku selalu melirik koleksi bukunya. Buku-bukunya memang bertebaran di mana-mana… rak buku di sana, rak buku di sini… tumpukan buku di sana, tumpukan buku di sini… Aku terutama tertarik pada buku-buku lamanya. Koleksi yang dikumpulkan oleh ayahnya dan dia sendiri barangkali, sejak bertahun-tahun yang lalu.

harmonium-budi-darmaLalu aku mendapati buku ini. Harmonium. Wah… sepertinya menarik nih. Temanku tertawa melihatku memicingkan mata membaca judul bukunya. Aku bilang padanya alasanku tertarik pada buku itu. Pertama, judul bukunya mengandung namaku, he he… Kedua, penulisnya Budi Darma. Ketiga, harmonium itu apanya akuarium? ”Teuing ahSok lah dibawa kalau mau baca mah,” temanku ini tertawa. Dia tidak khawatir kalau aku yang meminjam bukunya, he he…

Budi Darma adalah novelis, cerpenis, kritikus, dan guru besar Ilmu Sastra pada IKIP Surabaya. Karyanya selalu menarik. Olenka, Orang-orang Bloomington, dan Kritikus Adenan adalah beberapa karyanya yang sudah terbit. Tentu masih banyak lagi novel, cerpen, dan esai-esai yang telah dipublikasikan. Termasuk cerpennya yang dimuat di Kompas Minggu, misalnya.

(more…)

Published December 3rd, 2009

Hari Aids Sedunia 2009

Telepon pagi itu memintaku untuk datang ke Depdiknas di kawasan Senayan Jakarta siang hari itu juga. Ada peringatan Hari Aids Sedunia, katanya. Aku pun mengingat kembali ke masa dua puluhan tahun yang lalu. Masa ketika penyakit ini baru dikenal dan dibicarakan sambil mengernyitkan dahi dan wajah ngeri. ”Apa sih? Kok bisa?” Bagaimana mungkin?” Saat itu, tidak banyak yang paham memang. Apa dan bagaimana penyakit ini bisa muncul dan kemudian menjadi satu momok yang manakutkan. Bahkan bertahun-tahun kemudian, hingga saat ini berbagai stigma dan kecurigaan dan dsikriminasi masih terjadi.

(more…)


Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.