internet-addict Nyambi nunggu pesawat di lounge terminal 1b, ingat tadi pagi berita di MetroTV, mengenai pengguna aktif Internet dan Sms berpeluang besar dihinggapi sakit mental, hal ini disebabkan salah satunya banyaknya orang yang bermain game via Internet dan kerajingan Internet !

Marahkah anda bila anda kehilangan internet akses pada suatu waktu ? marahkah anda bila Yahoo Messenger anda tiba-tiba diskonek untuk beberapa saat ? Marahkah anda bila suatu waktu IRC anda terdiskonek gara2 tombol power kepencet ngga sengaja ? Marahkah anda terhadap penutupan BB17 di kaskus.us ? bila marah anda terbawa dalam kehidupan sehari-hari(marah2 di rumah ngga jelas, tidak bisa konsentrasi kerja, bawanya uring2an mulu), ini waktunya anda/kita meletakkan notebook kita, switch off wireless connection dulu lalu SEGERA mengunjungi ahli psikologi!

Bulan ini jurnal dari American Journal of Psychiatry mengatakan:

“internet addiction — which includes “excessive gaming, sexual pre-occupations and e-mail/text messaging” — is a common compulsive-impulsive disorder, and that it should be added to psychiatry’s official guidebook of mental disorders

Search di google atas keyword “mental sickness internet addict” menunjukkan banyaknya kasus atas akibat dari game online, beberapa parameter yang dapat anda kenal bila seseorang sudah mulai terjangkiti penyakit ini adalah:

  • Ketergantungan sangat tinggi pada Internet, ngga mau ketemu orang kecuali online
  • Kehilangan basic need dari kebiasaan hidup, yaitu makan dan istirahat.

Sedikit berkaca, mungkin saya adalah salah satu calon potensial “customer” dari topik ini, walaupun tidak sampai uring2an, tapi perjalanan menuju ke arah tersebut sangatlah mungkin, apalagi mengingat koneksi Internet ini merupakan 90 persen dari “periuk nasi”.

So, sangat penting sekali, jika kita bisa untuk memutuskan, misalnya, saat liburan keluarga, bertekad dan mampu untuk TIDAK menyalakan komputer, kecuali memang kita dipanggil untuk itu (jangan terpanggil,beda sekali dengan dipanggil)

Btw, sekarang sudah menunjukkan pukul 13.15, rasanya malas meninggalkan dan ingin terus nulis di blog ini, rasa-rasanya sudah mulai nih terjangkiti :D ! off dulu ah ! daripada sakit mental ! mau ???

Related news: TechRadar.com SMS, TechRadar Internet