alvin Blog
Universitas Gunadarma Staff Blog

April 26th, 2007

World Education and Research Conference, San Francisco

Posted in Uncategorized by alvin

Tanggal 6-8 Februari 2007, Gunadarma diundang oleh Sun Microsystem untuk menghadiri WERC di SF. Kami mewakili Gunadarma berangkat dari Jakarta bersama-sama dengan perwakilan dari DIKTI, DIKNAS dan UNPAD. Konferensi diadakan di hotel St. Francis Drake yang merupakan salah satu hotel bersejarah di SF.

Hadir pada konferensi ini adalah perwakilan dari universitas di Amerika seperti MIT, Stanford University, UCLA, UC Berkeley, Purdue, Cornell, dll, juga dari universitas dari seluruh dunia (termasuk Gunadarma, satu2nya universitas swasta dari Indonesia)
Di konferensi ini, diakui bahwa dunia pendidikan dan penelitian sudah sangat berubah. Dulu ada yang namanya Education 2.0 dimana karakteristiknya adalah: professor sebagai narasumber, materi pengajaran yang ber-copyright dan free educational resources, tugas-tugas kuliah yang ditransfer dengan teknologi (blackboard,studentsite), meningkatnya kolaborasi antar universitas, dan perubahan perilaku mahasiswa dari pasif menjadi aktif.

Tapi, sekarang jaman telah berubah Education 2.0 telah bergerak menuju Education 3.0 dimana professor/dosen adalah pemimpin orkestra untuk kolaborasi dalam pencarian knowledge, materi dibuat dan dipakai oleh mahasiswa secara cuma2 (Wikipedia), kegiatan pembelajaran yang lebih open dan flexible, dan perilaku mahasiswa yang lebih berpartisipasi.

Tren inilah yang ada di US dan dunia sekarang. Dengan adanya internet, semua jadi mungkin. Participation age, jaman dimana semua orang bisa berpartisipasi, berkolaborasi dan sharing di network. Biasanya kita hanya sebagai passive user, menerima, membaca tanpa bisa menyatakan pendapat, mengomentari sesuatu. Tapi sekarang dengan adanya blog, forum dan lain2 kita dapat berpartisipasi aktif.

Malahan salah satu universitas di US, telah memperkenalkan kelas ekonomi dimana professornya membuat suatu animasi dengan alur cerita yang dibintangi oleh alien untuk mengajarkan prinsip supply and demand, dan topik2 lainnya. Kelas jadi lebih menarik dan tidak boring, karena mahasiswa disuguhkan tayangan animasi daripada mendengarkan ocehan professor mereka di kelas.

Beberapa universitas di US seperti Ohio University telah memasukkan kampus mereka di sebuah online game yang sangat populer yaitu Second Life. Di game ini, kita bisa mempunyai suatu karakter dinamakan avatar dan kita dapat berinteraksi dgn gamer2 lain di suatu peta. Nah, kita bisa jalan2 masuk ke dalam kampus Ohio University tanpa harus meninggalkan rumah kita. Kita bisa melihat fasilitas2 apa saja yg dimiliki universitas ini, lalu jurusan2 apa yang ada beserta kurikulumnya. Moga2 nanti Gunadarma bisa begitu ke depannya yah….

Salah satu yang menarik lagi adalah Podcast. Mahasiswa bisa mendownload materi2 kuliah mereka dan mendengarkannya di Ipod. Purdue university telah mengimplementasi program ini. Salah satu cara agar kuliah tidak harus di kelas tapi bisa dimana saja dan dapat dibawa2 kemana saja.

Tentunya, semua ini harus kita cermati dan amati dengan seksama. Mahasiswa sekarang telah berubah drastis, mereka adalah digital native yaitu mereka sudah terlahir di jamannya Internet dan teknologi, mereka sudah terbiasa memakai komputer sejak kecil, browsing, chatting, mengerjakan tugas, research lewat Internet. Karakteristik mereka adalah mereka haus akan kecepatan (dalam hal data transfer, pengambilan keputusan), mereka terbiasa dengan multitasking (misalnya sambil nulis blog, mereka chatting, browsing, makan dan minum). Mereka sudah familiar dan mengandrungi multimedia. Ipod, Playstation, Xbox, Sony PSP adalah bagian dari hidup sehari2 mereka.

In the end, Gunadarma harus aware akan trend ini dan dapat menggunakan teknologi untuk menarik calon2 mahasiswa digital native bersekolah di Gunadarma sehingga Gunadarma dapat lebih maju dan berkembang. Go Gunadarma!

April 26th, 2007

Congrats on the new staffsite!

Posted in Uncategorized by alvin

Well done! Akhirnya staff site tidak berpenampilan standar, boring dan minim fitur lagi. Thanks to team pengembangan. Saya sebagai user berterima kasih dan akan memanfaatkannya dengan sebaik2nya. Memang staffsite bukan barang baru lagi, tapi sekarang sudah berganti baju yg keren dan modis. Sayang kalau kita tidak menggunakan tool pendukung ini untuk kemajuan universitas yang kita cintai ini. Bravo…

April 16th, 2007

Hello world!

Posted in Uncategorized by alvin

Welcome to nustaffsite.gunadarma.ac.id. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

Cannot create QuickStats table. Database user does not have CREATE priviledge.